Kapan waktu yang tepat untuk melakukan qualitative risk analysis?

k

Qualitative risk analysis mengevaluasi probabilitas dimana setiap risiko akan terjadi dan dampak risiko tersebut terhadap tujuan proyek. Risiko-risiko yang telah diidentifikasi kemudian akan diprioritaskan berdasarkan karakteristik yang telah disepakati. Lalu sebenarnya kapan analisis risiko kualitatif harus dilakukan?

Sumber gambar: https://www.freepik.com/free-vector/business-background-design_1068432.htm

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, qualitative risk analysis merupakan proses menilai dampak dan kemungkinan pada risiko yang teridentifikasi. Proses ini memprioritaskan risiko sesuai dengan potensi efeknya. Analisis ini harus ditinjau selama siklus hidup proyek dan harus dilakuan untuk setiap proyek - tidak peduli ukuran, tenggat waktu, atau kualitas.

Mengapa demikian? Alasannya adalah karena qualitative risk analysis memriksa setiap risiko tunggal yang bisa menyebabkan “project disaster”, sehingga tim proyek dapat mempersiapkan “worst case scenario”, dan bagaimana menghindari dan/atau menangani ketika risiko tersebut benar-benar terjadi.

Sumber:
(1) http://www.gpmfirst.com/books/risk-and-financial-management-construction/qualitative-risk-analysis-and-quantitative-risk
(2) http://pestleanalysis.com/qualitative-risk-analysis/