Kebiasaan kecil apa yang dapat membuatmu menjadi Programmer yang baik?

Programmer adalah orang yang menulis program menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Dalam membuat program, seorang programmer dituntut untuk mengetahui segala bahasa komputer agar program yang dibuatnya bisa berjalan dengan baik. Namun, dalam menjadi programmer seringkali mengalami banyak kesusahan seperti terjadi error ataupun tidak mengetahui command yang harus dipakai sehingga beberapa kebiasaan kecil dapat mengubah kesalahan tersebut.

Menurut anda, apa saja kebiasaan kecil yang dapat digunakan agar menjadi programmer yang baik?

Programmer merupakan orang yang mempunyai keahlian dibidang komputer seperti merancang dan menulis program menggunakan bahasa pemrograman. Dalam penerapannya, programmer pasti selalu menemui masalah dalam tiap program yang dibuat karena itu, berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat diterapkan agar menjadi programmer yang lebih baik:

  1. Selalu Membaca. Untuk menjadi yang terdepan dalam dunia teknologi, kita harus mengetahui perkembangan terkini dari sebuah hal yang menjadi fokus kita. Sebagai contoh kita harus mengetahui informasi terbaru mengenai software atau bahasa pemrograman terbaru atau terpopuler sehingga kita dapat mengikuti perkembangan programming.

  2. Mengembangkan “Spike Solution” yang dapat membantu memvalidasi jika kita berada di jalur yang benar sebelum melakukan hal yang besar dalam sebuah asumsi. Hal ini membantu menemukan bagian desain yang tidak diketahui tanpa mencoba untuk membuat desain keputusan terlalu dini.

  3. Mengerjakan proyek sampingan. Selain mendatangkan keuntungan, hal ini juga tidak terikat pada deadline dan tidak perlu mendengarkan instruksi siapapun. Dengan hal ini kita dapat mengembangkan diri dan mengembangkan ilmu programming.

  4. Selalu menulis kode karena hal ini dapat menunjang kita dalam berpikir secara abstrak dan algoritmik sehingga kita lebih mendapat pengalaman dan konsep baru yang dapat kita ingat dan kita terapkan.

  5. Fokus pada hal terpenting. Seringkali kita tergoda pada hal yang lebih menyenangkan daripada hal yang diperlukan sehingga proyek yang kita kerjakan tidak kunjung selesai. Dengan berfokus pada hal yang lebih diperlukan, kita akan lebih cepat dalam menyelesaikan masalah tersebut.

  6. Memahami apapun secara utuh. Dalam bekerja sama dengan orang lain, kita juga harus memperhatikan peran orang tersebut sehingga kita dapat menuliskan kode sesuai dengan pengetahuan mereka. Selain itu kita juga dapat memahami cakupan dan peran kita dalam hal tersebut.

Sumber:
https://www.quora.com/What-little-habits-made-you-a-better-software-engineer
https://id.techinasia.com/kebiasaan-programmer-handal

Ada beberapa hal-hal kecil yang dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk menjadi programmer yang lebih baik, asalkan Anda mengerjakannya secara rutin. di bawah ini merupakan beberapa hal kecil yang membuat Anda menjadi programmer yang lebih baik:

  1. Luangkan waktu untuk koding
    mengkoding tidak selamanya harus menyelesaikan masalah yang sulit, namun bisa juga dengan hal-hal yang ringan, seperti membuat permainan tambah-tambahan, membuat kalendar, bahkan Anda bisa membuat program seakan-akan Anda sedang berbicara dengan komputer Anda, hal itu tentu dapat meningkatkan ketertarikan Anda dalam mengkoding dan juga meningkatkan kemampuan programmer Anda.

  2. Luangkan Waktu untuk Membaca
    Dengan membaca, maka dapat melatih otak untuk dapat berfikir lebih kritis maupun menganalisis adanya masalah. Dengan membaca juga, Anda seperti mendapatkan akses atau jalan untuk dapat masuk ke dalam sebuah alur dan membantu dalam penyelesaian. Melihat keunggulan ini, maka dengan membaca secara tidak langsung melatih Anda untuk berpikir secara algoritma, dimana melatih cara berpikir Anda agar terarah dan mempunyai alur yang dimana menghubungkan setiap informasi yang didapat.

  3. Biasakan Bergerak dan Mengatasi dengan Cepat
    Kesalahan biasanya merupakan cara terbaik sebagai kesempatan untuk belajar. Jangan menganggap kesalahan Anda sebagai sebuah kegagalan. Justru anggaplah itu sebagai momen dalam belajar dan mengetahui bagaimana menghadapi kesalahan tersebut dapat meningkatkan kemampuan Anda sebagai programmer. Dengan membiasakan bergerak cepat, maka kesalahan-kesalahan yang akan terjadi dapat diatasi dengan lebih cepat.

  4. Bersikap Tanggung Jawab Atas Kesalahan yang Diperbuat
    Kesalahan pasti akan terjadi. khususnya bekerja dalam sebuah tim. Biasanya masalah yang muncul adalah hasil dari kerjaan sebuah tim tidak terhubung dengan kodenya dan terjadi miskomunikasi antara anggota. Dengan bersikap tanggung jawab, maka sebagai programmer yang baik dapat bertanggung jawab atas program yang telah dibuat, entah itu akan mengarah yang lebih baik atau lebih buruk.

Sumber:
https://www.careervillage.org/questions/278/what-does-a-computer-programmer-do-on-a-day-to-day-basis
https://overflow.buffer.com/2014/06/12/my-ideal-day-as-a-programmer-taking-charge-of-your-daily-routine/