Keindahan Pulau Bunaken yang Abadi ?

image

Siapa yang tidak kenal dengan Bunaken? Taman laut unggulan pariwisata Indonesia ini sudah terkenal hingga ke mancanegara, jauh sebelum Raja Ampat dan destinasi bawah laut lain terkenal seperti sekarang ini. Terumbu karang yang cantik bagaikan taman laut dan ikan-ikan yang lucu dan beragam benar-benar memanjakan mata.

image

Di Bunaken memiliki beragam kehidupan bawah laut dengan keanekaragaman spesies binatang atau biota laut yang tertinggi di dunia. Di dasar lautnya, terdapat terumbu karang dengan kontur keras juga lembut, dengan dinding karang yang curam, serta keaneka ragaman hayati biota laut, seperti tuna, kakap, barakuda, napoleon, kuda laut, serta berbagai jenis ikan lainnya. Waktu terbaik menikmati keindahan laut bunaken adalah di bulan Mei hingga Agustus, karena pada saat itu anda akan disambut dengan air laut yang jernih dan hangat.

Keindahan Bunaken tidak hanya bawah lautnya saja. Diatas lautnya pun juga pemandangannya tidak kalah indah. Jalan-jalan di tepian pantai berpasir putih kecoklatan menjadi aktivitas yang menyenangkan. Melihat pembuatan kapal atau melihat kegiatan nelayan yang bergotong royong mendorong perahu dari daratan ke laut merupakan pemandangan yang bisa disaksikan di pinggir pantai. Buat yang mau bermalam, Bunaken sudah dilengkapi dengan beberapa homestay dan cottage dengan harga yang beranekaragam.

Keindahan Pulau Bunaken diatas dan dibawah laut, seperti mempresentasikan keindahan alam Indonesia. Negara yang sebagian besar wilayahnya adalah lautan dan terletak dalam segitiga emas terumbu karang dunia yang tersebar dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste dan Kepulauan Solomon, membuat banyak tempat di Indonesia sebagai destinasi favorit wisatawan manca Negara. Dan Bunaken sudah sejak lama menjadi incaran penikmat surga dibawah lautan. Saat berkunjung ke Bunaken, wisatawan manca Negara lebih banyak dibanding wisatawan domestik.