Katak seperti apa yang berperan aktif serta terampil dalam proses reproduksi?

image

Katak (bahasa Inggris: frog) adalah binatang amfibi pemakan serangga yang hidup di air tawar atau di daratan, berkulit licin, berwarna hijau atau merah kecokelat-cokelatan, kaki belakang lebih panjang, pandai melompat dan berenang; sedangkan kodok, nama lain dari bangkong (bahasa Inggris: toad), memiliki kulit yang kasar dan berbintil-bintil atau berbingkul-bingkul, kerap kali kering, dan kaki belakangnya sering pendek saja, sehingga kebanyakan bangsa kodok kurang pandai melompat jauh.

Katak jantan mana yang suka merawat dan melindungi anak – anaknya? Sejenis katak jantan yang disebut katak bidan jantan Eropa berperan aktif serta terampil dalam proses reproduksi. Si jantan ini biasanya tinggal dekat kolam, dilubang dalam tanah yang lembap. Saat siap kawin, ia akan melakukan serangkaian panggilan pendek menciar dengan harapan ada katak betina yang meresponsnya. Jika ada betina yang mendatangi, ia akan memegang katak betina itu kuat – kuat, bersamaan saat si betina mulai mengeluarkan beberapa telur berupa benang – benang panjang, lalu terjadilah perkawinan di antara keduanya.

Si jantan akan mengumpulkan telur – telur yang telah dibuahi dengan mengikatkan ke pahanya menggunakan sejenis benang. Begitu kodok jantan selesai mengumpulkan semua te1ur, kodok betina pun pergi, tinggallah si kodok jantan yang akan mengurusi telur – telur tersebut.

Kodok jantan tersebut membawa – bawa telur tersebut ke mana – mana, yang terikat di pahanya selama beberapa minggu. Jika cuaca kering, ia akan membawa telur – telur tersebut masuk ke dalam air kolam agar tetap lembap.

Secara naluriah, ia tahu betul waktunya telur – telur tadi berubah menjadi kecebong, lalu ia akan turun ke dalam kolam di malam hari dan mencelupkan kaki belakangnya ke air. Setelah beberapa jam, kecebong – kecebong itu akan membebaskan diri dan berenang pergi meninggalkan sang induk jantan yang penuh pengabdian tersebut.

Referensi : https://unikterbaru.wordpress.com