Karakteristik Seperti Apa yang Harus dimiliki Organisasi/Perusahaan Agar Berhasil Mengelola Investasi TI?

karakteristik seperti apa yang harus dimiliki organisasi/perusahaan agar berhasil mengelola investasi TI?

1 Like

Organisasi yang berhasil mendapatkan manfaat optimal dari investasi TI mulai merasakan bahwa investasi TI tidak hanya melibatkan komponen teknologi, tetapi juga perubahan bisnis. Keberhasilan atas pengelolaan nilai TI dimulai dari akuntabilitas bersama antara eksekutif pengelola TI dan eksekutif bisnis. Organisasi yang berhasil mengelola TI biasanya memiliki karakteristik berikut:

  1. Memiliki steering comitee TI yang aktif.
    Steering comitte TI merupakan unit bisnis yang ada pada suatu organisasi yang berfungsi untuk melakukan monitoring dan memprioritaskan proyek-proyek IT dari perspektif lintas fungsional. Komite ini menjadi penghubung antara eksekutif bisnis dengan eksekutif TI yang membantu memastikan bahwa strategi TI sejalan dengan tujuan strategis organisasi.
  2. Menerapkan manajemen portofolio.
    Investasi Portofolio merupakan investasi pada sektor finansial yang tergolong paling high risk-high return investment. Artinya, peluang untuk memperoleh keuntungan sangat besar bahkan dapat mencapai ratusan persen perbulan namun diimbangi juga dengan kemungkinan kerugian yang besar apabila tidak dikelola dengan baik. Steering komitee disini menggunakan manajemen portofolio untuk mengevaluasi, menyetujui, membiaya, prioritas dan memonitor investasi TI agar investasi terkelola dengan baik.
  3. Menggunakan metodologi nilai TI yang standar.
    Inti manajemen portofolio adalah metodologi nilai TI yang standar yang digunakan dalam satu kasus bisnis untuk mengetahui nilai bisnis atas suatu usulan investasi TI.
    Dengan menggunakan metodologi standar steering comitee dapat membandingkan berbagai proposal proyek investasi TI di seluruh perusahaan dan membuat keputusan berdasarkan fakta. Metodologi ini juga dapat digunakan untuk mengukur nilai aktual yang diperoleh sepanjang siklus hidup investasi, yang lebih dari sekedar menghitung return on investment. Return on Investment merupakan pengukuran kemampuan perusahaan secara keseluruhan didalam menghasilkan keuntungan dengan jumlah keseluruhan aktiva yang tersedia didalam perusahaan. Dengan mengetahui rasio ini, kita dapat mengetahui apakah perusahan efesien dalam memanfaatkan aktivanya dalam kegiatan operasional perusahan atau tidak. Rasio ini juga memberikan ukuran yang lebih baik atas profitabilitas perusahaan karena menunjukan efektivitas manajemen dalam menggunakan aktiva untuk memperoleh pendapatan.

https://www.academia.edu/8121694/Pengertian_Return_On_Investment_ROI_Return_On_Investment [diakses 12 Oktober 2017]
https://www.researchgate.net/publication/277797696_Val_IT_Kerangka_Kerja_Evaluasi_Investasi_Teknologi_Informasi [diakses 12 Oktober 2017].