Kegiatan apa saja yang kalian lakukan ketika sedang penat?

IMG_20210716_201059

Menurut KBBI, penat bermakna: merasa letih (sehabis bekerja dan sebagainya).

Pernahkan kalian merasa penat setelah seharian ini melakukan banyak kegiatan? Kegiatan apa saja yang kalian lakukan untuk menghilangkan rasa penat setelah bekerja?

1 Like

Rasa penat yang dialami setiap orang itu beda-beda menurut saya.
Contohnya saja ketika kita seharian hanya melakukan aktivitas rebahan diatas kasur atau tidur seharian, lama-kelamaan ketika kita bangun kita akan merasa pegal padahal hanya tidur. Solusinya adalah dengan bangun dan melakukan peregangan otot ringan agar rasa penat tersebut hilang dan badan menjadi lebih segar.
Saya menulis hal ini karena saya memang suka rebahan hehe :joy:

1 Like

Menurut saya, jika penatnya karena kehabisan tenaga setelah seharian beraktivitas dan bekerja solusinya adalah tidur untuk memulihkan energi. Adapun jika penatnya akibat beban pikiran yang menumpuk, kita bisa merilekskan diri dengan melakukan berbagai aktivitas yang kita sukai. Misalnya saja dengan mendengarkan musik favorit, memasak, berolahraga, bepergian, dan sebagainya.
Sama halnya dengan @binc876 saya sendiri lebih suka rebahan sampai terlelap saat sedang penat baik fisik maupun batin :laughing:

1 Like

Tentunya tidur dan makan makanan favorit. Kalau lagi pengen main hp ya sekalian scroll medsos atau akun akun yang “receh” biar bisa ketawa dan sedikit melepas beban. Main game yang ringan dan seru.

1 Like

Wah pertanyaan yang menarik ya kak. Setiap orang pasti pernah merasakan penat, bosan, capek. Nah, saya sendiri juga sering merasakan penat, entah ketika mengerjakan suatu hal ataupun penat karena tidak ada pekerjaan apapun yang harus dikerjakan. Menurut pengalaman saya, ada beberapa hal yang dapat saya lakukan ketika penat:

  1. Refreshing
    Menurut saya, ketika penat melanda perlu banget nih buat refreshing. Refreshing disini tidak perlu harus berekreasi ke suatu tempat, tetapi dapat juga hanya keluar rumah, menghirup udara segar, melihat pemandangan hamparan sawah apabila hidup di desa.
  2. Bermain Musik, Mendengarkan Lagu, dan Bernyanyi
    Kalau penat, saya juga sering nih bermain musik, mendengarkan lagu, atau bernyanyi. Terkadang ketiga hal tersebut dapat menjadi healing saya ketika penat. Bermain musik sambil bernyanyi dapat merefresh pikiran saya. Mendengarkan lagu juga dapat mengembalikan semangat saya.
  3. Tidur
    Tidur menjadi salah satu cara saya untuk menghilangkan penat. Tidur sebentar, sekitar 30 menit sampai 1 jam dapat mengembalikan tenaga dan semangat saya. Tidur ini bisa digunakan untuk mengistirahatkan pikiran sejenak, sehingga ketika bangun dapat memulai pekerjaan kembali dengan fresh.
1 Like

Rasa penat memang sesuatu yang wajar terjadi. Saat weekdays , kalau penatnya disebabkan karena banyak tugas yang harus dikerjakan biasanya saya memberi jeda dan mengalihkan perhatian kepada sesuatu yang menyegarkan. Misalnya melihat pepohonan, menonton sesuatu yang menghibur, mengobrol dengan orang-orang terdekat, rebahan sambil mendengarkan podcast bermanfaat, mendengarkan musik, maupun membaca buku dan menulis sesuatu yang diinginkan. Jikalau penatnya memang butuh istirahat sedikit lama maka tidur adalah jawabannya. Tidur akan membuat pikiran kembali fresh dan siap mengerjakan tugas selanjutnya. Sedangkan untuk weekend biasanya digunakan untuk memulihkan energi dengan hal-hal yang menyenangkan seperti melakukan hobi. Namun, ada waktu dimana tetap digunakan untuk hal-hal yang produktif.

