Kaskus Sebagai Forum Online Terbesar Di Indonesia

Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser.Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus memiliki lebih dari 6 juta pengguna terdaftar. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia.

Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekadar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga bulan Juli 2012, Kaskus sudah mempunyai lebih dari 601 juta posting. Menurut Alexa.com, pada bulan Juli 2014 Kaskus berada di peringkat 285 dunia dan menduduki peringkat 7 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Pada bulan Agustus 2005, PC Magazine Indonesia memberikan penghargaan kepada situs Kaskus sebagai situs terbaik dan komunitas terbesar, kemudian Kaskus terpilih kembali sebagai website terbaik pilihan pembaca PC Magazine pada 2006.Pada tanggal 23 Mei 2006 manajemen Kaskus terpaksa mengubah domain dari .com menjadi .us, karena penyebaran virus Brontok yang dibuat dengan tujuan menyerang situs-situs besar Indonesia di mana Kaskus masuk dalam target penyerangan.

Karena saking padatnya pengunjung, pada Awal April 2007, manajemen Kaskus menambah dua server baru untuk meningkatkan performa situs Kaskus (Dell Server).Pada Juli 2008, Pengelola Kaskus akhirnya memutuskan untuk mengoperasikan server Kaskus di Indonesia. Untuk keperluan tersebut Kaskus membeli delapan server Dell PowerEdge 2950 dan dioperasikan melalui jaringan open IXP. Akibat dari ini akses Kaskus berlipat ganda dan akhirnya pengelola berencana menambahkan delapan server lagi sehingga total yang akan beroperasi di bulan September adalah enam belas server.

Awal tahun 2011, Kaskus mengumumkan ekspansi bisnisnya dengan menjalin hubungan kerja sama dengan Global Digital Prima yang merupakan anak perusahaan dari PT Djarum. Selain itu, Kaskus juga akan menambah jumlah server-nya hingga 250 buah serta melakukan perekrutan pegawai baru hingga delapan puluh orang.Pada tanggal 26 Mei 2012 manajemen Kaskus mengubah lagi domain .us menjadi .co.id karena mengalami gangguan dengan DNS. Di sekitar tahun 2012 manajemen Kaskus memutuskan untuk membuat engine sendiri pada forumnya yang kemudian dinamakan Kaskus 2.0 dan dijuluki New Kaskus oleh para penggunanya.

Saat masih dalam masa percobaan, pengguna yang terpilih dapat mencoba menggunakan New Kaskus, sementara pengguna lainnya tetap menggunakan versi vBulletin. Pada sekitar pertengahan akhir tahun 2012 Kaskus 2.0 sudah mencapai finalnya, sehingga pengguna yang sebelumnya tak dapat mencoba versi percobaan menjadi dapat menggunakannya, dan keseluruhan Kaskus diubah ke versi 2.0 namun terdapat thread (topik) yang tak dapat ditransfer ke Kaskus 2.0 sehingga manajemen kaskus memutuskan untuk tetap menggunakan vBulletin (yang kemudian dijuluki Old Kaskus) pada topik-topik tersebut, meskipun para pengguna tak dapat menyunting maupun membalas topik yang ada pada Old Kaskus tersebut.

Kaskus memiliki beberapa Fitur seperti:

KasPay
Ada sebuah layanan terbaru dari situs Kaskus yang menyediakan sistem pembayaran secara ‘‘online’’ yang disebut KasPay.Layanan tersebut telah diluncurkan pada Jumat 6 November 2009, pada acara Perayaan Ulang Tahun ke-10 Kaskus di Poste, The East Euilding, Kuningan, Jakarta. Layanan transaksi ini dapat digunakan tidak hanya di Kaskus tetapi dapat digunakan terhadap situs-situs lain yang berafiliasi dengan KasPay.

Kaspay akan beroperasi layaknya E-wallet yang akan dijadikan alat untuk transaksi jual beli di seluruh transaksi online. Seluruh proses transaksi KasPay dilakukan melalui transfer sejumlah uang, sehingga aman dari modus penipuan dan pemalsuan kartu kredit dan keamanan transaksi selalu dipastikan dengan konfirmasi melalui e-mail dan catatan transaksi.

e-pulsa
e-pulsa adalah sebuah layanan dari Kaskus yang menyediakan fasilitas pengisian pulsa dan jika kita mau membeli, kita harus membayar menggunakan KasPay. Semua layanan operator didukung di Kaskus e-pulsa.

