Kapankah suatu hal bisa dikatakan berpola atau membentuk pola?

pola

Setiap hal yang terjadi di dunia ini pasti memiliki pola, tetapi pandangan setiap orang tentang sesuatu hal yang berpola juga berbeda. Kemukakan pendapatmu soal permasalahan ini.

Kapankah suatu hal bisa dikatakan berpola atau membentuk pola ?

Untuk mengetahui suatu hal tersebut berpola atau tidak, kita bisa melihat dari kronologis hal tersebut, contoh dari suatu hal yang berpola adalah cara jalan manusia normal yaitu bergantian antara kanan dan kiri juga tangan kita otomatis ikut melambai kedepan dan kebelakang.

Menurut saya, semua yang ada di dunia ini sudah terpola hanya saja pola tersebut terkadang berubah ubah setiap saat, bahkan angka random pun sebenarnya punya pola karena alogritma untuk mengacak angka sudah terpola, hanya saja lebih susah menentukan pola angka yang diacak daripada angka yang teratur. Contoh: 1 1 2 4 7 11 16, sekilas tampak angka yang diacak tetapi sebenarnya angka tersebut memiliki pola +0 +1 +2 +3 +4 +5.

Cara mengetahui kapan suatu hal bisa dikatakan berpola adalah dengan melihat gerakannya terlebih dahulu. Seperti contoh gerakan melambaikan tangan, gerakan itu membentuk pola dengan menggerakkan tangan ke kanan dan kekiri, dan itu dilakukan berkali-kali sehingga membentuk pola.

Dan banyak hal berpola yang lebih kompleks lagi. Seperti soal aritmatika yang ada di soal UN atau SBMPTN juga merupakan sebuah pola dengan contoh soal seperti 1,3,5,…,9,11. Dengan mengetahui polanya, kita dapat menjawab titik-titik tersebut. Barisan itu berpola setiap naik angka ditambaha 2 dan titik-titik itu kita dapat menjawabnya jengan angka 7. Demikian lah kapan suatu hal bisa dikatakan berpola? Yakni ketika sesuatu membuat gerakan atau perubahan yang sama dan konstan dalam jangka waktu tertentu.