Kampung Batik Terkenal di Jawa

image

Batik merupakan tradisi leluhur yang harus dilestarikan. Jangan sampai seperti beberapa waktu yang lalu Batik diklaim sebagai warisan budaya negara lain. Cara melestarikan batik ini beragam caranya, salah satunya adalah dengan mengunjungi berbagai kampung batik yang berada di Tanah Air. Dalam rangka melestarikan batik serta sekalian berwisata maka kita dapat mengunjungi kampung bernuansa batik yang ada di Jawa. Kampung batik dimana saja yang bagus untuk dikunjungi?

1. Kampung Batik Rejomulo, Semarang

Berada di Jl. Pattimura Kelurahan Rejomulyo, Semarang, kampung batik ini sangat rekomended sekali buat dijelajahi. Hampir di setiap sudut kampung dihiasi oleh keindahan batik yang khas, baik di mural maupun di batik kain. Selain menikmati keindahan batik yang disuguhkan, kamu juga bisa belajar membuat batik dengan hanya membayar Rp 20 – 30 ribuan saja. Saat pulang, kamu juga bisa membawa beberapa batik cantik. Satu lagi sih, di sekitaran kampung Batik ini ada spot wisata yang ikonik di Semarang, yakni Kampung Djadhoel.

2. Kampung Batik Larangan, Tangerang

Lokasinya berada di Kelurahan Larangan Selatan, Kecamatan Larangan, Kampung Batik satu ini jadi destinasi wisata yang tengah sedang naik daun. Sudah ada mural-mural ukuran besar yang cantik di tembok-tembok. Lokasinya sekarang sudah menjadi salah satu perburuan para millenials. Instagenic, bagus dan memikat hati. Ada juga sentra batik yang bisa kamu kunjungi, pulang-pulang bisa bawa batik khas Tangerang.

3. Kampung Batik Ngasem, Jogja

image

Kampung bernuansa batik lainnya yang tidak kalah terkenal adalah yang berada di daerah Ngasem, tepatnya berada di daam benteng keraton Jogja. Tidak hanya batik saja yang bisa kamu nikmati keindahannya, megahnya bangunan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Bagi kamu yang ingin mendapatkan batik Jogja yang murah meriah, jangan segan buat menawar. Tapi tentu saja harus dengan harga yang wajar ya.

4. Kampung Batik Kubil, Banten

Lokasinya berada di Jl. Bhayangkara, Kampung Kubil Kelurahan Cipocok Jaya Serang, ini merupakan kampung tema batik yang juga terkenal. Sebagai informasi nih, bahkan keindahan dari batik khas Banten ini sudah mendapatkan pengakuan dari UNESCO. Ciri khas dari Batik Banten ini memiliki warna abu-abu, bisa banget untuk dibuat baju yang cantik.