Kaskus Ads
Layanan Kaskus yaitu Kaskus Ads atau KAD adalah sebuah situs di mana jika kita mau beriklan di Kaskus, kita bisa menempatkan iklan tersebut, tetapi kita harus membayar Kaskus. Dengan layanan Kaskus Ads banyak sekali orang atau pengguna kaskus yang senang beriklan di Kaskus karena biayanya murah dan karena Kaskus mempunyai (sekarang) lebih dari tiga juta pengguna.

Kaskus Radio
Kaskus Radio merupakan sebuah Radio Internet Indonesia di bawah naungan komunitas Kaskus. Kaskus radio yang biasa disingkat KR memiliki lebih dari dua puluh penyiar. Radio yang memutarkan lagu selama 24 jam ini memutarkan lagu dari berbagai bahasa, seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, dan masih banyak lagi.

Kaskus Mobile
Kaskus mobile adalah situs Kaskus yang sudah diubah tampilannya menjadi minimalis sehingga sesuai dengan layar perangkat telepon genggam. Alamat Kaskus mobile adalah m.kaskus.co.id atau kask.us. Fitur di versi ini bersifat terbatas.

3 Likes

Menurut saya kaskus memang suatu forum online yang paling lengkap di Indonesia, dengan banyak fitur dan menu yang terdapat pada kaskus, informasi yang terdapat pada kaskus pun sangat beragam. Tapi menurut pandangan saya yang juga sebagai User Kaskus, user interface kaskus pada saat ini agak membingungkan. Tata letak penempatan kolom berita ataupun informasi di kaskus sangat banyak dan tercampur, menu Hot Thread dan News menjadi satu Halaman pada awal halaman kaskus, mungkin untuk beberapa kasus dengan banyaknya informasi yang ditampikan pada satu halaman akan mempermudah user untuk mencari sesuatu yang diinginkan, tapi di suatu kasus juga dapat menjadi sesuatu yang membingungkan, karena saking banyaknya informasi yang ada di setiap fitur/menu nya.

3 Likes

namun pada forum tersebut memiliki fitur search untuk mempermudah pencarian artikel oleh user. kemudian dengan penempatan yang seperti itu mampu memancing seluruh user yang mengakses situs tersebut, dan menginformasikan bahwasanya berita yang sangat banyak tersebut merupakan , berita atau artikel yang populer dan sedang trend menurut dari admin kaskus tersebut. untuk informasi yang akan dicari bisa mencari forum khusus yang menaungi diskusi mengenai hal tersebut.pada tahun 2015 kaskus juga telah menyatakan untuk fokus kepada user experience dengan mengubah UI dari kasksu artinya design seperti ini sudah cukup relevan dan baik untuk pengguna kaskus

2 Likes

Di bagian Forum Jual Beli di Kaksus saya sering melihat banyak sekali yang disalahgunakan oleh penjahat untuk mencari korbannya yang lengah dan kurang teliti. Modus penipuan seperti ini marak terjadi sekarang ini. Misalnya penipu memajang foto-foto produk fiktifnya di forum jual beli Kaskus dengan harga yang miring. Biasanya barang dagangan yang dijadikan pancingan adalah gadget, kamera digital, netbook dengan merek ternama.

Penipu biasanya memajang harga yang miring dibandingkan harga resminya. Jika ada konsumen yang memesan lantas uangnya ditransfer ke rekening penipu IT ini, dan barangnya tak dikirim.

1 Like

sebelum kita membicarakan ke diskusi mengenai kaskus, saya akan menginformasikan bagaimana kesuksesan kaskus sehingga bisa menajdi forum terbesar di indonesia,kaskus didirikan oleh Andrew Darwis memulai pendidikannya di SD Tarakanita Pluit Jakarta, kemudian melanjutkan pendidikannya di SMP Tarakanita Pluit Jakarta, setelah lulus Andrew memilih melanjutkan pendidikannya di SMA Gandhi National School, Ancol '98 Jakarta, lalu pada tahun 1998 setelah lulus dari SMA, Andrew melajutkan pendidikannya di Universitas Bina Nusantara (BINUS) jurusan Sistem Informasi. Setelah berkuliah di BINUS, Andrew mulai mencari universitas lain untuk melanjutkan pendidikannya. Berhubung saat itu kemajuan teknologi informasi di Indonesia belum seperti sekarang ini, Andrew mengalami kesulitan dalam mencari universitas yang mempunyai fasilitas memadahi dalam mendukung serta memenuhi hobi barunya tersebut.

