Kalian Lebih Suka Membaca Manga, Manhwa, atau Manhua?

Siapa disini yang suka membaca komik bergambar ? Ya komik bergambar memang menjadi salah satu bahan bacaan favorit terutamanya untuk anak muda zaman sekarang karena plot cerita yang menarik, tampilan visualnya yang ciamik, dan lain sebagainya. Tetapi bagi para penggemar bacaan komik bergambar dari wilayah Asia Timur tentunya tidak asing lagi dengan istilah Manga, Manhwa, dan Manhua, terutamanya bagi kalian yang merupakan penggemar webtoon. Tetapi seringkali, orang - orang menjadi salah kaprah mengenai apa perbedaan di antara ketiganya. Berikut adalah brief explanationnya :

Manga merupakan istilah yang mengacu kepada komik atau novel bergambar/visual yang berasal dari Jepang. Umumnya manga di terbitkan dalam warna hitam dan putih, tapi kadang - kadang juga ada yang full-colour. Orang yang membuat manga disebut Mangaka. Karakteristik dari manga sendiri adalah kebanyakan dari karakternya memiliki ukuran mata yang sangat besar dan cara membaca manga adalah dari kanan ke kiri. Manga sendiri juga terbagi dalam beberapa genre besar seperti misalnya shoujo, shounen, seinen , dan josei. Dan terakhir,Manga sendiri juga banyak diadaptasi menjadi Anime atau Film seperti misalnya Naruto, Kakegurui, atau Crows Zero.

Manhwa merupakan istilah yang mengacu kepada komik atau novel bergambar/visual yang berasal dari Korea Selatan. Manhwa tidak seperti Manga, cara membacanya adalah dari kiri ke kanan seperti komik - komik Amerika atau Eropa. Biasanya manhwa jika di terbitkan dalam versi digital biasanya full berwarna. Manhwa juga biasanya menampilkan kebudayaan Korea dan selain itu, manhwa lebih memiliki alur dramatik yang kuat ketimbang manga yang biasanya menampilkan subgenre school romance dengan bumbu geng - geng Korea dan sebagainya disamping penggamabran karakternya yang lebih realistis ketimbang Manga. Manhwa sendiri juga belum banyak di terjemahkan ke bahasa Inggris seperti Manga dan banyak Manhwa yang diadaptasi menjadi Drama atau film seperti misalnya Itaewon Class dan True Beauty. Pembuat manhwa disebut sebagai manhwaga.

Manhua merupakan istilah yang mengacu kepada komik atau novel bergambar/visual yang berasal dari China, Hong Kong, dan Taiwan. Manhua memiliki kelebihan yang terletak di variasi settingnya yang lebih banyak ketimbang Manga dan Manhwa yang hampir selalu bersetting di Tokyo atau Seoul. sedangkan Manhua biasanya mengambil setting di banyak tempat seperti misalnya di Beijing, Guangzhou, Taipei, atau Hong Kong. Manhua dibaca dari atas ke bawah serta dari kiri ke kanan. Selain bersetiing modern, Manhua juga di dominasi dengan setting zaman China kuno seperti kerajaan. Artwork yang dihasilkan Manhua cenderung sangat ciamik dan Manhua pun juga hampir semuanya di terbitkan dalam keadaan full colour (baik digital maupun cetak). Pembuat Manhua disebut sebagai Manhuaija.

Persamaan yang ada diketiganya adalah memiliki genre - genre yang cukup bervariasi seperti romance, comedy, thriller, action, fantasy, ancient, dan lain sebagainya.

Nah buat youdics sekalian, kalian ada tim mana nih ? Lebih suka baca Manga, Manhwa, atau Manhua ?

Lalu apa sajakah judul - judul manga , manhwa, atau manhua yang kalian sukai ? dan pertanyaan terakhir, bisakah kalian bedakan mana manga, manhwa, dan manhua dari ilustrasi yang ada di deksripsi ?

Referensi :

  1. Jenangelx3. (2017, July 4). What is the Difference between Manga, Manhwa, and Manhua?. Honeys Anime. Retrieved from https://honeysanime.com/what-is-the-difference-between-manga-manhwa-and-manhua/
  2. Anonuevo, M. (2021, June 1). The Difference Between Manga, Manhwa, and Manhua Explained. Epicstream. Retrieved from The Difference Between Manga, Manhwa, and Manhua Explained
1 Like

Jelas Manga,
Terakhir saya baca manga itu Shingeki no Kyojin (Attack on Titan) sampai chapter terakhir yang sangat menyedihkan. Maaf saya tidak akan spoiler disini karena akan merusak keseruan membaca manga.

Kemudian pada gambar diatas, jujur saya tidak bisa membedakan diantara ketiga jenis komik tersebut, karena gaya sketsanya menurut saya sangat mirip. Saya juga penasaran kenapa jenis manga yang lebih populer didunia, apa kelebihannya dibandingkan kedua jenis yang lain.

Manhwa, selain karena alur cerita yang menarik, alasan utama lebih pilih manhwa karena aku suka style gambarnya yang bermacam-macam tergantung authornya, dan yang paling penting full color. Selain itu, mungkin karena aku terbiasa baca webtoon jadi susah untuk berpaling dari manhwa.

Sebelumnya terima kasih sudah memberi penjelasan mengenai perbedaan antara ketiga hal tersebut! Karena jujur saja aku cukup sering membacanya tapi menyebutnya manga semua :sob: :pray:

Aku sendiri lebih suka dengan manhwa, karena full color, dan menurutku para pembuat manhwa updatenya lumayan cepat.

Kalau untuk manga, aku paling suka Ao Haru Ride. Awalnya aku menonton animenya dahulu, tapi karena kepo akhirnya aku membaca manganya juga. Sementara untuk manhwa, aku suka sekali dengan Girls Of The Wild’s, Bastard, dan I Love Yoo. Dulu saat Bastard masih on-going aku dan teman-teman SMA ku sering membicarakannya. Nah untuk manhua sendiri, belum ada yang aku sukai :v:

Awalnya tadi belum bisa membedakan, namun sekarang sudah hihihi. thanks again kak!

1 Like

manga dan manhwa, aku awalnya suka manga karena yang paling banyak diketahui memang manga. lalu saat line webtoon muncul jadi mengenal mahwa dan akhirnya juga suka, kalau bosen manga karena hitam putih biasanya baca manhwa yang lebih full color. dan untuk updatenya mahwa terbilang cepat bisa 1-2 minggu sedangkan manga 1 bulanan.

Untuk dari segi gambar lebih menyukai Manhwa karena gambarnya lebih kaya akan warna dan halus secara universal dapat diterima diindustri Jepang ataupun Amerika dan Eropa. Dalam segi cerita dan gambar yang lebih vulgar Manga menurut saya mereka lebih bebas mengekpersikan karakternya baru Manhua. Untuk saya sendiri lebih menyukai Manga dan Manhwa karena Manhua biasa alur ceritanya terlalu terbelit-belit dan membuat pembaca tidak puas dengan jalan cerita yang kurang baik.

2021-09-19T09:40:00Z
KK Sosmed Podcast - Elisabeth Maranatha