Kapan Kita Harus mencuci Alat Makeup dan Bagaimana Caranya?

Kapan Kita Harus mencuci Alat Makeup dan Bagaimana Caranya?

Menurut ahli dermatologi dan penata rias, kita harus lebih sering membersihkan busa kita untuk mencegah penumpukan bakteri, yang dapat menyebabkan jerawat.

Seberapa sering Anda harus membersihkan kuas makeup Anda?
Kebanyakan dokter kulit akan memberitahu Anda untuk merendam atau membersihkan alat makeup Anda, terutama kuas foundation dan concealer, seminggu sekali - minimum - untuk mencegah penumpukan produk. Karena kuas atau spon tersebut digunakan pada wajah Anda. Penata rias legendaris Bobbi Brown menambahkan bahwa “Kuas yang digunakan di sekitar mata harus dibersihkan setidaknya dua kali sebulan”.

Pembersihan yang sering tidak hanya membantu menjaga kulit Anda lebih bersih. Menurut penata rias Ashleigh Ciucci, menyabuni kuas makeup Anda secara teratur dapat memperpanjang masa pakai dan membuat aplikasi produk yang lebih baik. “Sikat rambut dan spons itu keropos, jadi mereka menahan minyak, puing-puing, dan bakteri,” katanya. “Jika kuas Anda kotor, pengaplikasiannya akan berbintik-bintik dan akan sulit menyatu.”

Apa yang harus Anda gunakan untuk membersihkan kuas makeup Anda?
Metode terbaik dan paling cocok untuk membersihkan alat makeup adalah air dan sabun lembut (sabun biasa bisa mengeringkan bulunya, terutama jika terbuat dari rambut alami) atau pembersih sikat.


Ada puluhan pembersih yang dibuat khusus untuk membersihkan kuas, tetapi penata rias Benjamin Puckey adalah penggemar berat Parian Spirit Professional Makeup Brush Cleaner, yang terbuat dari bahan pelarut tingkat makanan hingga melarutkan bubuk, cairan, dan lilin dengan lembut. dandan. Namun, jika Anda memilih untuk tidak membeli pembersih khusus untuk kuas Anda, mungkin hanya mencuci wajah favorit Anda saja. Penata rias wajah Kim Kardashian West Mario Dedivanovic terkenal menggunakan pembersih wajah Philosophy Purity Made Simple karena, katanya, jika itu melakukan pekerjaan yang teliti namun lembut di wajah Anda, itu akan melakukan hal yang sama untuk kuas Anda.


Dan beberapa cairan pencuci piring juga bagus.

Apa cara yang benar untuk membersihkan kuas makeup?
Berikut ini terdapat tujuh langkah untuk membersihkannya:

  1. Basahi bulu dengan air hangat.
  2. Masukkan setetes pembersih pilihan Anda ke telapak tangan Anda yang bersih.
  3. Pijat ujung bulu dengan lembut di telapak tangan Anda.
  4. Bilas bulu secara menyeluruh.
  5. Peras kelebihan air dengan handuk bersih.
  6. Bentuk kembali kepala sikat kembali ke bentuk aslinya.
  7. Biarkan sikat kering dengan bulunya tergantung di ujung meja, yang memungkinkannya mengering dalam bentuk yang benar. Jangan biarkan sikat Anda kering di atas handuk - bulunya bisa berubah menjadi jamur.
  8. Cuci sebentar, pastikan untuk menjaga pangkal kepala sikat (di mana ia terhubung ke gagang) dari sabun dan air. Bulu direkatkan ke dasar, dan air dan deterjen dapat menyebabkan lem hancur dan bulu menjadi longgar dan luruh. Selain itu, hindari mengeringkan sikat secara vertikal dengan bulu atas - ini dapat menyebabkan air bocor ke dalam ferrule (potongan yang menghubungkan bulu ke gagang), yang juga akan melonggarkan lem dan menyebabkan hilangnya bulu.
Sumber

https://www.allure.com/story/how-clean-are-your-makeup-brus

Alat makeup yang sering dipakai, lama-kelamaan akan mengendap kotoran akibat tercampurnya berbagai macam makeup, kalau kamu tidak sigap untuk membersihkannya, sudah pasti wajah akan iritasi dan menimbulkan masalah pada kulit.

Maka untuk itu, kamu harus rajin-rajin mencuci dan memperhatikan kebersihan alat makeup yang sering dipakai agar nyaman dan terhindar dari masalah kulit. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mencuci alat makeup?

Setepat-tepatnya waktu untuk mencuci alat makeup yaitu, paling lama seminggu sekali, tapi tergantung seberapa sering kamu memakai alat makeup itu sendiri. Bila kamu memakai makeup setiap hari, ada baiknya kamu menjadwalkan mencuci alat makeup seminggu sekali untuk kuas-kuas makeup.

Namun, lain halnya dengan spons yang akan lebih baik jika dicuci dalam kurun waktu tiga hari sekali. Sebab, spons lebih banyak mengendapkan sisa makeup yang susah hilang. Misalnya saja sisa-sisa dari foundation, concealer, ataupun bedak.

Pencucian alat makeup ini juga tidak disarankan untuk dicuci dengan pencuci baju atau pencuci alat-alat dapur. Kamu bisa gunakan sabun mandi cair, sampo, atupun sabun pencuci muka. Akan lebih baik juga mencuci alat makeup menggunakan air panas agar semua kotoran bisa terangkat semuanya.