Namun akhirnya Andrew menemukannya melalui informasi yang diberikan oleh seorang temannya yang baru pulang dari Amerika. Kemudian Andrew berangkat ke Amerika untuk melanjutkan pendidikannya, dan menjadi salah satu mahasiswa di Art Institute of Seattle jurusan Multimedia and Web Desain. Setelah menyelesaikan pendidikannya di Art Institute of Seattle pada tahun 2003, Andrew melanjutkan lagi pendidikannya di Seattle University jurusan Master of Computer Science hingga tahun 2006.

Pada awal sebelum keberangkatannya ke Amerika untuk melanjutkan pendidikannya, kedua orang tua Andrew tidak setuju dengan keinginannya. Kedua orang tuanya berpendapat bahwa kuliah di luar negeri akan membutuhkan dana yang tidak sedikit, termasuk untuk biaya hidup yang lebih mahal di bandingkan di Indonesia. Dengan keinginan kerasnya, akhirnya Andrew mampu meyakinkan kedua orang tuanya tentang keinginannya untuk melanjutkan pendidikannya di Amerika, walaupun dengan syarat bahwa Andrew harus membiayai sendiri biaya hidupnya di Amerika. Andrew akhirnya menyanggupi persyaratan tersebut, dan mencari biaya hidupnya sendiri selama kuliah di Amerika dengan cara bekerja sambilan. Pada tahun 2003 sampai tahun 2008 Andrew mendapatkan pekerjaan sambilan sebagai Web Desainer.

Perjuangan keras Andrew Darwis ketika belajar di Amerika ternyata membuahkan hasil. Andrew berhasil mendirikan KASKUS pada 6 November 1999. KASKUS yang ia dirikan merupakan sebuah komunitas online. Idenya mendirikan komunitas online tersebut muncul ketika Andrew Darwis mendapatkan tugas dari dosennya untuk membuat program, dari situlah kemudian dalam benaknya terfikir untuk membuat website komunitas online yang kemudian dia beri nama KASKUS. Nama KASKUS yang ia berikan untuk website barunya bermakna Kasak-Kusuk, atau biasa disebut bergosip. Pada awal pembuatan website KASKUS tersebut menghabiskan dana US$ 3 atau kurang lebih setara dengan Rp.30.000,- . Bersama dua rekannya Ronald dan Budi, mereka memfokuskan website tersebut hanya berisi tentang berita maupun informasi tentang Indonesia, tujuannya sebagai media informasi bagi masyarakat Indonesia yang berada di luar negeri.

Bukan hal mudah bagi Andrew Darwis untuk menjalankan KASKUS sebagai bisnis barunya. Bisa dibilang pada awal perjalanannya bisnis KASKUS sangatlah lambat, karena untuk mendapatkan satu anggota bisa memerlukan waktu yang terbilang cukup lama. Dalam kurun waktu seminggu, Andrew hanya mampu mendapatkan paling banyak tiga anggota. Keadaan seperti itu terjadi ketika mereka sedang belajar di Amerika sembari mengembangkan bisnis yang telah mereka dirikan. Pada tahun 2008 setelah perkembangan internet semakin pesat di Indonesia, Andrew bersama temannya itu bersepakat untuk pulang ke Indonesia demi mengelola situs komunitas di negerinya sendiri. Setelah pindah ke Jakarta, mereka saling bekerjasama dalam meningkatkan kinerja bisnis yang telah mereka dirikan ketika mereka di Amerika. Berhubung saat itu Andrew belum memiliki karyawan, maka dia harus turun tangan sendiri apabila ada server down. Selain itu perjuangannya semakin berat ketika dia harus berjuang untuk meyakinkan para customer dan advertiser mengenal citra KASKUS. Andrew bersama timnya juga berusaha keras untuk melakukan pemasaran kepada para pelanggan untuk memperkenalkan KASKUS. Setelah kurang lebih satu tahun, KASKUS telah dipercaya oleh para pelanggan-pelanggan besar. Berkat perjuangan keras Andrew bersama timnya, kemudian kaskus resmi menjadi perusahaan profesional di bawah PT. Darta Media Indonesia.

