Kapan waktu terbaik untuk menikmati minuman kopi ?

kopi

(Wanda Maximoff) #1

Kopi

Tubuh memiliki waktu optimal tertentu untuk mengonsumsi obat-obatan tertentu, termasuk kopi. Kapan waktu terbaik untuk menikmati minuman kopi ?


(Muhammad Faishal Erwin) #2

Tubuh sebenarnya memiliki jam tersendiri yang mengatur bagaimana hormon bekerja. Jam ini disebut dengan jam sikardian. Jam sikardian mengakibatkan terbentuknya ritme sikardian. Ritme inilah yang mengatur kapan tubuh harus bangun-beristirahat, kapan tubuh membutuhkan asupan energi, dan siklus-siklus yang lain. Sebab adanya siklus ini maka tubuh memiliki waktu optimal tertentu untuk mengonsumsi obat-obatan tertentu, termasuk kopi.

Kopi bisa diakatakan sebagai obat karena dapat memicu peningkatan hormon tertentu. Kafein pada kopi dapat mensekresikan hormon kortisol yang membuat perhatian kita lebih tajam. Itu mengapa kopi sering digunakan sebagai obat anti kantuk. Namun, tidak setiap waktu kopi baik dikonsumsi. Ritme dalam tubuh tadilah yang menyebabkannya.

Steven Miller, doktor ilmu saraf Geisel School of Medicine di Dartmouth menjelaskan bahwa pada pukul 8.00-9.00, 12.00-13.00, dan 17.30 dan 18.30 merupakan waktu di mana hormon kortisol sedang mengalami puncak-puncaknya. Hormon ini biasanya disekresi oleh tubuh ketika pagi hari saat tubuh siap beraktivitas. Sehingga menurutnya, kopi, yang memiliki fungsi sama, tidak baik dikonsumsi pada jam-jam tersebut.

Waktu yang efektif dalam menikmati kopi adalah pasca adanya peningkatan hormon, atau sekitar pukul 9.30-11.30 dan 13.30-17.00. Hal ini karena pada saat itu tubuh akan mengalami penurunan hormon kortisol sebelum mengalami peningkatan lagi pada jam selanjutnya. Sehingga pada waktu yang efektif, efek kembalinya kesadaran tubuh akibat kopi akan dapat optimal dirasakan.

Sumber: