© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Katak Yang Nakal dari Nigeria

rsz_images_16

Hari ini katak sangat senang. Udara yang cerah membuatnya bisa pergi bermain dan mencari makan. Katak pun melompat-lompat dengan riang. Saat sedang melompat, katak melihat seekor tikus sedang berjalan sendirian. Muncul niat dalam benak Katak untuk mengerjai si tikus.

“Hai tikus, mau ke mana?” tanya Katak.

“Aku mau ke ladang gandum untuk mencari makan,” jawab tikus.

“Bagaimana kalau kita ke sana bersama-sama?” ajak Katak.

“Baiklah,” seru Tikus, senang karena ada teman pergi ke ladang gandum.

Katak kembali melompat dengan riang, sementara tikus berjalan dengan lamban. Hal itu membuat Tikus tertinggal di belakang.

“Lambat sekali jalanmu. Aku punya ide agar kau secepat aku. Baiknya, kau ikatkan saja kakimu ke kakiku agar kau ikut melompat denganku,” seru Katak. Tanpa pikir panjang, Tikus pun menyetujuinya.

Katak kembali melompat, sementara tikus ikut melompat dan sering terjatuh mengikuti Katak. Kasihan sekali Tikus. Sesampainya di ladang gandum, Tikus memakan gandum, sementara Katak memakan serangga yang ada di sekelilingnya. Tetapi, kaki Tikus masih terikat di kaki Katak. Meskipun kesulitan, namun Tikus sama sekali tak mengeluh.

Usai makan, Katak mengajak Tikus ke pinggir sungai. Katak akan langsung melompat ke dalam sungai. Tikus merasa sangat ketakutan, karena dia takut dengan air.

“Katak, aku nggak bisa berenang. Jangan kau tarik aku ke sungai,” kata Tikus.

“Kau kan tak pernah mandi. Jadi sekarang aku akan mengajakmu mandi di sungai. Biar badanmu bersih dan tak bau,” balas Katak.

Katak tak menghiraukan tikus yang ketakutan. Ia tetap saja melompat. Dan saat hendak melompat ke sungai… hap! Seekor elang menyambar tikus. Karena kaki tikus terikat dengan kaki katak, akhirnya mereka berdua pun menjadi santapan elang. Coba jika katak tak berbuat jahil kepada tikus, pastilah bencana itu tak akan terjadi.

Pesan miral :
Jika berbuat nakal dengan teman, maka kau akan terkena akibatnya. Perbuatan buruk akan selalu mengakibatkan hal yang buruk pula.

Apa pesan moral yang terdapat pada kisah tersebut?

SUMBER :
https://www.google.co.id/amp/dongengceritarakyat.com/kumpulan-cerpen-untuk-anak-dengan-pesan-moral/amp/

Yakinlah bahwa tidak ada perbuatan buruk yang tidak berbuah buruk, dan bahwa Allah Maha membalas semua perbuatan buruk. Dengan pengetahuan dan keyakinan ini seharusnya kita lebih bisa menghindarkan diri dari perbuatan buruk.

“Setiap diri tergadai dengan apa yang dilakukannya.” (QS. Al-Muddatsstir: 38)

“Maka mereka ditimpa balasan keburukan atas keburukan yang mereka kerjakan. Dan orang-orang yang zalim ditimpa keburukan atas kezaliman mereka, dan mereka sekali-kali tidak akan bisa lolos dari hukum Allah.” (QS. Az-Zumar: 51)