Kapan waktu yang tepat untuk ngemil atau makan makanan kecil?

camilan untuk ngemil

Kebiasaan ngemil tidak selamanya buruk. Hal tersebut tergantung dari pilihan makanannya dan bagaimana memilih waktu yang tepat. Kapan waktu yang tepat untuk ngemil ?

Beberapa waktu yang dianjurkan bagi Anda untuk ngemil, di antaranya:

  • Empat jam setelah makan
    Anda dianjurkan untuk makan camilan 4 jam setelah makan berat. Ini bertujuan agar kadar gula darah di dalam tubuh tetap stabil, sehingga Anda tidak kalap di waktu makan berikutnya. Beberapa pilihan camilan yang bisa dikonsumsi, misalnya sandwich gandum dengan pisang dan mentega almon, granola dari campuran kacang dan buah kering, serealia gandum dan biji bunga matahari.

  • Setelah berolahraga
    Setelah berolahraga dengan durasi 1 jam atau lebih, Anda dianjurkan untuk makan camilan. Ini bertujuan agar energi Anda dapat segera pulih. Jika Anda berolahraga di pagi hari, camilan yang dapat dijadikan pilihan adalah smoothies dari yoghurt rendah lemak, buah-buahan, atau serealia yang dicampur dengan susu rendah lemak

  • Sebelum jamuan makan malam
    Makanlah camilan sebelum Anda pergi ke acara jamuan makan malam. Karena biasanya, acara tersebut menyajikan makanan yang banyak, enak, dan membuat Anda kalap. Dengan ngemil sebelum pergi ke jamuan makan malam, Anda akan terhindar dari makan berlebihan, yang dapat mengakibatkan penumpukan kalori di dalam tubuh.

  • Sebelum tidur malam
    Bukannya bikin gemuk, ngemil sebelum tidur malam dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak. Tapi, Anda harus benar-benar tepat dalam memilih makanan yang dijadikan camilan. Misalnya, biji bunga matahari, oatmeal dengan flax seeds atau pisang, popcorn tanpa mentega, atau selembar roti gandum.