Kata-kata mutiara Sun Tzu Seni berperang (Art of War)

Karya Sun Tzu yang berjudul Art of War (Seni berperang) sudah dikenal di berbagai belahan dunia. Karyanya tersebut dikenal sangat fleksibel karena tidak hanya diterapkan pada perang, tapi juga pada bidang lain seperti politik, bisnis dan lain-lain.

kali ini akan dibahas salah satu pesan mutiara Sun Tzu dalam Art of War:

” Jika Anda tahu musuh dan mengenal diri sendiri, Anda tidak perlu takut hasil dari seratus pertempuran. Jika Anda mengenal diri sendiri, tapi bukan musuh, untuk setiap kemenangan yang diperoleh Anda juga akan menderita kekalahan. Jika Anda tidak tahu akan musuh maupun diri sendiri, Anda akan menyerah dalam setiap pertempuran . ”
– Sun Tzu , The Art of War

10440847646_142d89bd97_o

apa maksudnya?

dalam konteks persaingan di masa kini, baik dalam pendidikan, politik, bisnis dan sebagainya, kita harus bisa menganalisa peluang dengan mempelajari situasi. Jika kita tahu kekuatan dari persaingan yang kita hadapi dan kita tahu kemampuan kita dalam persaingan itu, kita akan menjadi bijaksana dalam mengambil keputusan, sebaliknya jika kita tidak tahu apapun, maka kita akan tersingkir dari persaingan global di masa kini.

kata-kata mutiara Sun Tzu apa lagi yang menginspirasi anda dalam menghadapi kehidupan di depan anda?

sumber:

Intinya adalah jika kita ingin memenangkan suatu persaingan, atau tidak mau jatuh dan kalah dalam suatu persaingan, maka kita harus tahu karakteristik lawan kita dan kelebihan serta kekurangan mereka. Semua itu bisa digunakan untuk membantu anda merumuskan kesimpulan yang tepat.