Kapan seharusnya kita menerapkan sikap "Bodo Amat" dalam hidup?

ilchi-lee-i-dont-care-20180220-faa3c7284e26e07b397af9401d1c83b6_600x400

Halo Youdics!

Banyak pesan kehidupan yang menyatakan bahwa kita harus bisa menghargai satu sama lain. Sebagai makhluk paling berakal dan punya hati, manusia pun “dituntut” untuk saling membantu. Namun, seringkali kita merasa hal itu justru menyebalkan saat sudah kelewat batas.
Sumber: sebaiknya-punya-sikap-bodo-amat

Karena hal ini kita jadi ngerasa mungkin ada perlunya juga kita bersikap bodo amat, Nahh Youdics menurut kamu kapan seharusnya kita menerapkan sikap “Bodo Amat” dalam hidup?

perlu banget! kayanya kalau kita setiap hari setiap waktu memikirkan ‘kata orang’ gaada habisnya dan gaada ujungnya deh, mendengarkan kata orang lain memang perlu apabila itu berupa saran atau masukan, kritik dan aduan, bahkan curhatan hati ke hati. tapi ketika omongan itu berubah menjadi cibiran semata, olokan, hinaan yang itu bisa membuat kamu down, drop, tidak percaya diri da bahkan putus asa. Buat apa? so, kita punya 2 tangan untuk tutup kuping dari omongan yg menjatuhkan itu, bersikaplah bodo amat, karena sikap ini penting dan dibutuhkan oleh semua orang.

Wajib Bersikap Bodo Amat

Sebagai manusia kita “dituntut” untuk saling membantu. Namun, seringkali kita merasa hal itu justru menyebalkan saat sudah kelewat batas. Contoh gampangnya adalah kita tidak bisa menghindari komentar orang-orang terhadap apa yang kita lakukan. Ya, mungkin komentar itu bisa jadi bantuan supaya kita bisa jadi lebih baik. Namun, kebiasaan ini bisa bikin kita jadi stres.

Pada umumnya bersikap bodo amat biasanya digunakan ketika seorang dengan tingkat kepedulian paling rendah. Bersikap bodo amat juga termasuk sikap yang sensitif untuk dilakukan. Namun, bersikap bodo amat kadang memang diperlukan untuk beberapa hal yang tidak bermakna.

Mengapa terkadang kita harus bersikap bodo amat? Bodo amat tidak sama dengan artinya kita egois, tetapi ada beberapa alasan seperti :

  • Kita yang paling bertanggung jawab atas kehidupan sendiri.
  • Tidak menjadi bagian drama kehidupan orang lain.
  • Dengan tidak mendengarkan komentar dari orang lain, akan membuat hidup kita jauh lebih baik dan nyaman.
  • Tidak banyak membuang energi untuk hal yang tidak diperlukan.
  • Bodo amat merupakan bentuk ketegasan diri dan juga terhindar dari stress.

Meskipun banyak keuntungan bila kita bersikap bodo amat, tapi tentu saja jangan sampai berlebihan. Terlalu ‘bodo amat’ akan membuat kita jadi antisosial sehingga orang lain tidak tertarik untuk bergaul. Gunakan sikap ini bila memang komentar orang-orang sudah sangat mengganggu kita.

Pada kasus saling menghargai antara sesama makhluk hidup ini menurutku juga harus memiliki batasan. Kegiatan menghargai dan dihargai harus dilakukan dengan pemikiran yang stabil, sebab ketika kita memiliki pemikiran yang stabil kita juga mampu untuk belajar membangun sebuah etika dasar dalam menghargai seseorang, kita dapat belajar untuk menghormati orang lain yang memang dirasa pantas untuk dihargai. Kegiatan pembelajaran dasar dari sebuah kehidupan ini memerlukan pemikiran yang stabil dan sehat.

Ketika kita sudah belajar etika dasar untuk saling menghargai dan memahami atau bahkan menghormati, kita pun akan tau caranya untuk bersikap bodo amat. Kita akan tau kapan, dimana, dan siapa yang perlu kita “bodo amat” in saat menjalani hidup. Seperti contohnya, kita bisa menerapkan sikap bodo amat ini saat ada orang yang coba mengomentari kehidupan kita tanpa memberikan saran atau bahkan hanya membandingkan cara nya kita dengan caranya dia dalam menjalani hidup. Karena dalam menjalani hidup itu tidak bisa disamaratakan, setiap orang memiliki caranya sendiri untuk menjalani hidup. Terlebih kalau kita menggunakan cara orang lain itu belum tentu juga cara tersebut berhasil di kehidupan kita. Maka disaat itu lah kita dapat menerapkan sikap bodo amat untuk menenangkan pikiran dan kehidupan kita.

Menurut saya, sikap bodo amat seperti itu bisa kita terapkan misalkan kita memiliki seseorang yang tdak menyukai kita dan cenderung secara sengaja mengusik dan mengganggu kita, kita sebaiknya tidak usah memperdulikan apa yang dia lakukan dan acuhkan dia, sehingga lama-kelamaan dia akan merasa lelah dan berhenti mengganggu kita dengan sendirinya. karena sikap bodo amat terhadap orang tersebut.