Kalau kamu ada kesempatan kuliah di luar negeri, negara dan jurusan apa yang kamu pilih?

image

Halo Youdics!
Pendidikan merupakan salah satu hal terpenting yang harus kamu kejar. Banyak orang yang melakuan studinya bahkan hingga keluar negeri, namun bukan berarti studi di Indonesia kalah dengan luar negeri ya. Tetapi memang ada beberapa jurusan yang tidak ada di Indonesia namun terdapat diluar.

Jika kamu diberi kesempatan untuk kuliah di luar negeri, negara dan jurusan apa yang akan kamu pilih?

Aku pilih Finland dengan jurusan International Relations. Finland dikenal sebagai penduduk paling bahagia di dunia, dan juga tingkat kemakmuran penduduknya yang tinggi. keindahan alam yang dijuluki negara 1000 danau, lingkungan yang masih asri, dan juga penampakan Aurora Borealis yang sangat menakjubkan. Aku juga masih penasaran dengan sistem pendidikan Finland yang disebut-sebut sebagai sistem pendidikan terbaik di dunia. tingkat keamanan yang tinggi juga membuat aku tertarik untuk melanjutkan pendidikan disana. ya karena tinggal jauh dari orangtua keamanan merupakan salah satu kekhawatiran mereka.
Opsi kedua aku pengen kuliah ke Australia karena Benuanya yang terletak dekat dengan Indonesia. pengen banget liat koala dan juga katanya banyak orang Indonesia yang tinggal disana dengan harapan bisa saling membantu di negara orang. accent bahasa inggris mereka yang unik, dan juga salah satu idol ku berasal dari Australia.

Aku milih Jepang dan Korea, karena mereka terkenal dengan kemajuan teknologinya yang pesat jadi jurusannya ambil informatika atau sejenisnya. Selain belajar teknologi, disana juga bisa belajar bahasa baru, bukan belajar sih tapi sudah menjadi kebutuhan bisa bahasa lokal sebagai bentuk adaptasi untuk kuliah disana, terus karena tidak banyak orang muslim disana, maka budayanya juga pasti berbeda dengan Indonesia, jadinya bisa belajar budaya baru, kebiasaan baru, dan yang paling seru adalah tempat tinggal baru, karena akan ada banyak hal untuk dijelajahi di tempat baru apalagi dengan teknologi yang ada disekelilingnya.

kalau aku milih Jepang, karena Jepang terkenal dengan kecanggihan teknologinya. Untuk jurusannya dibidang komputer atau sejenisnya. Saya juga tertarik belajar budaya Jepang karena budaya mereka sangat menarik dan unik. Selain budayanya saya juga ingin belajar bahasa Jepang juga. Selain itu saya menyukai tempat wisata disana.

Untuk jurusan yang sejalur dengan bidangku, universitas unggulannya berada di Eropa atau US. Tapi dalam memilih kampus, lingkungan juga termasuk salah satu pertimbangan. Aku pasti akan lebih nyaman ketika berada di kelompok yang sama denganku.

Jadi, lebih pengen kuliah di Asia Timur dengan jurusan yang terkait dengan politik, atau hukum internasional. Melihat pendapat temen-temen juga lebih mempertimbangkan lingkungan negara tersebut, aku juga setuju. Selain itu, melihat biaya yang dikeluarkan tidak akan sebanyak jika berkuliah di bagian barat dunia. Terus juga mempertimbangkan sentimen masyarakat terhadap pendatang, keamanan di negara tersebut, sampai kemudahan dalam hidup sehari-hari.

Wah, pertanyaannya pas banget sama apa yang lagi aku pikirkan sekarang ini. Aku lagi suka memikirkan apa plan kedepannya setelah lulus S1. Salah satu plan dan impianku adalah melanjutkan S2 di luar negeri. Aku pribadi adalah mahasiswa jurusan Sastra Inggris, tentunya jurusan S2 yang cocok adalah yang berbau bahasa atau humaniora. Jujur, aku suka berangan-angan untuk melanjutkan S2 di Canada, Korea, Thailand, atau Australia. Aku belum research universitas selain Chulalongkorn University di Thailand, dan pas sekali ada program master degree untuk bahasa. Chulalongkorn adalah salah satu universitas top di Thailand. Universitas terkemuka di Thailand ini yang telah sukses mendapat peringkat universitas terbaik di negaranya dan menjadi universitas Thailand pertama yang mendapat peringkat satu terbaik se-Asia versi The Impact Rankings 2021 dari 1115 universitas. Aku juga akan melanjutkan research untuk negara lainnya.

