Kapal induk terbang dalam film Avengers ternyata sudah direncanakan oleh Amerika. Ada yang tau kisahnya?

image

Jauh sebelum adanya kapal induk terbang di film Avengers, konon Amerika Serikat telah merancang alutista berkonsep serupa pada 1920-an. Saat itu, Angkatan Laut AS telah mengeksplorasi potensi pesawat terbang induk taktis bermodel Zeppelin. Bahkan Amerika berhasil memproduksi dua buah, USS Akron dan USS Makon, yang masing-masing diawaki oleh 60 orang dan mampu membawa sejumlah pesawat terbang Sparrowhawk. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai proyek ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, akibat kegagalan teknis pada USS Akron dan USS Makon yang menimbulkan banyak korban jiwa, AS tak lagi memproduksi pesawat semacam itu, dan proyek pengembangan pesawat terbang indukpun dihentikan.

Tetapi, baru-baru ini muncul sebuah rumor bahwa Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) AS membuka kembali proyek pengembangan pesawat induk tersebut. Kabarnya pesawat itu akan membawa pesawat tak berawak. Programnya sendiri bernama “Gremlins”, inisiatif DARPA yang berani ini akan melibatkan pesawat kargo C-130 yang dimodifikasi yang dilengkapi dengan pesawat tak berawak yang mampu menembus pertahanan musuh tanpa terdeteksi.

image

Referensi: https://www.liputan6.com/