Kapankah waktu yang tepat sikat gigi harus diganti?

Bagaimana-Cara-Meletakan-Sikat-Gigi-300x300

akta yang ditemukan, menurut data Nielsen tahun 2014, rata-rata orang Indonesia hanya mengganti sikat gigi yang dipakainya satu kali dalam 10 bulan. Lalu kapankah waktu yang tepat sikat gigi harus diganti?

Menurut ADA (American Dental Association) waktu yang ideal untuk mengganti sikat gigi adalah 3 bulan sekali agar bakteri tidak mengerumuni bulu sikat gigi dan berpindah ke gigi sampai k tubuh manusia melalui rongga mulut dan kemudian menyebabkan timbulnya penyakit. Dan menurut Melanie S. Djamil, profesor sekaligus dokter gigi menegaskan juga, untuk mengganti sikat gigi kalau bulu sikat sudah mulai rusak, karena bulu sikat yang sudah mengembang dan rusak bisa menyebabkan gusi berdarah ketika menyikatnya.

Walaupun sikat gigi terlihat bersih setelah di cuci dengan air, namun dalam keadaan ini Anda tidak bisa melihat bakteri yang menempel pada sikat gigi Anda. Sudah saatnya Anda menjaga kesehatan gigi dan mulut dari penyebaran bakteri pada sikat gigi, mulailah ganti sikat gigi sesuai waktu yang dianjurkan.