Kapan waktu terbaik untuk melakukan Qualitative Risk Analysis?

analisis risiko

Qualitative Risk Analysis merupakan sebuah metode untuk mencegah/menanggulangi risiko muncul di kemudian hari. Analisis juga dibutuhkan untuk meminimalisir dampak yang muncul akibat terjadinya suatu risiko. Namun, risiko tentu datang di waktu yang mungkin saja tiba-tiba.

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan Qualitative Risk Analysis?

image

       Analisis risiko kualitatif memprioritaskan risiko proyek yang diidentifikasi menggunakan skala penilaian yang ditentukan sebelumnya. Risiko akan dinilai berdasarkan probabilitas atau kemungkinan terjadinya dan dampak pada tujuan proyek seandainya terjadi.

       Probabilitas / kemungkinan biasanya peringkat pada skala nol ke satu (misalnya, 0,3 menyamakan dengan probabilitas 30% dari peristiwa risiko yang terjadi). Skala dampak didefinisikan secara organisasional (misalnya, skala satu sampai lima, dengan lima menjadi dampak tertinggi pada tujuan proyek - seperti anggaran, jadwal, atau kualitas).
Analisis risiko kualitatif juga akan memasukkan kategorisasi risiko yang tepat, baik berbasis sumber atau berbasis efek.

       Analisis Risiko Kualitatif diperlukan setelah faktor-faktor risiko telah diidentifikasi. Meskipun rekannya, analisis risiko kuantitatif, adalah opsional (tidak diperlukan untuk proyek kecil), analisis risiko kualitatif harus dilakukan untuk setiap proyek - tidak peduli ukuran, tenggat waktu, atau kualitas.

       Alasannya adalah bahwa analisis risiko kualitatif memeriksa setiap risiko tunggal yang dapat menyebabkan bencana proyek. Ini mempersiapkan tim untuk “skenario kasus terburuk” dan bagaimana menghindari atau menangani risiko jika itu memang terjadi.

       Analisis risiko kuantitatif mengkaji risiko keseluruhan proyek, setelah risiko individu (kualitatif) telah dilakukan. Keduanya bekerja sama dengan baik, terutama untuk proyek skala besar. Tetapi analisis risiko kualitatif bekerja untuk setiap dan semua proyek.


Kesimpulan

Qualitative Risk Analysis direkomendasikan untuk dilakukan oleh sebuah organisasi ketika faktor-faktor yang mendatangkan risiko telah diidentifikasi. Mengapa begitu? Karena Qualitative Risk Analysis menganalisis setiap risiko pada setiap aspek individual pada setiap proses sehingga kemungkinan risiko tersebut dapat berdampak lebih buruk tidak akan terjadi/dapat diminalisir.

Sumber:
Risk analysis