Keindahan Fushimi Inari Taisha

Fushimi Inari Taisha merupakan sebuah kuil utama dari ribuan kuil Inari yang tersebar di seluruh Jepang. Kuil ini terletak di lereng sebuah gunung Inari, Kyoto. Pintu gerbang atau kuil utama tepat berada di bawah kaki bukit. Sementara, kuil bagian inti terletak tepat di tengah gunung.

Sebagai kuil utama, tempat ini dibangun untuk memuliakan Inari, julukan dewa kesuburan dan dewa beras di Jepang. Inari diidentikkan dengan kesuksesan. Bagi masyarakat Jepang, memohon berkah Inari untuk kehidupan sehari-hari menjadi bagian tak terpisahkan. Oleh karena itu, masyarakat bergotong royong membangun, merawat, dan mempercantik Fushimi Inari Taisha.

Sebelum menjumpai aula utama atau Honden, pengunjung bakal disambut Gerbang Romon. Gerbang besar berwarna merah-oranye ini dibuat dari sumbangan Toyotomi Hideyoshi, salah satu penguasa terkenal di Jepang. Setelah memasuki Gerbang Romon, Anda bisa menyucikan diri dulu di Chozuya lalu berdoa di Honden.

Di kuil yang didominasi dengan warna merah-oranye yang begitu mencolok ini Anda akan menemukan banyak patung Kitsune (Bahasa Jepang dari rubah). Patung ini merupakan simbol hewan pengantar dewa Inari, yakni dewa yang disembah di kuil ini.

Deretan gapura yang juga bernuansa merah-oranye ini bisa Anda temukan di bagian belakang kuil. Tak hanya unik, Senbon Torii yang memiliki dua jalur ini memang begitu memukau. Saking indahnya, tempat yang juga pernah menjadi lokasi syuting film Memoirs of a Geisha ini menjadi spot berburu foto bagi wisatawan.

Sumber: