Kasus darah manusia berwarna hijau, bagaimana bisa?!

image

Darah manusia normalnya adalah berwarna merah. Nah, kalau manusia berdarah hijau sangat jarang ditemukan, bahkan hanya satu dari sekian juta kasus orang ditemukan berdarah hijau. Namun kasus ini nyata dan pernah terjadi.

Tahun 2007 silam, tim dokter anestesi Dr. Stephan Schwarz, Dr. Giuseppe Del Vicario dan Dr. Alana Flexman pertamakali menemukan manusia berdarah hijau di Kanada. Pada saat itu tim dokter tersebut mengoperasi seorang pasian pria berusia 42 tahun di rumah sakit Vancouver St. Paul, yang mengalami luka karena terjatuh. Dan betapa terkejutnya tim dokter ketika mendapat bahwa darah pasien bukanlah berwarna merah namun berwarna hijau. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai fenomena ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, setelah terdapat beberapa dokter dan juga peneliti yang menelusuri riwayatnya, si pasien ternyata sering mengonsumsi obat dengan jenis Sumatriptan dalam dosis besar atau 200 miligram setiap harinya. Obat ini diketahui untuk mengatasi migrain. Perubahan warna ini disebabkan oleh sulfhaemoglobin yang terbentuk ketika sebuah atom belerang masuk ke dalam molekul hemoglobin yang bisa disebabkan oleh obat-obatan yang dikonsumsi sejenis sulfonamida.

Ketika hidrogen sulfida (ion sulfida) dan ion besi bergabung dalam darah, maka darah tidak mampu membawa oksigen. Hal ini membuat jumlah sulfhemoglobin (SulfHb) dalam darah berlebih. Sementara darah merah terbentuk dengan bantuan oksigen. Wah serem ya sampai warna darahnya aja berubah,…

Referensi: http://terselubung.in/