Kebiasaan apa saja yang dapat mengurangi fokus kita?

kebiasaan

(Dictio Community) #1

Banyak hal yang membuat kita tidak dapat fokus dalam melakukan sesuatu. Hal-hal tersebut terkadang, karena kita lakukan berulang-ulang, tanpa kita sadari menjadi kebiasaan.


(Diana Raden Ayu ) #2

Banyak sekali hal-hal yang dapat mengurangi fokus kita. Lebih kepada personal masing-masing

Beberapa hal yang membuat saya sering tidak fokus, antara lain :

Zeigarnik Effect - menyelesaikan sesuatu tidak sampai selesai (separuh jalan)

Zeigarnik Effect menyatakan bahwa ada keinginan atau kebutuhan untuk menyelesaikan sesuatu/tugas yang sudah kita mulai. Zeigarnik Effect juga menerangkan mengapa pikiran akan merasa tidak nyaman dan selalu ingat untuk menyelesaikan rangkaian tindakan yang belum selesai.

Mengerjakan sesuatu tidak sampai selesai dan beralih ke pekerjaan yang lain dan begitu seterusnya membuat kita hilang fokus terhadap apa yang kita lakukan. Karena ketika kita mengerjakan pekerjaan saat ini, tetapi pikiran kita tertuju pada pekerjaan yang belum selesai sebelumnya.

Multitasking

Wanita mungkin mempunyai kelebihan dalam hal multitasking dibandingkan pria. Banyak penelitian yang menghasilkan temuan seperti itu.

Tetapi, bagi diri saya, multitasking selain menghabisakan banyak energi, juga membuat kita susah fokus dalam melakukan sesuatu. Pilih salah satu, selesaikan dengan baik, setelah itu baru beralih ke pekerjaan yang lain.

Dehidrasi

Kelihatannya sepele, tetapi kekurang air akan membuat kita kehilangan fokus. Selalu membawa botol minuman kemanapun anda pergi, biasanya itu yang saya lakukan.

Social media

Smartphone saat ini merupakan musuh utama dalam mencapai fokus ketika mengerjakan sesuatu. Selalu setting ke Airplane mode ketika kita sedang bekerja. Ketika perhatian kita teralihkan ke berita yang ada di social media kita, akan sangat sulit untuk mengembalikan fokus kita ke pekerjaan


(Sandi) #3

Melakukan banyak hal agar dipandang oleh orang lain. itu kesalahan yang saya lakukan sehingga saya jadi tidak fokus terhadap ssuatu.

Bayangan saya ketika melakukan hal tersebut adalah, semakin banyak yang kita lakukan, semakin baik dan semakin terkenal diri saya. Banyak teori yang membuat saya melakukan hal itu.

Tapi saya lupa satu hal yang sangat penting, yaitu : PRIORITAS.

Lakukan banyak hal memang menyenangkan, tetapi prioritaslah yang membuat kita bisa mengambil keputusan bahwa saya harus fokus dimana.

Gambar ini yang menyadarkan saya saat itu,


Bagaimana caranya untuk dapat fokus pada sesuatu hal?
Hal-hal apa saja yang membuat kita kurang fokus?
(BN Prasetiyani) #4

Berdasarkan pengalaman, saya menjadi tidak fokus ketika saya melihat ke arah lain, menemukan sesuatu yang menarik untuk dilihat. Misalnya saya melihat ada sebuah poster menarik. Dan perhatian saya terpecah dan akhirnya saya tertarik untuk melihatnya, memikirkannya,hingga saya lupa bahwa saya harus tetap .