1 Like

Saya pribadi bila sudah penat setelah melakukan kegiatan yang paling sering saya lakukan adalah istirahat. Lalu, beberapa hal lain yang juga bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan penat bagi saya adalah refreshing - jalan bersama keluarga atau teman, melakukan kegiatan yang menjadi hobi, dll.

1 Like

Rasa penat atau capek sangat normal dirasakan setelah beraktivitas. Untuk menghilangkannya, saya biasa melakukan tiduran saja sambil mencari hiburan di hp. Selain bermalas-malasan, penat juga bisa dihilangkan dengan makan makanan yang kita sukai, bercerita dengan orang yang kita sayangi, bermain dengan hewan peliharaan, tidur, hingga pergi rekreasi ke suatu tempat. Setelah merasa senang, rasa penat itu akan perlahan menghilang dan energi kita terisi kembali.

1 Like

Rasa penat tidak pernah lepas dari kehidupan. Rasa penat juga menyebabkan emosional seseorang menjadi tidak stabil. Misalkan bila merasa capek tentu saja akan mudah marah. Dan jika tidak bisa mengontrol emosi maka biasanya akan menjadi problem. Oleh karena itu sangat penting untuk membuang rasa penat yang ada dan mengembalikan kondisi tubuh dan pikiran. Dengan kondisi tubuh dan pikiran yang jernih maka kita akan merasakan semangat baru dan siap untuk melaksanakan kegiatan berikutnya. Cara menghilangkan penat setiap orang berbeda, kalo aku sendiri cara untuk menghilangkan penat, aku tidur sepuas-puasnya dan menonton drakor sebagai hiburan.

1 Like

Kalau saya sendiri ketika sedang penat cara mengatasinya dengan pergi keluar rumah atau bertemu dengan teman-teman. Karena saya tipe orang yang ekstrovert jadi kalau beremu dengan teman atau orang lain membuat saya dapat menghilangkan penat. Selain itu juga biasanya saya membeli makanan yang saya sukai, itu salah satu cara yang cukup efektif bagi saya karena makan makanan yang saya sukai dapat menambah rasa senang dan akhirnya rasa penat itu hilang.

1 Like
  1. Membersihkan diri atau mandi. Kalau habis seharian kerja atau ngelakuin banyak kegiatan, enaknya habis itu mandi. Karena sehabis mandi, badan kita yang lelah, kotor akan menjadi bersih, relax, dan mood kita akan kembali menjadi baik lagi.
  2. Beristirahat. Beristirahat dengan berleha-leha di kamar atau rebahan :laughing:. merebahkan badan di tempat tidur merupakan hal yang enak dilakukan setelah seharian bekerja.
  3. Mencari hiburan. Mencari hiburan dengan menonton film, buka media sosial, dengar lagu, dan menonton video-video kesukaan kita.
1 Like

Menghilangkan rasa penat tiap orang pasti beda-beda, ada yang rasa penat itu akan hilang ketika jalan-jalan keluar rumah hanya sekedar menghidup udara segar dari luar, ada yang jalan-jalan ke mall, ada juga yang sekedar bertemu dan bermain dengan teman-teman, atau hanya sekedar ke coffee shop, ya dan hal tersebut kebanyakan dilakukan oleh si ekstrovert mungkin ya karena butuh energi charge dari luar.

Berbeda dengan apa yang aku lakukan saat penat, me as introvert, ketika penat melanda akan lebih senang mengatasinya dengan tidur, hingga bangun tidur akan kembali bersemangat, atau menonton film dengan makanan disampingnya, atau hanya sekedar mendengarkan lagu favorit dan bernyanyi sepuasnya. Nah jadi menurutku semua kegiatan bisa berpotensi untuk menghilangkan penat, tergantung diri kalian masing-masing.

1 Like

Untuk saya biasanya mendengarkan musik yang slow biar memanjakan rasa capek sebentar, terus dilanjut nonton beberapa komika yang lucu di youtube biar nggk terlalu berlarut dengan penat sehingga punya mood baru lagi untuk melakukan aktivitas selanjutnya. Atau sekedar rebahan sebentar sambil buka-buka sosmed yang membahas hal-hal ringan, agar otak tidak melakukan hal keras lagi jika menemukan konten sosmed yang sedikit menguras tenaga otak. setelah itu saya bisa lanjutkan dengan tidur atau nyemil.

