Kecintaan pencipta terhadap ciptaan


Bissmilah assalamualaikum.
Tidak ada yang lebih besar cintanya dibanding kecintaan Allah terhadap dirimu.
Mungkin kita lupa disetiap langkah, dan setiap peristiwa itu semua atas izin Allah.
Atau bahkan kita lupa berterimakasih, apakah Allah pernah menegur kita? Tidak. Saat kita lupa terhadapnya Apakah Allah mengurangi nikmat yang ia berikan?
Allah selalu memberikan apa yang hambanya inginkan. Walaupun tidak sesuai harapan atau tidak seperti apa yang diinginkan tapi sebenarnya itulah bentuk kecintaan Allah terhadap kita. Berikut bukti kecintaan Allah terhadap hambanya.
Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam kedatangan rombongan tawanan perang. Di tengah-tengah rombongan itu ada seorang ibu yang sedang mencari-cari bayinya.

Tatkala dia berhasil menemukan bayinya di antara tawanan itu, maka dia pun memeluknya erat-erat ke tubuhnya dan menyusuinya.
Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam bertanya kepada kami,
โ€œApakah menurut kalian ibu ini akan tega melemparkan anaknya ke dalam kobaran api?โ€

Kami menjawab, โ€œTidak mungkin, demi Allah. Sementara dia sanggup untuk mencegah bayinya terlempar ke dalamnya.โ€
Maka Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam bersabda,
โ€œSungguh Allah lebih sayang kepada hamba-hamba-Nya daripada ibu ini kepada anaknya.โ€ (HR. Bukhari dan Muslim)

Apabila seorang Ibu tersebut tidak tega melempar anaknya ke dalam api, maka Allah tentu lebih tidak tega lagi melempar dan mencampakkan hamba-Nya ke dalam api neraka, akan tetapi apa yang terjadi? Hamba tersebut tidak mau mengenal Allah, tidak peduli kepada Allah dan agama-Nya, bahkan ia lari jauh dari Allah. Bagaimana Allah bisa sayang kepada hamba tersebut?

Kita diperintahkan untuk mengenal Allah dan โ€œlariโ€ menuju Allah. Allah berfirman,

ููŽููุฑู‘ููˆุง ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุฅูู†ูู‘ูŠ ู„ูŽูƒูู…ู’ ู…ูู†ู’ู‡ู ู†ูŽุฐููŠุฑูŒ ู…ูุจููŠู†ูŒ

โ€œMaka segera berlarilah kalian (kembali) menuju Allah. Sungguh aku (Rasul) seorang pemberi peringatan yang nyata dari-Nya bagi kalian.โ€ (adz-Dzaariyaat: 50)
Ingatlah Allah, selalu sertaiAllah berfirman,

ู†ูŽุจู‘ูุฆู’ ุนูุจูŽุงุฏููŠ ุฃูŽู†ู‘ููŠ ุฃูŽู†ูŽุง ุงู„ู’ุบูŽูููˆุฑู ุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู…ู . ูˆูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุนูŽุฐูŽุงุจููŠ ู‡ููˆูŽ ุงู„ู’ุนูŽุฐูŽุงุจู ุงู„ุฃูŽู„ููŠู…ูŽ

Artinya: โ€œKabarkanlah pada para hamba-Ku, bahwa sesungguhnya Aku-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan bahwa sesungguhnya azab-Ku adalah azab yang sangat pedihโ€. (Q.s. Al-Hijr: 49-50).

Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam juga menggambarkan bagaimana kasih sayang dan adzab Allah. Beliau bersabda,

ู„ูŽูˆู’ ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ู ู…ูŽุง ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ุนูู‚ููˆุจูŽุฉู ู…ูŽุง ุทูŽู…ูุนูŽ ุจูุฌูŽู†ู‘ูŽุชูู‡ู ุฃูŽุญูŽุฏูŒุŒ ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุงู„ู’ูƒูŽุงููุฑู ู…ูŽุง ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽุฉู ู…ูŽุง ู‚ูŽู†ูŽุทูŽ ู…ูู†ู’ ุฌูŽู†ู‘ูŽุชูู‡ู ุฃูŽุญูŽุฏูŒ

โ€œAndaikan mukmin mengetahui azab yang disediakan Allah; niscaya tidak ada seorangpun yang berharap bisa mendapatkan surga-Nya. Dan seandainya orang kafir mengetahui kasih sayang yang ada pada Allah; niscaya tak ada seorangpun yang tidak berharap bisa meraih surga-Nyaโ€. (HR. Muslim)

1 Like