Pada enam bulan pertama sejak menjadi perusahaan profesional, perkembangan KASKUS terbilang diam tak mengalami kemajuan. Namun dengan perjuangan keras, kondisi sulit itu berubah membaik, hingga akhir 2008. Seiring berjalannya waktu Andrew Darwis mulai melihat potensi bagus di Indonesia yang bisa ia gunakan sebagai peluang bisnisnya. Ia melihat perkembangan bisnis online di Indonesia semakin berkembang dan maju dari tahun ke tahunnya. Dari situlah Andrew Darwis yakin jika potensi besar itu mampu mendukung perkembangan KASKUS ke depannya. Dari awal dibentuk sampai sekarang ini, KASKUS telah memiliki sekitar 6 juta anggota dengan kurang lebih 30 juta kunjungan setiap bulannya dan jika melihat jumlah membernya tak salah rasanya jika Andrew Darwis memberikan sebutan untuk KASKUS yang didirikannya dengan sebutan “The Largest Indonesian Community”. Akibat dari jumlah anggota yang mulai tumbuh pesat, perusahaan memutuskan untuk menambah server baru yang hingga saat ini tercatat sudah memiliki 26 server di Indonesia dan dua lainnya di AS. Penambahan server tersebut bertujuan untuk kenyaman akses para anggota. Sekarang ini, KASKUS mampu mendapatkan anggota baru dalam kisaran 150-250 orang per hari.

Dari sekian banyak konten di KASKUS, tanpa ragu Andrew menyebut konten Jual Beli dan Lounge sebagai terfavorit dikunjungi kaskuser (anggota KASKUS). Para kaskuser yang berasal dari seluruh pelosok Indonesia bisa memanfaatkan konten ini untuk transaksi bisnis online. Dalam sehari saja, 80 ribu daftar barang, diikutkan dalam Forum Jual Beli (FJB). Karena terus tumbuh, pemasukan iklan ke perusahaan pun mengalir. Kata Andrew, awalnya konten iklan sangat sulit didapat karena banyak perusahaan yang tidak mengenal KASKUS. Namun, karena usaha keras dan upaya mengenalkan KASKUS ke publik secara terus menerus, perusahaan-perusahaan yang ingin mengiklankan produknya dalam KASKUS terus meningkat dan bahkan banyak yang masuk daftar tunggu. Saat ini untuk mengoperasikan KASKUS, Andrew dibantu 30 orang karyawan yang terbagi dalam tim pemasaran, IT, dan kreatif.

Seiring berjalannya waktu, dari awal KASKUS didirikan sampai sekarang semakin berkembang dan terus maju. Kemajuan bisnis KASKUS yang dikembangkan oleh Andrew, semakin meningkatkan penghasilannya menjadi sekitar 600 juta rupiah per bulan. Andrew mengaku akan terus mengembangkan situsnya tersebut. Kini, laki-laki yang dikenal para kaskuser sebagai “Mimin” (Admin) ini patut berbangga, karena KASKUS telah menjadi sebuah situs fenomenal yang memiliki istilah tersendiri yang tidak dimiliki situs forum lainnya. Dirinya pun masuk ke dalam jajaran enterpreneur muda berbakat kebanggaan Indonesia. Berbagai penghargaan yang datangnya dari luar negeri maupun dari dalam negeri juga telah diraihnya.

2 Likes

Sebaiknya KASKUS juga berhati hati dalam memanajemen konten" yang tersebar di dalam forum, KASKUS menjadi forum terbesar di Indonesia dengan segala kontennya, bisa diakses kapan saja dan oleh siapa aja tanpa batasan umur, di dalam sebuah forum tentunya terdapat diskusi terdapat “freedom of speech”, akan menjadi sesuatu yang negatif jika didalam konten/atau diskusi konten tersebut terdapat user dibawah umur yang belum cukup dewasa.

Kaskus memang situ forum online terbesar saat ini di Indonesia Kaskus forum terbesar, namun hal itu tak luput oleh tindakan-tindakan yang negatif di dalamnya, contohnya masih menjadi media perdebatan yang terkadang kehilangan kontrol dalam menggunakan kata-kata, meski ada pemantauan dan penghapusan terhadapad thread yang sejenis, memberikan kebebasan orang untuk menghina orang lain, mencemarkan nama baik orang lain atas dasar kebebasan berbicara atau berpendapat, dan memberi peluang beredarnya barang-barang ilegal.

