Karakteristik seragam TNI AD

Makna dari baju seragam adalah sebuah pakaian yang dipakai oleh seorang anggota dari suatu organisasi ketika melakukan segala aktivitas yang berhubungan dengan organisasi tersebut. Seragam akan menggambarkan organisasi tersebut sehingga ketika anggota atau pegawai suatu organisasi memakai seragam, orang lain akan mengenal dan melihat satu hal yaitu organisasi tersebut bukan orang perorangan. Hal ini dapat terlihat sejak seragam dikenal pada zaman romawi, di mana prajurit, anggota senat, anggota keagamaan memakai seragam setiap saat ketika mewakili aktivitas organisasinya. Kira-kira bagaimana karakteristik seragam TNI AD?

Seragam merupakan bagian terpenting dari suatu pekerjaan terutama pada tentara. Bahkan sejak perang dunia ke 1 dan 2, sudah banyak desainer seragam menyerahkan hasil karyanya kepada departemen kemiliteran, dan hasilnya pun ada yang diterima dengan berbagai alasan seperti desainnya yang keren, modis, modern dan juga gagah.

Seragam para TNI AD (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat) biasanya mengenakan seragam dengan motif loreng khas tentara, yang dilengkapi dengan baret dengan warna yang disesuaikan dengan paduan warna hijau, hitam, dan coklat tua, yang akan semakin membuat para anggota TNI semakin gagah.

Pada bagian bahu di seragam mereka, biasanya disematkan bintang pertanda jabatan TNI mereka masing-masing. Perangkat lainnya juga tersemat gagah di bagian dada mereka. Mereka juga harus mengenakan sepatu khusus berwarna hitam yang akan semakin menambah perkasa penampilan pahlawan yang berjuang menjaga kedaulatan NKRI ini. Dan pada kondisi tertentu juga, seragam TNI yang mereka kenakan juga akan semakin gagah dengan tambahan senjata yang menggantung di pinggang masing-masing anggota TNI.

Sumber:
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/10/10/kenali-tentara-negara-indonesia-dengan-membedakan-warna-seragam-mereka