Kapan lebih baik menggunakan router dan kapan menggunakan bridge?

Bridge dan Router memiliki kemiripan dalam beberapa hal. Menurut anda, kapan kita lebih baik menggunakan router dan kapan menggunakan bridge?

image
Gambar Bridge

Bridge merupakan device yang menghubungkan dua jaringan sehingga dua jaringan komputer tersebut seperti satu jaringan. bridge juga dapat membagi sebuah jaringan berukuran besar ke dalam dua jaringan kecil. kebanyakan bridge mempunyai kemampuan untuk mengetahui komunikasi jaringan dan secara otomatis mengetahui address dari setiap komputer pada kedua sisi bridge. bridge juga dapat menginspeksi setiap paket yang terkirim dan memgirimkan kesemua client pada jaringan di sisi yang lain.

image
Gambar Router.

Router memang seperti bridge, namum mempunyai perbedaan dalam lapisan kerjanya. bridge merupakan device yang bekerja dalam Data Link layer, jadi bridge dapat mengatur dan mengetahui MAC address jaringan, mengetahui kemana pesan terkirim. tapi, bridge tidak dapat melihat informasi yang ada dalam paket. Router merupakan device network layer, jadi dapat mengatur segala paket jaringan. Router juga dapat memeriksa IP address dari paket yang melewatinya. dan karena IP address terdiri dari network dan host address, sebuah router dapat mengetahui asal dan tujuan paket yang dikirim. sedangkan bridge tidak dapat.

Kita dapat menggunakan brigde apabila kita ingin membagi jaringan yang besar kedalam jaringan yang lebih kecil karena alasan efisiensi jaringan sedangkan router digunakan ketika kita ingin mengatur jaringan menjadi lebih efisien dengan mengetahui jalur mana yang efektif dalam sebuah pengiriman packet serta mencari jalur lain apabila jalur yang biasa dipakai sibuk.


Sumber

http://aufaa.blog.uns.ac.id/2009/03/06/pertanyaan-seputar-jaringan-komputer/

A post was merged into an existing topic: Kapankan kita menggunakan switch atau router?

Bridge dan router adalah salah satu perangkat keras jaringan komputer yang banyak digunakan secara umum pada topologi jaringan komputer apapun. Kebanyakan bridge dan router bermanfaat untuk memecah dan memberikan rute jaringan, sehingga nantinya sebuah jaringan tidak akan salah sasaran, dan bisa bekerja dengan baik. Meskipun sama – sama merupakan perangkat keras jaringan yang memiliki fungsi yang mirip, namun kedua perangkat keras ini memiliki beberapa perbedaan. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara bridge dan router.

Bedasarkan fungsi utamanya

1. Fungsi utama bridge
Bridge, yang apabila diartikan secara harfiah merupakan sebuah jembatan, fungsi bridge untuk memecah sebuah jaringan menjadi bentuk jaringan yang lebih kecil, ataupun sebaliknya, menggabunggkan sebuah jaringan – jaringan kecil (terutama jaringan LAN) menjadi sebuah jaringan local yang besar.

2. Fungsi utama router
Router, merupakan sebuah perangkat keras jaringan komputer yang sifatnya lebih kompleks dan lebih rumit dibandingkan dengan bridge. Meskipun bisa juga berfungsi untuk menghubungkan satu jaringan dengan jaringan yang lain, akan tetapi fungsi router adalah untuk menghubungkan sebuah komputer dengan jaringan internet dengan menggunakan sebuah ISP yang sama.

Contoh :
Sebuah gedung akan mengambil layanan internet dengan menggunakan ISP X. Ketika sudah berhasil mendaftarkan ke dalam layanan ISP X, maka seluruh gedung tersebut akan mendapatkan akses internet. Untuk dapat meneruskan akses internet tersebut, maka dibutuhkanlah sebuah perangkat bernama router, yang akan meneruskan rute perjalanan jaringan internet menuju komputer yang sudah disiapkan oleh gedung tersebut.

Sumber
https://dosenit.com/jaringan-komputer/hardware-jaringan/perbedaan-bridge-dan-router