Karya-Karya Vincent van Gogh

Vincent Willem van Gogh (lahir di Zundert, Belanda, 30 Maret 1853 – meninggal di Auvers-sur-Oise, Perancis, 29 Juli 1890 pada umur 37 tahun) adalah pelukis pascaimpresionis Belanda yang menjadi salah satu tokoh terkenal dan berpengaruh dalam sejarah seni rupa Barat.

The Potato Eaters

Lukisan yang menggambarkan lima orang sederhana yang duduk dan makan kentang ini dalah salah satu karya awal Vincent. Terinspirasi dengan kedekatannya dengan kaum marjinal, lukisan yang pada awalnya kurang diapresiasi tersebut kini dianggap salah satu mahakarya Vincent van Gogh.

Sunflowers

Vincent beberapa kali melukis bunga matahari yang menunjukkan intensitas unik dalam sesuatu yang sederhana. Lukisan bunga matahari paling terkenal adalah yang ia buat khusus untuk menghias kamar seniman Paul Gauguin.

Starry, Starry Night

Jika karya-karya Vincent diibaratkan teater, maka lukisan yang dibuat Vincent di rumah sakit jiwa ini adalah klimaksnya. Konon, goresan-goresan intens yang berliku mencerminkan kondisi emosional sang pelukis yang tidak stabil.

Self-Potrait

Jika di Indonesia kita punya Affandi yang kerap melukis potret diri, maka di dunia internasional ada Vincent van Gogh yang melukis lebih dari 30 potret diri. Ini bukan narsisme. Melukis diri adalah media Vincent untuk melakukan introspeksi atas hidupnya, juga untuk melatih keterampilan seninya.