1 Like

Sama kayak yang lain si, aku kalau lagi penat tu lebih milih untuk rebahan, terus tidur, karena menurut aku sleep is the best solver. Kalau gak bisa tidur biasanya aku ngelakuin hal-hal yang aku suka, kaya dengerin lagu, gambar, nonton film/drakor, atau makan makanan yang aku pengenin/suka. Dan menurut aku, ngelakui hal-hal yang aku sebutin diatas bisa ngerecharge energy, ngerefresh otak, dan juga bisa naikin mood aku buat ngelakuin aktivitas selanjutnya.

Membuat jadwal dan membangun rutinitas merupakan hal yang perlu diperhatikan dengan mempertimbangkan kelompok usia anak. Jadwal rutinitas yang dapat Anda susun misalnya, jadwal tidur yang konsisten dan waktu bangun konsisten, serta faktor waktu bermain dan waktu untuk membaca. Anda dapat juga menggunakan kegiatan sehari-hari sebagai kesempatan belajar untuk anak-anak Anda. Walaupun menetapkan rutinitas terstruktur merupakan hal yang penting bagi anak-anak dan remaja, namun orang tua juga perlu mempertimbangkan fleksibilitas tertentu. Fleksibilitas itu misalnya jika Anda menemui anak-anak mulai tampak gelisah ketika Anda mencoba mengikuti program pembelajaran online bersama mereka, Anda dapat beralih pada opsi yang lebih aktif.

Setelah melakukan banyak hal atau menyelesaikan tugas hal yang biasa aku lakuin sih sama seperti teman-teman diatas yaitu rebahan dan tidur kalau memang merasa sangat lelah. Tapi biasa kalo penat dan butuh motivasi untuk melanjutkan tugas lagi aku biasanya suka putar lagu favorit aku dan nyanyi-nyanyi sampai jadi semangat lagi.

Saya memiliki beberapa cara untuk mengurangi rasa penat setelah melakukan banyak kegiatan. Pertama, saya biasanya akan mematikan notifikasi ponsel di malam hari dan menikmati waktu bersantai dengan menonton film atau hanya sekedar rebahan dan bermain ponsel. Kedua, saya akan melakukan aktivitas lain seperti berjalan kaki keliling kompleks untuk mendapatkan udara segar dan melihat-lihat jalan. Ketiga, mengajak keluarga untuk keliling kota sambil mengobrol. Keempat, eksperimen melakukan hal-hal baru seperti mencoba resep masakan atau mendekor kamar.

1 Like

Saya sendiri lebih suka memakan cemilan ketika penat sambil menonton film atau serial TV favorit saya. Menurut saya ini merupakan combo untuk menghilangkan penat yang ampuh, tapi belum tentu dapat diterapkan dengan teman-teman yang lain ya, karena orang berbeda-beda. Jika saya masih bosan dan penat, maka saya akan mencoba keluar rumah dan berjalan-jalan atau sekedar merasakan hawa kota sekitar saya. Mencari udara segar sekaligus melihat warga melakukan aktivitasnya sudah menjadi hal refreshing bagi saya.

1 Like

Banyak yang bisa dilakukan seperti mendengarkan musik, bernyayi, tidur, maupun mengobrol bersama keluarga atau teman untuk menghilangkan sedikit kepenatan.

Merasakan penat setelah seharian melakukan kegiatan merupakan hal yang sangat normal dirasakan. Ketika mengalami rasa penat, kegiatan pilihan saya adalah dengan tidur. Beberapa saat ketika saya tidak bisa tidur atau merasa bukan jam yang cocok untuk tidur, maka saya akan mengganti dengan kegiatan lain seperi mencoba resep baru, menanam tanaman, bermain game, menonton drama atau film, atau sekadar menonon video lucu. Bagi saya, cara tersebut cukup untuk menghilangkan rasa penat setelah aktivitas seharian.