Kapal terkutuk perang dunia II: SS Alkimos

SS Alkimos merupakan sebuah kapal pengangkut yang dibuat di tengah Perang Dunia II di galangan kapal Bethlehem-Fairfield di Baltimore. Awalnya bahtera itu akan diberi nama George M. Shriver dan pertama kali dioperasikan pada 11 Oktober 1943.

Namun, kapal itu digunakan untuk transportasi senjata selama perang oleh Norwegia. Kejadian ini bermula pada tahun 1944, seorang operator radio yang bekerja di kapal, Maude E. Steane, dibunuh oleh salah seorang kru, yang kemudian menembak dirinya sendiri. Dan semenjak kejadian tersebut kutukan mengenai kapal ini dimulai. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai kapal ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, Norwegia menutupi insiden pembunuhan tersebut dan mengklaim bahwa korban dibunuh oleh tembakan musuh. Setelah perang, kapal tersebut dijual ke perusahaan pelayaran Yunani.

Anehnya, satu demi satu kecelakaan terus terjadi. Penyebabnya pun misterius. Hingga pada sekitaran tahun 1963, kapal tersebut menabrak sebuah karang besar di lepas pantai Australia. Lalu kapal tersebut ditarik ke Fremantle untuk diperbaiki, tapi saat berada di sana, Alkimos terbakar secara misterius dan harus dibawa ke Hong Kong untuk dapat diperbaiki.

Namun, saat baru saja meninggalkan pelabuhan Fremantle, ada masalah dengan derek yang menangani kapal tersebut, Alkimos pun kandas. Derek itu tak bisa dilepaskan. Maka, pihak perusahaan menempatkan pengawas ke atas kapal. Namun, orang tersebut mengalami banyak hal aneh di atas kapal seperti mendengar suara ketukan, langkah kaki, dan bunyi-bunyi misterius lainnya.

Selama bertahun-tahun, beberapa perusahaan mencoba menyelamatkan kapal tersebut, namun setiap kali ada yang mencoba, hal buruk akan terjadi pada kru mereka. Akhirnya, SS Alkimos ditinggalkan dan perlahan tenggelam ke dalam air. Bangkai kapal ini masih bisa dilihat hingga saat ini, menyembul dari permukaan air.

Referensi: liputan6.com