Kapan sebaiknya roadmap / peta jalan produk dibuat ?


Sebuah roadmap produk yang baik adalah ketika roadmap tersebut dapat mendeskripsikan mau dibawa kemana produk tersebut untuk 5 tahun kedepan dan sebagainya.

Roadmap / peta jalan merupakan sebuah dokumen strategis yang digunakan untuk menentukan jalur yang akan diambil dalam rangka memenuhi visi produk yang telah ditentukan sebelumnya dalam sebuah organisasi ataupun perusahaan. Sebuah roadmap atau peta jalan harus bersifat sederhana dan difokuskan pada hal-hal yang menggambarkan gambaran besar sebuah produk. Bukan sebuah dokumen yang berisi spesifikasi atau rencana jadwal peluncuran sebuah produk, daftar fitur-fitur dan komponen-komponen produk, tugas-tugas yang akan dilakukan oleh tim maupun user stories, bahkan juga bukan berisi satu jalur perencanaan (Model tree, bukan road)

Roadmap sebaiknya dilakukan pada tahap awal pembuatan produk yang akan diimplementasikan dengan memperhatikan beberapa aspek yakni antara lain :

  1. Menentukan terlebih dahulu Masalah dan Solusi-nya secara jelas.
    Contoh :
    Masalah : Wisatawan ingin mendapatkan informasi makanan yang enak selama melakukan perjalanan.
    Solusi : Sebuah fitur rekomendasi restoran dan dapat melakukan pemesanan tempat. Dimana fitur pemesanan tempat mengikuti fitur pemesanan tempat yang digunakan pada fasilitas hotel.

  2. Mengembangkan Persona yang dibuatdan lebih memahami kebutuhan pengguna

  3. Memperhatikan masukan dari pengguna dan calon pengguna, bagaimana mereka melakukan sesuatu, apa masalah mereka, apa kebutuhan mereka dan apa yang membuat mereka frustasi atau tidak suka.

  4. Menentukan Visi Produk, Kapan, Apa, Bagaimana, Siapa, Dimana dan Mengapa produk itu dibuat.

Semakin cepat roadmap tersebut dibuat maka semakin baik.