Kaligrafi karya Mir Ali Tabrizi













Mir Ali Tabrizi adalah seorang ahli kaligrafi Iran terkemuka pada abad ke-14, yang kepadanya dikaitkan dengan gaya kaligrafi Nas-Taliq. Diketahui bahwa ia tinggal di Tabriz dan merupakan seorang penyair serta ahli kaligrafi yang mahir

Ia dikenal sebagai ayah dari Nas-Taliq, gaya kaligrafi Persia yang paling populer. Karena itu ia diberi judul “Qodwat al-Kottab”. Dia menemukan gaya kaligrafi yang indah ini dengan menggabungkan dua gaya lama (Naskh dan Taliq).

Nas-Taliq adalah naskah kursif yang ringan dan elegan, seperti jenis kaligrafi Islam lainnya. Berbeda dengan naskah Islam lainnya, Nas-Taliq memiliki karakter yang tampak berayun dari kanan atas ke kiri bawah, dimana setiap kata seolah-olah ditangguhkan oleh garis imajiner. Ini menampilkan goresan horizontal memanjang dan bentuk bundar berlebihan tanpa serif. Tanda diakritik ditempatkan dengan santai, dan garis-garisnya mengalir bukannya lurus.

Ada mitos populer bahwa Mir Ali Mirza Jafar Tabrizi, seorang ahli kaligrafi Persia terkenal lainnya, adalah murid Mir Ali. Belakangan, murid-murid Mirza Jafar mengikuti gaya Mir Ali di Herat, tempat naskahnya sering disalin dan sangat dipuji.