Keharusan Meraih Mimpi Tanpa Toleransi!

WhatsApp Image 2020-07-04 at 23.22.57

“Setiap orang tidak pernah tahu, sampai mana pohon akan tumbuh, sekuat apa akar yang menopang, dan setajam apa duri yang melekat pada kulit pohon itu. Tapi setiap orang harus tahu, wajib untuk memanjat pohon- nya agar mendapat buah dan indahnya pemandangan alam yang diinginkan”.

Mimpi semua orang itu berbeda, dan pasti kesulitan yang akan diperoleh juga berbeda, sesuai dengan batas kemampuan dan sebesar apa mimpi orang tersebut. Setinggi apapun pohon yang kita lihat, setinggi apa posisi buah yang ingin kita gapai, semua berawal dari niat dan mental yang kita miliki. Dan tinggi dari pohon itu adalah tingginya mimpi kita. Terlepas dari semua ketakutan yang ada dalam diri kita, semua akan luntur bersamaan dengan tekad yang semakin tumbuh.

“If you want success in your life, you must believe in yourself”, DiamondTan.

“Jika kamu ingin kesuksesan di dalam hidupmu, kamu harus percaya pada dirimu”,!ni termasuk ungkapan yang saya buat sesuai dengan penjabaran pada paragraf sebelumnya, karena jika kamu tidak percaya pada dirimu sendiri, pada kemampuan dan kekuatan dirimu, maka semuanya akan berjalan dengan percuma dan hasilnya tidak akan sesuai target yang telah kamu tentukan, kembali lagi pada niat yang ada dalam relung qalbu dirimu.

Ibarat kehidupan, dalam menggapai mimpi terkadang juga ada dimana saat-saat kita berada di keadaan senang ataupun keadaan yang sulit, teduh kah cuaca hari itu saat kita memanjat pohon mimpi kita? Atau sebaliknya, cuaca panas menyelimuti kita hari itu saat memanjat pohon mimpi kita? Mampukah kulit kita untuk merasakan goresan dari duri pohon yang kita panjat itu adalah pertanyaan selanjutnya yang selalu ada dalam fikiran kita.

Dalam menggapai mimpi, bersabar dan berjuang adalah titik yang melelahkan dan menyulitkan diri, tapi tidak mungkin kita harus pada kondisi yang tidak ada perubahan dan selalu menetap di bawah. Jika kita ingin sukses, otomatis kita harus siap menghadapi segalanya, menghadapi sulitnya keadaan dalam menggapai mimpi yang ingin digapai. Kita harus siap menghadapi panasnya cuaca sat itu, kita harus siap menghadapi duri yang melekat pada pohon mimpi, dan kita harus siap menghadapi angin yang menerjang saat memanjat pohon mimpi kita, tak perduli adanya keraguan dalam diri apakah akar yang tertancap mampu menopang kita lebih lama atau tidak, apakah daun masih tetap melindungi dalam derasnya hujan, apakah tantangan akan berhenti pada satu titik dalam detiknya hari, atau akan terus berlanjut hingga keadaan yang akan menyerah pada kegigihan dan nyawa yang ada, karena hal itu saya menyebutkan tidak ada toleransi dalam mengejar impian kita, sesulit apapun itu, kodrat sebagai sang penggapai mimpi sudah ada dalam setiap mimpi kita sebagai seorang manusia.

Kesuksesan ada di tangan kita sendiri, tidak perduli apa yang akan dibicarakan orang lain terhadap diri kita, detik yang berlalu akan berpengaruh dan membawa kita pada keadaan apa yang akan kita dapatkan kelak.

Tidak ada hasil yang mengkhianati usaha, akan banyak sekali hal yang didapatkan dalam setiap usaha yang kita lakukan. Jika kegagalan yang didapatkan, maka kelak suatu sifat dan sikap yang baik akan berada dalam genggaman, pendewasaan dalam setiap kejadian yang telah dilalui dan meningkat akhlak menjadi lebih baik, pengalaman dan semakin cepat dalam menghadapi setiap masalah untuk diselesaikan, serta akan banyak pengetahuan dan relasi yang kita dapat dalam perjalanan meraih mimpi atau impian kita. Saat berada di keadaan yang terbawah dalam perjuangan mimpi, kita tidak dilarang untuk bersedih, tetapi harus diingat bahwa, suatu larangan pada diri ini untuk menyerah, selalu tumbuhkan keyakinan atas apa yang dilalui adalah suatu rencana yang sudah ditetapkan untuk kita dari Tuhan.

