Kapan awal munculnya kemusyrikan di muka bumi menurut Islam?

Kemusyrikan

Kapan awal munculnya kemusyrikan di muka bumi menurut Islam?

Awal mula munculnya kemusyrikan di muka bumi, tidal terdapat catatan sejarah yang akurat. Namun dalam hal ini terdapat dua tingkatan permulaan kemusyrikan:

Kemusyrikan secara terang-terangan yaitu menyembah berhala;

Terdapat tiga catatan terkait dengan kemusyrikan jenis ini:

  • Kemusyrikan dan penyembahan berhala pertama terdapat pada masa Nabi Nuh As dimana Nabi Nuh As sendiri yang turun tangan memerangi penyembahan berhala ini. Nama berhala-berhala yang ada masa Nabi Nuh As disebutkan dalam al-Quran. Firman Allah swt,

    “Dan mereka berkata, ‘Jangan sekali-kali kamu meninggalkan tuhan-tuhan kamu dan jangan pula sekali-kali kamu meninggalkan (berhala) Wadd, Suwâ‘, Yaghûts, Ya‘ûq, dan Nasr.’” (Qs. Nuh [71]:23)

  • Namrudz bin Kan’an bin Kusy bin Ham bin Nuh adalah orang pertama yang membangkang setelah terjadinya taufan Nuh dan meletakkan mahkota di atas kepalanya. Ia adalah orang yang mengambil wilayah Babel, menguasai Arab dan non-Arab (Ajam) lalu membangun rumah berhala, menyembah berhala, mengindahkan berhala.

  • Manusia masa Yared bin Mahlaeel bin Qinan bin Anusy bin Syits bin Adam As memuat patung dan penyembah berhala. Salah satu anak dari Yared ini adalah Nabi Idris As.

Kemusyrikan samar:

Kemusyrikan samar merupakan sejenis kekurangan pada tauhid murni seperi lalai dari bersyukur kepada Allah Swt; permulaan kemusyrikan jenis ini berdasarkan sebagian riwayat dilakukan oleh sebagian anak-anak Nabi Adam As.

Referensi : Ilmu menuju surga: Pengertian Musyrik, Syirik, Munafik, Kafir, Murtad, Namima