Karakteristik kopi luwak berdasarkan asalnya

_kopi_merah_arabika_gayo
Buat anda ynang ingin membuka usaha kedai kopi atau memang pecinta kopi di kota Jember sudah terdapat biji kopi arabika jember dan bisnis ini juga bisa melayani ekspor impor jember Indonesia lho.

Kopi yaman adalah salah satu jenis kopi terbaik yang biasa diminum para Sufi di Kairo tahun 1510. Tidak hanya jenis kopinya yang sama, biji kopi yaman dipetik dari pohon yang sama dibutuhkan dilahan yang sama dan dikeringkan ditempat yang sama. Kopi yaman yang disebut juga kopi Arabica ini menjadi kesukaan para sufi di kairo. Arabica adalah kulaitas superior didunia kopi. Daerah ideal tempat tumbuhnya ada pada ketinggian diatas 1000 meter diatas permukaan laut. Dibawah ketinggian itu Arabica tidak bisa tumbuh dengan baik. Di dataran tinggi daerah tropis serta di atas tanah gunung berapi yang subur itu biji kopi Arabica tumbuh perlahan menjadi masak diudara sejuk.

Kopi Arabica pula yang pertama masuk ke Indonesia pada abad XVIII. Segera setelah dibudidayakan Arabica asal jawa memimpin produksi kopi dunia. Hanya saja, penyakit yang dibawa oleh hama hemileia vasatrix menghancurkan tanaman Arabica di jawa pada saat itu. Lalu masuklah kopi robusta yang lebih bandel terhadap penyakit.

Kopi robusta tidak semania Arabica, dia bisa hidup dibawah ketiggian 1000 meter diatas permukaan laut. Hasil panennya pun lebih banyak, tapi soal rasa, robusta memang tidak bisa membandingi Arabica, kadar kafein robusta pun lebih tinggi. Arabica hanya mengandung 1% kafein, sedangkan robusta mengandung 2% kafein untuk setiap berat yang sama.

Beda asal, beda rasa

Berdasarkan asalnya, kopi terbagi menjadi tiga region, yaitu semenanjung Arab, dan Afrika, Amerika Latin, dan Asia pasifik. Tentu dalam kenyataan pembagian kopi terbesar wilayah tidak sesederhana itu. Kopi Indonesia yang masuk dalam wilayah Asia pasifik terdiri dari berjenis-jenis, mulai drai kopi Arabica Sumatra lintong dan mandailing yang terkenal, Sumatra gayo, kopi luwak toraja, sampai jawa Arabica. Demikian pula dengan kopi di wilayah lain. Sebut saja Amerika Latin yang kaya dengan berbagai macam kopi, mulai dari kopi meksiko, Guatemala, el slavador, Columbia sampai kopi santos berazil.

Kelak ketika biji kopi itu dibakar dan mengeluarkan bau harum ia akan menunjukan indentitas diri berdasarkan wilayahnya. Para barista atau karyawan yang berjaga di balik gerai starbuck harus tampil mengindentifikasi kopi berdasarkan asalnya dengan mencium wanginya. Rasa kopi itu sesuai dengan karakteristik daerah asalnya. Kopi Afrika dan Arab rasanya fruity atau penuh dengan aroma buah-buahan sesuai dengan lingkungan Afrika yang penuh dengan tumbuhan dan buah-buahan. Kopi Indonesia itu kental dengan aroma tanah yang baru tersiram air hujan, tetapi ada juga sarat dengan keharuman herbal alias jamu.

Yuk buat anda yang ingin membuka usaha kedai kopi di kota Jember sudah terdapat biji kopi murah jember dan juga lengkap dengan mesin kopi murah jember lho, minat? Bisa langsung hubungi nomor 085784510337 (Rodiatul) Terima Kasih.