Kebebasan atau kemewahan?

Banyak dari kalangan generasi masa kini yang sangat menginginkan kehidupan mewah tanpa tau arti sebenarnya dalam kehidupan. Permasalah pertama ialah apa yang sebenarnya kita cari dalam kehidupan apakah kekayaan atau kebebasan?

2 Likes

Pertanyaan yang menarik sih kak. Tapi dari pertanyaan ini aku jadi punya pertanyaan. Apakah kekayaan dan kebebasan adalah dua hal yang tidak bisa didapatkan secara bersamaan?

Tentu saja bisa mengapa tidak?
Didunia tidak ada yg tidak mungkin.
Jikalau kamu memiliki tekad tentu semua dapat kamu gapai.

Nah begitu juga ketika kamu mengatakan ingin mendapat kekayaan sekaligus kebebasan secara bersama maka hal yang dapat kamu lakukan bisa memulai dengan cara mengambil tindakan positif disaat ingin menjadi kaya sehingga ketika kamu sudah berada pada posisi tersebut kamu akan mengalami kebebasan.

Tidak akan memikirkan hal-hal buruk yang mungkin akan terjadi selanjutnya karena kamu memulai semua dengan positif.

Tolong kak artikel ku juga dikomentari. Agar kita bisa berdiskusi.
Link : Bagaimana menurut mu antara jurusan ipa dengan jurusan ips di sekolah?.

Ok pendapat saya dari pernyataan kakak. Saya beropini bahwa kebebasan adalah no 1.

Kebebasan itu sangat perluh . Dgn ada ny kebebasan kita bisa berpendapat,bebas memilih,bebas melakuakn apa saja yg kita inginkan tanpa ada paksaan. Kebebasan untuk bertempat tinggal da menjalankan kehidupan. Coba tidak ada kebebasan,pasti tidak akan bisa kita penuji kehidupan kita. Jika tak ada kebebasan. Maka itu disebut kita masih dijajah atau zaman penjajahan.

Tapi,walau ada dampak postif ny. Kebebasan juga ada dampak negatif. Contoh adalah krn terlalu bebas ny ,dia serinh keluar malam dan melakukan tindakan yg tidak baik. Ini yg disebut kebebasan yg berlebihan.

1 Like

Nah semua itu memiliki batas atau porsi masing-masing ya
Jadi tidak baik juga berlebihan
Terimakasih atas pendapat mu ya

Tolonh artikel saya dikomentari juga. Agar kita bisa berdiskusi seperti di artikel mu ya kak :slight_smile:.Bagaimana menurut mu antara jurusan ipa dengan jurusan ips di sekolah?

1 Like

Sudah ya kakak coba dicek lagi
Mari kita saling bekerjasama dengan berdiskusi serta bertukar pikiran sama-sama ya
Mohon kerjasama nya❤️

Kalo ditanya mencari kekayaan/kebebasan, keduanya bukan merupakan hal yang positif si. Tapi kalo disuruh pilih, sepertinya kekayaan. Kaya menurut saya bukan hanya dalam konteks bergelimang harta. Kaya bisa seperti murah hatinya, rajin ibadah, dan Hal positif lainnya. Tetapi secara umum memang kalo Kita ingin hidup mewah itu disebut dengan Kekayaan. Lalu bagaimana dengan kebebasan? Menurut saya Kita tidak berhak hidup bebas, itu artinya Kita tidak bisa mengendalikan diri sendiri. Sekian pendapat saya kak, terimakasih :pray:

Wah terimakasih atas pendapat yang kamu paparkan ya.
Ok mungkin dari pendapat kamu memiliki sudut pandang mengenai hal positif yang ada dalam kekayaan itu sendiri.
Nah selain pandangan tersebut aku pribadi mau menambahkan ya.
Kebebasan yang dimaksud itu dengan rasa kedamaian penuh dalam diri kita, ketika kita ingin melakukan apapun kita tetap dalam pengaruh positif ini yang dinamakan kedamaian bentuk kebebasan.
Ok terimakasih balasan nya❤️

Untuk kemewahan dari segi kata lebih mengarah pada persepsi negatif
Dan ini menjadi gaya masyrakat zaman sekarang yang ingin selalu tampil mewah namun tidak sesuai dengan kemampuan.
Kata " berkecukupan" saya rasa lebih tepat.
Untuk kebebasan juga masih sangat ambigu
Bila memang kebebasan itu dalam hal positif maka kejarlah itu
Dari saya sendiri saya tidak memilih keduanya karena saya selalu fokus untuk menjadi lebih baik dari kemarin
#semangatmenolakmenyerah
Demikian pendapat saya, mari kita saling berdiskusi juga di artikel saya(Bagaimana pendapatmu mengenai “inspirasi” sebagai salah satu katalisator Self-Improvement ? Apakah sudah tepat?. Ditunggu kehadirannya.

Jadi pertanyaannya kebebasan/kemewahan, karena itu pertanyan pilih satu jadi yang satu lainnya juga perlu disingkirkan. Kalau saya sederhananya bakal milih kebebasan. Kenapa?

Kita terlahir sebebas alam
Tanpa belenggu, tanpa ikatan
Dari alam kita belajar
Bebas tak kenal paksaan

Penggalan kata diatas adalah penggalan lirik dari lagu Sebebas Alam, Musikimia. Saya ambil untuk sebagai contoh, karena liriknya cukup indah. Dari situ kita tahu, kita punya peluang yang lebar tanpa ada batasan sedikitpun. Anggap aja, burung yang terbang kesana kemari dilapangan luas, udara nan sejuk. Nah, itu baru alasan pertama. Kemewahan? belum tentu kita bisa terbang sebebas burung. Saya bukan mencela bagi orang yang punya kemewahan, tapi kemewahan bukan penentu kebahagiaan. Kita hanya perlu bebas sebebas alam. Jadi kebahagiaan tentunya milik siapa saja.

Bagiku ya, kemewahan kadang jadi acu pembatas bagi orang yang memilikinya. Dia seperti terikat pada suatu aturan sebagaimana orang-orang yang memiliki kemewahan lainnya, seperti tingkah laku, wibawa, cara berpakaian. Nah itu hanya bagi beberapa orang, namun ada juga tuh orang yang bergelimang kemewahan tapi tetap hidup sederhana.
#cmiiw