Kapan hari kesehatan gigi dan mulut?

teeth-03

Kesehatan gigi dan mulut harus lebih diperhatikan oleh samua orang, lalu kapan sih hari kesehatan gigi dan mulut?

Pemilihan tanggal 12 September menjadi Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia berdasarkan pertimbangan berlangsungnya Konferensi Internasional WHO, pada tanggal 12 September 1978, mengenai pelayanan kesehatan primer yang menghasilkan dokumen bersejarah piagam Alma Alta. Selain itu tanggal tersebut juga untuk menghormati pendiri FDI World Dental Federation, Dr Charles Gordon, yang lahir pada 12 September 1854. Berdasarkan pertimbangan tersebut, FDI World Dental Federation menghimpun organisasi profesi dokter gigi sedunia dalam sidang umum 26 Oktober 2007 di Dubai, dan menetapkan 12 September sebagai Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia.

Peringatan ini dilaksanakan dalam rangka menunjang peningkatan kesehatan gigi dan mulut masyarakat dalam tingkat global. Hari ini juga menjadi kesempatan untuk melakukan kegiatan dan inisiatif khusus yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut serta pengaruhnya terhadap kesehatan umum maupun kehidupan sosial.

Kesehatan gigi dan mulut seringkali menjadi prioritas yang kesekian bagi sebagian orang. Namun, seperti kita ketahui, gigi dan mulut merupakan ‘pintu gerbang’ masuknya kuman dan bakteri sehingga dapat mengganggu kesehatan organ tubuh lainnya. Masalah gigi berlubang masih banyak dikeluhkan baik anak-anak maupun dewasa. Hal ini tidak bisa dibiarkan hingga parah karena akan mempengaruhi kualitas hidup dimana mereka akan mengalami rasa sakit, ketidaknyamanan, cacat, infeksi akut dan kronis, gangguan makan dan tidur serta resiko tinggi untuk dirawat di rumah sakit. Semuanya bisa berujung pada biaya pengobatan tinggi dan berkurangnya waktu belajar di sekolah. Di Indonesia, sakit gigi berakibat seseorang kehilangan waktu kerja atau sekolah rata-rata 4 hari setiap bulannya, Situasi serupa juga terjadi di negara maju seperti Amerika Serikat, dimana lebih dari 51 juta jam sekolah hilang setiap tahunnya dikarenakan penyakit gigi dan mulut.