1 Like

tindakan negatif menurut saya juga sangat normatif dalam hal menilai kaskus sebagai forum terbesar di indonesia, tergantung anda berangkat dari sudut pandang yang mana, ketika di awali pemikiran negatif maka selanjutnya akan negatif , memang ada beberapa oknum yang menyalahgunakan fungsi dari forum tersebut seperti yang anda katakan di atas, saya rasa kekerasan verbal yang dilontarkan oleh oknum tersebut malah menunjukan bahwasanya oknum tersebut tidak berpendidikan , jadi tinggal peserta forum dikaskus saja harus pandai mengambil sikap untuk menghadapi masalah secara bijak, karena ketika hinaan atau semacamnya dibalas sama dengan hinaan, yang ada hanya debat kusir. dalam hal manajemn konten kaskus juga telah berusaha untuk memfilter siapa saja yang boleh masuk pada forum,biasanya terdapat rules of the game pada forum tersebut,peserta forum diharapkan untuk membaca dan mentaati peraturan diawal agar nantinya ketika diskusi tidak ada yang namanya user di bawah umur atau bisa meminimalisir pelanggaran yang di perbuat oleh user.

1 Like

Saya kira perilaku pada media sosial itu tanggung jawab yang mempunyai akun, bukan tanggung jawab dari KasKus. Karena KasKus hanya sebagai media untuk sharing informasi atau pengalaman, jadi kalau ada thread-thread yang tidak pantas, bearti tanggung jawab yang punya akun secara pribadi. Apa lagi KasKus sudah menghapus thread yang menimbulkan efek negatif seperti yang Anda jelaskan.

Untuk konten-konten yang sekiranya hanya untuk kalangan orang dewasa diperlukan fitur login untuk mengetahui user yang mengakses konten tersebut memang layak/sudah dewasa dalam menyikapi perihal tersebut. Meskipun tidak menutup kemungkinan user memalsukan identitas dalam membuat akun KasKusnya. Untuk itu balik ke diri masing-masing dalam mengakses info yang ada di dalam forum. Dan lebih baik memang kita mencari konten-konten yang memang kita butuhkan saja.

pada intinya adalah edukasi sejak dini bagaimana memaknai sebuah informasi dalam sebuah forum agar bisa digunakan sebagaimana mestinya, sistem hanya bisa memfilter tapi individu tersebut lebih menguasai dari pada sistem,ketika ingin diadakan fitur login untuk dewasa,kebanyakan yang terjadi adalah penipuan usia,karena tidak ada batasan yang jelas, saya lebiah mengusulkan setiap forum yang diperuntukan untuk orang dewasa sebaiknya melakukan verifikasi melalui KTP, jadi hal ini lebih jelas dan tidak bisa di bohongi.

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini Forum Kaskus sudah dapat menikmati hasil dari kerja keras semua stakeholder yang ada didalamnya, Kaskus menjadi salah satu forum yang memiliki pengguna sangat banyak yaitu sekitar 6 juta member terdaftar.

Saya sendiri dulunya suka mengunjungi situs ini, tetapi semakin kesini forum kaskus menjadi tidak terlalu nyaman untuk berlama-lama mengaksesnya, pertama karena iklan yang ada di kaskus sudah sangat banyak, sehingga tidak jarang kontennya tertutup oleh iklan itu sendiri. Menurut saya tidak masalah kaskus melakukan iklan seperti itu, tetapi alangkah baiknya jika iklan dapat ditata dengan baik sehingga tidak mengganggu.

kedua hal yang kurang nyaman yang saya rasakan adalah ketika mengikuti sebuah thread atau topik, orang-orang yang membalas topik tersebut kebanyakan hanya guyonan bahkan tidak memberikan komentar positive, tetapi cenderung berkomentas negative dan akhirnya malah menyudutkan orang lain atau bahkan mempermalukan orang tersebut. Hal semacam ini menurut saya sangat tidak baik. Ok jika kaskus menerapkan “Freedom of Speech” tetapi akan lebih baik Freedom of Speech ini digunakan untuk hal yang lebih positive seperti memberikan hal bermanfaat yang dapat dibaca oleh member lain.

Saya kira itu yang membuat saya menjadi kurang nyaman di forum Kaskus. Saat ini saya adalah member baru di forum Dictio ini, setelah beberapa lama saya bermain di forum ini, saya merasa orang-orang yang ada di forum ini kebanyakan memberikan komentar yang bernilai positive dan ilmu yang didapat juga semakin beragam, semoga saja pihak Dictio dapat menjaga forum ini selalu seperti sekarang dan tetunya dapat meningkat dan menjadi salah satu forum berbagi yang positive untuk semua kalangan.

1 Like

makasi bos info nya ^^

semoga bermanfaat
jangn lupa upgrade terus bosku…

kunjung web kita juga ya

https://goo.gl/k1eKNg