Kebutuhan dasar apa yang harus dipenuhi dalam mengembangkan MVP?

Dalam membuat MVP diperlukan requirement untuk menunjang agar MVP dapat dikatakan layak. Kebutuhan dasar apa yang harus dipenuhi dalam MVP?

Berikut merupakan requrement dasar yang harus dipenuhi MPV.

  1. MPV harus sepenuhnya mengatasi kebutuhan atau memecahkan masalah pengguna
    Kita harus memastikan bahwa fungsi apapun harus memecahkan masalah pengguna. Setidaknya dalam satu area fungsi yang dijanjikan, memberikan solusi kepada pengguna.

  2. MVP harus memuaskan pengguna
    Apabila tidak memiliki sesuatu pada produk yang memuaskan pengguna, artinya kita tidak memiliki MVP yang benar. Kepuasan pelanggan merupakan hal yang harus dimiliki sebuah produk. Mengapa? Karena pengguna akan meninggalkan/tidak mau menggunakan produk yang tidak memuaskan mereka, apalagi persaingan pasar semakin meningkat. Sehingga memungkinkan pengguna akan berpindah ke kompetitor kita.

Source :
https://www.productplan.com/minimum-viable-product/

Terdapat 3 dimensi yang biasa diperlukan untuk MVP

  1. Nilai untuk pelanggan, dimensi ini yang mungkin sudah jelas digunakan. Untuk memilih dimensi ini, ada baiknya berbicara dengan lintas-bagian calon klien. Ini berarti memberi Anda ide untuk penyebaran fungsi (biasanya semua orang menginginkan sesuatu yang berbeda, meskipun hanya sedikit), dan juga di mana “sweet spot” yang memaksimalkan pasar Anda.

  2. Keunggulan untuk kompetisi, beberapa fungsi ini biasa sebut “blocker”. Hal ini berarti Anda harus memilikinya, tetapi menjadi lebih baik tidak akan membantu. Contoh yang bagus dari ini adalah AC di dalam mobil. Anda harus memilikinya, tetapi hampir tidak ada yang membedakannya. Fungsi lainnya adalah “pusher”, yang berarti lebih banyak lagi. Secara keseluruhan, MVP tidak bisa menjadi “me too”, harus ada nilai unik.

  3. Kemudahan dan kecepatan untuk membangun, dalam dimensi ini anda harus memahami dulu tentang biaya dan resikonya.

Selain itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun atau mengembangkan MVP, antara lain :

  • Tetapkan harapan dengan tepat - Tidak ada yang ingin membangun sesuatu yang jelek dan merasa bahwa mereka tidak akan pernah mendapatkan kesempatan untuk membuatnya lebih baik. Tekankan bahwa tujuan MVP adalah untuk memastikan tim Anda tidak membuang-buang waktu pada produk dan fitur yang tidak berharga dan bahwa tim Anda benar-benar dapat meningkatkan produk menggunakan pengujian yang divalidasi.

  • Tetapkan target pelanggan MVP Anda secara tepat - Hati-hati membangun untuk khalayak mainstream. Jika Anda melakukannya, mereka mungkin memberi tahu Anda bahwa itu menyebalkan dan Anda akan mendapatkan sinyal yang salah tentang apa yang Anda buat. Sebaliknya, temukan pelanggan dengan rasa sakit awal yang teridentifikasi dan tunjukkan kepada mereka MVP awal Anda yang ceroboh yang seharusnya memecahkan masalah mereka.

Referensi :
https://www.web-foundry.co.uk/.../WF_MVP_whitepaper.pdf