Kapan waktu yang tepat untuk menggosok gigi?

Saya yakin sudah banyak yang tahu bahwa sebaiknya kita menyikat gigi dua kali setiap hari supaya gigi kita tetap bersih, sehat dan kuat. Tapi sudah tahukah Anda, kapan waktu yang tepat untuk sikat gigi itu?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2003 disimpulkan bahwa waktu menyikat gigi yang baik adalah 30 menit hingga satu jam setelah makan. Tidak hanya itu dalam penelitian tersebut juga menyimpulkan bahwa menyikat gigi langsung setelah mengkonsumsi minuman berkarbonasi dapat menyebabkan terkikisnya lapisan email gigi. Karena itulah akan lebih baik jika menyikat gigi satu hingga dua jam setalah mengkonsumsi makanan dan minuman, terutama yang mengandung soda atau asam. Jeda waktu ini diperlukan untuk memberikan kesempatan pada lapisan email dan dentin gigi untuk melakukan pertahanan secara secara otomatis terhadap asam yang ditimbulkan air liur di dalam mulut. Tak hanya itu jeda waktu ini juga mencegah terjadinya lesi pada email dan dentin gigi.

Hasil penelitian tersebut juga diperkuat oleh hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 yang menyimpulkan bahwa menyikat gigi langsung setelah mengkonsumsi minuman asam seperti minuman bersoda dapat menyebabkan hilangnya lapisan dentin gigi secara ireversibel. Akan lebih baik jika menunggu waktu satu hingga dua jam setelahnya. Penelitian ini dilakukan melalui scanning electron microscopy dan atomic force microscopy. Simpulan singkatnya menyikat gigi sebaiknya dilakukan setelah satu hingga dua jam setelah mengkonsumsi makanan dan minuman yang asam, agar pembersihan gigi dapat dilakukan dengan maksimal, serta mencegah terjadinya lesi pada dentin gigi.

http://doktersehat.com/kapan-waktu-yang-tepat-untuk-menyikat-gigi/