Kapal Mokit Review Pitroad 1/700 JMSDF Myoko

Pitroad 1/700 JMSDF Myoko

JMSDF Myoko adalah salah satu dari 4 kapal AEGIS destroyer Kongo class. Dilihat sepintas kapal ini sangat mirip dengan Alreigh Burke class, karena memang dikembangkan dari AEGIS destroyer milik US NAVY tersebut. Seperti Burke, superstructure Myoko didominasi 4 panel antenna radar besar. Setiap panel sebenarnya terdiri dari banyak elemen antenna. Setiap elemen meradiasikan gelombang elektromagnetik dengan fase dan amplitudo masing-masing, dikontrol oleh komputer. Superposisi gelombang dengan fase dan amplitudo berbeda menghasilkan pola interferensi yang unik. Dengan setting yang benar gelombang radio akan saling memperkuat di satu arah tertentu dan saling menghancurkan di arah lainnya. Hasilnya adalah radar beam tajam yang bisa diarahkan dengan cepat dan fleksibel, dikendalikan secara elektronik oleh komputer. 4 panel antenna radar tidak perlu diputar, cukup dipasang mati di 4 sisi superstructure.


Walau mirip, sebenarnya ada sedikit perbedaan tampilan Myoko dengan Burke. Yang paling mencolok adalah main mast. Burke dilengkapi tripod mast minimalis sedangkan Myoko menggunakan lattice mast yang lebih kompleks. Selain itu sisi superstructure dibawah anjungan pada Myoko lebih curam dari Burke. Struktur internal kedua kapal konon berbeda cukup signifikan untuk memberikan kemampuan memimpin squadron bagi Myoko.

Arsenal Myoko serupa dengan Burke, yaitu kanon 127mm, Phalanx CIWS, triple torpedo launcher, dan Harpoon launcher. Kedua kapal tersebut juga mengandalkan sistem senjata utama yang sama, yaitu Mk-41 VLS di halauan dan buritan. Faktor politik membuat Myoko tidak dibekali kemampuan serang darat, sehingga konon Mk-41 Myoko tidak dibekali rudal Tomahawk. Jepang hanya membekali Mk-41 Myoko dengan ASROC dan Standard, sesuai dengan postur defensif JMSDF.

Perilaku agresif Korea Utara yang makin gencar melakukan uji rudal balistik membuat peran Myoko dan kapal Kongo class lainnya semakin vital. Kemampuan sistem AEGIS dan rudal Standard seluruh kapal Kongo class ditingkatkan agar bisa tracking dan intercept rudal balistik. Uji tembak realistis pun dilakukan untuk menjamin kesiapan sistem pertahanan rudal balistik tersebut.

Pitroad 1/700 JMSDF Myoko
Pitroad 1/700 JMSDF Myoko paint scheme

Kit Myoko keluaran Pitroad boleh jadi terlihat sederhana. Namun saat dilihat lebih dekat, ternyata kit ini menyimpan banyak detail halus. Sebagai contoh bentuk multi laras gatling Phalanx dicetak dengan sangat baik walau ukurannya sangat kecil di 1/700. Bukan berbentuk batangan plastik saja, tapi ada tekstur multi laras nya. Tabung peluncur Harpoon juga terlihat memuaskan di sprue. Bentuk VLS Mk.41 dicetak dengan detail tajam. Pitroad juga menyediakan opsi waterline atau full hull. Bentuk propeller terlihat sangat baik untuk membuat model full hull.
 
Pitroad 1/700 JMSDF Myoko parts 1
Pitroad tidak melengkapi kit ini dengan PE. Sejauh ini mereka telah sukses mencetak detail tajam di hampir semua area kapal. Namun ada satu area yang sulit dibuat akurat tanpa PE, yaitu lattice mast kompleks khas Kongo class. Pitroad melakukan pendekatan unik untuk memberikan tampilan lattice mast realistis hanya dengan bahan plastik. Jika dicetak benar-benar 1/700 lattice mast aslinya, part plastik akan terlalu tipis dan rapuh. Sebagai gantinya Pitroad menggunaka trik yang biasa kita pakai untuk menyiasati part plastik yang telalu tebal. Yaitu dengan menipiskan bagian yang terlihat dari luar saja. Bagian dalam lattice mast yang tidak terlalu terlihat dari luar dicetak agak tebal untuk memberikan kekuatan. Cara ini memang tidak menghasilkan lattice mast sempurna, jika dilihat dari dekat akan terlihat kekurangannya, jauh dibawah aftermarket PE. Namun dengan material plastik yang mudah dirakit, Pitroad telah memberikan lattice mast yang terlihat cukup baik dari jarak pandang normal.
  
Pitroad 1/700 JMSDF Myoko parts 2
Overall kit ini adalah alternatif yang cukup bagus untuk membuat Myoko di skala 1/700. Modeler yang lebih serius mungkin ingin menambahkan aftermarket PE terutama di area main mast. Namun Pitroad sudah menyediakan detail tajam yang sangat memuaskan hanya dengan styrene yang relatif mudah dirakit.


Silahkan kunjungi toko kami www.rumahmokit.com untuk memiliki kit ini dengan mudah, terimakasih. 

Sumber
Kapal Mokit Review Pitroad 1/700 JMSDF Myoko

dari dulu sih menurutku desain untuk battleship memang lebih bagus dari negara jepang daripada desain battleship dari negara negara lain dibelahan dunia…desainnya yang unik ini bisa menggugah para kolektor model kit untuk segera mengoleksinya yang membuat harganya dipasaran melambung tinggi haha :rofl::rofl::rofl: