Kapan Waktu yang Tepat untuk Memandikan Bayi?


Secara umum, Anda boleh memandikan bayi kapan saja, selama tidak bertabrakan dengan waktu tidur atau makannya. Namun Kapan Waktu yang Tepat untuk Memandikan Bayi?

Memandikan bayi merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus mendebarkan. Pasalnya, memandikan bayi perlu dilakukan secara hati-hati, mengingat bayi memiliki kulit yang sangat sensitif.

Biasanya, waktu terbaik untuk mandi bayi adalah saat pagi hari. Hal ini karena setelah mandi, bayi Anda bisa langsung dijemur di bawah paparan matahari agar suhu tubuhnya kembali hangat. Meski begitu, memandikan bayi di sore hari pun sebenarnya tidak jadi masalah. Yang terpenting, Anda harus pastikan bayi tidak kedinginan sebelum dan setelah dimandikan.

Sebenarnya bayi yang baru lahir sampai yang belum bisa merangkak tidak perlu terlalu sering dimandikan setiap hari. Terlalu sering mandi akan membuat kulit bayi Anda cepat kering dan bisa iritasi. Bayi juga dua kali lebih mudah mengalami permasalahan kulit sehingga Anda pun harus hati-hati ketika merawat kulit bayi.

Memandikan bayi tiga sampai empat kali seminggu selama tahun pertamanya sudah cukup. Akan tetapi, Anda bisa menyesuaikan sendiri dengan kondisi si kecil. Mengingat Indonesia adalah negara beriklim tropis yang suhunya cukup tinggi dan lembap, beberapa orangtua mungkin ingin memandikan anaknya setiap hari. Sekali lagi, ini tidak masalah, selama Anda berhati-hati saat memandikan si kecil.

Terlepas dari berapa kali dalam sehari bayi dimandikan, satu yang penting Anda harus pastikan jika tubuh bayi selalu bersih setiap saat. Ini bisa dilakukan dengan rutin mengganti popok bayi ataupun menyeka muka, tangan, leher, serta bagian kelaminnya setiap hari.

Sumber : hellosehat.com