Kapan kita harus melakukan qualitative risk analysis?

image

Qualitative Risk Analysis memprioritaskan risiko proyek yang diidentifikasi menggunakan skala penilaian yang ditentukan sebelumnya. Risiko akan dinilai berdasarkan probabilitas atau kemungkinan terjadinya dan dampak pada tujuan proyek seandainya terjadi.

Analisis risiko kualitatif harus SELALU dilakukan.

Analisis Risiko Kualitatif diperlukan setelah faktor-faktor risiko telah diidentifikasi. Meskipun rekannya, analisis risiko kuantitatif, adalah opsional (tidak diperlukan untuk proyek kecil), analisis risiko kualitatif harus dilakukan untuk setiap proyek - tidak peduli ukuran, tenggat waktu, atau kualitas.

Alasannya adalah bahwa analisis risiko kualitatif memeriksa setiap risiko tunggal yang dapat menyebabkan bencana proyek. Ini mempersiapkan tim untuk “skenario kasus terburuk” dan bagaimana menghindari atau menangani risiko jika itu memang terjadi.

Analisis risiko kuantitatif mengkaji risiko keseluruhan proyek, setelah risiko individu (kualitatif) telah dilakukan. Keduanya bekerja sama dengan baik, terutama untuk proyek skala besar. Tetapi analisis risiko kualitatif bekerja untuk setiap dan semua proyek.

(sumber : http://pestleanalysis.com/qualitative-risk-analysis/)