Kapan saat yang tepat untuk hamil lagi setelah menjalani operasi sesar saat melahirkan ?

image
Ketika akan melahirkan terdapat banyak masalah yang terjadi yang mengharuskan seorang ibu melahirkan dengan cara operasi sesar. Namun muncul pertanyaan Kapan saat yang tepat untuk hamil lagi setelah menjalani operasi sesar saat melahirkan ?

Pada dasarnya, melahirkan lewat caesar sama baiknya dengan persalinan normal selama alasan medis yang mendasarinya jelas. Merencanakan caesar tidak merugikan ibu dan bayi untuk jangka pendek maupun jangka panjang apabila dipersiapkan secara matang. Peluang Anda untuk bisa hamil lagi setelah caesar pun masih terbuka lebar, asalkan sesuai dengan jarak waktu yang disarankan.

Dilansir dari laman Baby Center, sebaiknya Anda tunda dulu keinginan untuk hamil lagi hingga sekitar 18-24 bulan setelah melahirkan caesar. Ini bertujuan untuk menghindari risiko komplikasi seperti keguguran atau melahirkan bayi dengan berat badan rendah pada kehamilan selanjutnya.

Hal ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa wanita yang hamil lagi kurang dari enam bulan setelah melahirkan caesar memiliki risiko komplikasi yang lebih tinggi seperti keguguran, bayi lahir prematur, ataupun berat badan bayi rendah. Pasalnya, wanita yang melahirkan caesar berisiko kehilangan darah dua kali lebih banyak daripada wanita yang melakukan proses persalinan normal.

Terlebih, proses pemulihan setelah operasi caesar dapat berlangsung lebih lama daripada melahirkan normal setidaknya dua bulan. Selama waktu pemulihan ini pula, Anda harus mengisi ulang nutrisi yang diperlukan tubuh agar bisa fit kembali, serta merawat bekas jahitan operasi sampai benar-benar sembuh. Bekas jahitan caesar bisa terinfeksi jika tidak dirawat dengan baik. Anda mungkin harus membatasi aktivitas fisik Anda selama beberapa minggu ke depan untuk mendukung penyembuhannya.

Tidak hanya itu. Usai melahirkan Anda juga membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk menyesuaikan diri sebagai orangtua serta mengoptimalkan perkembangan si kecil di awal kehidupannya. Semua hall ini ikut memengaruhi kapan waktu yang terbaik untuk hamil lagi setelah caesar.

Selain risiko komplikasi seperti keguguran, bayi prematur, dan berat lahir rendah pada kehamilan yang selanjutnya, keputusan untuk cepat-cepat hamil lagi setelah caesar dapat meningkatkan risiko Anda terhadap:

  • Plasenta previa, plasenta yang menempel pada dinding rahim bagian bawah sehingga menghalangi jalan lahir bayi.
  • Abrupsio plasenta, sebagian atau seluruh plasenta terpisah dari dinding rahim sebelum melahirkan sehingga mengakibatkan perdarahan berat saat hamil.
  • Ruptur uteri, rahim sobek yang diakibatkan karena luka bekas jahitan caesar robek atau terbuka kembali.

Untuk menghindari risiko-risiko ini, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter kandungan untuk cari tahu kapan waktu terbaik untuk Anda bisa hamil lagi setelah caesar.

Sumber : hellosehat.com

https://hellosehat.com/kehamilan/kesuburan/waktu-hamil-lagi-setelah-caesar/