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dalam proses itu, tetapi yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan diri kita melalui proses menggapai mimpi dengan kemampuan yang terbaik. Dan kembali lagi bahwa tidak ada hasil yang akan mengkhianati usaha mu, ada pelajaran yang harus dapat diambil dari setiap kejadian, serta ada hikmah dan makna yang luar biasa dibalik setiap kejadian yang ada. Bahkan untuk peristiwa duka seperti perspektif kegagalan yang terfikir pada akal pikiran saat di kondisi terbawah, dan hal itu sangat mengecewakan dan menghancurkan jiwa hingga berserak tak beraturan, itu semua pasti ada hikmah dibaliknya.

Di saat keadaan terbawah itu, siap tidak siap kita harus bisa untuk mengendalikan emosi dalam diri kita untuk selalu berfikiran positif, tidak hanya pada kondisi terbawah dalam perjuangan menggapai mimpi itu, tetapi dalam kondisi apapun itu, di setiap saat, dan setiap detik yang kita lewati. Fikiran positif tidak hanya akan menarik setiap kejadian baik masuk dalam kehidupan kita, tetapi akan membawa perasaan kita menjadi lebih tenang dan perlahan menjadikan setiap kejadian adalah hal yang sudah seharusnya terjadi dan memakluminya, perasaan senang akan selalu ada dan perasaan sedih akan pergi berlalu seiring hembusan waktu. Mengalah dengan keadaan tidak akan membuatmu menjadi lebih baik, kata lelah tidak dapat dijadikan alas an untuk menyerah dalam menggapai mimpi, seberat apapun rintangan yang kamu lalui, hal itu tentu tidak boleh menjadikan kamu runtuh begitu saja.

Selain itu yang harus kamu pegang teguh adalah tujuan dari kamu menggapai mimpi tersebut, agama dan keluarga adalah tujuan utama yang pastinya menjadi alasan atas semua yang kamu lakukan selama hidupmu, cinta kasih orang tua memang tidak akan pernah bisa kamu bayar dengan uang, tapi perjuangan kamu dalam menggapai mimpi mu itu, akan menjadi bukti bahwa kamu mencintai mereka, tentu saja senyuman serta kebahagiaan orang tua dan keluarga akan menjadi semangat terbaik dalam perjuangan mu. Perjuangan itu akan menjadi bukti cinta dirimu kepada keluarga dan khususnya orang tua mu. Jadi, saya katakan sekali lagi bahwa, tidak ada toleransi sedikitpun dalam menggapai mimpi mu, dalam memanjat pohon mimpi mu itu. Bahwa, tidak ada sedikitpun toleransi dalam membahagiakan orang tua dan keluarga yang kau miliki.

Tidak ada yang mudah dalam menggapai setiap impian, tidak ada yang mudah sedikitpun dalam menggapai kesuksesan untuk hidup mu. Kita semua hanya perlu tahu bahwa manisnya hasil itu akan membuat kita lebih bahagia, sedikit banyaknya yang kita dapatkan dalam menggapai mimpi itu, satu atau dua buah yang kita raih di pohon itu, atau setinggi apa pohon yang kita panjat untuk melihat indahnya pemandangan alam dunia ini, semua hasil itu adalah sesuatu berharga dalam hidup yang kita dapatkan dari setiap tetes keringat jerih payah yang telah dikerahkan.

Untuk menggapai mimpi, kita harus selalu ingat bahwa, niat adalah hal yang utama, percaya pada diri sendiri dan percaya pada hasil yang akan didapat nanti, selalu tumbuhkan fikiran positif untuk menarik kejadian yang baik dan hasil yang baik, kendalikan emosi dalam keadaan apapun yang menerjang, jangan fikirkan perkataan orang lain yang menghina perjuanganmu, dan ingat tujuan dalam mimpi kita, yaitu agama dan keluarga.