Referensi

https://yesstudyabroad.com/blog/kenalan-sama-kampus-no-1-thailand-chulalongkorn-university/

Wahh topikmya menarik banget nih, sekalian aku share salah satu mimpiku yakni kuliah di luar negri, kalau aku pingin banget ke Swiss karena walaupun Swiss merupakan negara kecil tapi tempatnya itu indah banget buat ditinggali. Berasa kayak negri dongeng kalau aku menetap disitu heheheā€¦ Pokok nyaman banget sih keliatannya kalau tinggal disitu. Nah, tempat kuliah yang masuk ke wish list ku yakni University of Zurich dengan jurusan ilmu komunikasi dan media.

Kalau ada kesempatan untuk kuliah di luar negeri pilihan aku jatuh ke dua negara yaitu Korea Selatan dan Finlandia. Alasannya: kalau Korea aku suka culture nya, tempatnya juga indah, dan bidang teknologi disana bagus, sedangkan Finlandia aku suka karena negara tersebut sudah terkenal dengan sistem pendidikannya yang paling bagus di dunia. Mengenai jurusan yang ingin saya ambil yaitu bidang mikrobiologi dan bioteknologi.

Kalau aku punya kesempatan untuk kuliah diluar negeri aku pengen ke Australia atau Jepang karena kebetulan aku mahasiswa jurusan Agribusiness jadi cocok untuk melanjutkan pendidikan yang berhubungan dengan pertanian dan bisnis. Dua negara yang aku sebut tadi punya universitas dan fakultas yang cukup unggul dalam bidang pertanian dan teknologinya jadi aku rasa itu bisa jadi pilihan yang tepat kalau ada kesempatan kuliah atau melanjutkan S2 disana. Selain itu, dua negara itu juga termasuk dalam negara-negara yang pengen aku kunjungi dan aku tinggali jadi pasti bakalan senang kalo bisa kesana meskipun biaya hidupnya sedikit mahal

Saya punya dua piljhan. Untuk yang masih related dengan jurusan saya saat ini adalah ISAP Zurich di Switzerland. Saya pilih ini karena saya tertarik dengan psikoanalisa dan khususnya teori-teori psikologi yang dikembangkan oleh Carl Jung. Dan sekolah ini merupakan tempat traning yang memang memfokuskan pada analisis Jungian. Harapan saya, saya ingin membuat sekolah khusus seperti itu juga di Indonesia karena memang banyak sekali peminat dari teori-teori Jung ini dan masih banyak yang kesulitan untuk belajarnya.

Dan untuk yang berbeda dengan bidang yang sedang saya tekuni saat ini adalah jurusan gastronomi di Spanyol. Saya pilih Spanyol dikarenakan untuk segala urusan kuliner dan sekolah terbaiknya ada di negara sana. Dan kebetulan saya memang menyukai bidang kuliner dan lebih menyukai masak-memasak daripada makannya haha ini akan menjadi peluang yang besar juga kedepannya, dikarenakan bisnis kuliner itu tidak akan pernah mati karena setiap orang pasti perlu makan.

Kalau saya, saya lebih mementingkan universitas dibandingkan negaranya. Karena yang terpenting bagi saya adalah kualitas pendidikan yang akan saya dapatkan. Saya menempuh pendidikan untuk mendapatkan ilmu serta skill yang bermanfaat bagi saya dan orang lain. Bila ditanya universitasnya, Massachusetts Institute of Technology adalah impian saya. Kampus teknik terbaik di dunia dan tempat lahir dari para pemimpin teknologi dunia. Kalau ditanya jurusan, saya ingin meneruskan jurusan yang sudah saya tempuh saat ini, yaitu mechanical engineering. Di sisi lain saya juga memiliki minat lebih pada jurusan aerospace engineering, naval architecture engineering dan juga automotive engineering. Untuk naval architecture, saya pernah mendalami pada program diploma 3 dahulu. Jadi saya masih memiliki minat yang tinggi untuk naval architecture engineering. Kemudian untuk aerospace engineering, saya sangat tertarik mempelajari ilmu yang pernah dipelarai mantan presiden RI bapak B.J. Habibie. Kemudian, untuk automotive engineering, saya juga sangat tertarik mempelajari seputar dunia otomotiv. Sebenarnya baik naval architecture engineering, aerospace engineering ataupun automotive engineering merupakan pengembangan ilmu dari mechanical engineering, tapi lebih spesifik sesuai dengan objek yang dipelajari. Semoga saja saya dan rekan rekan semua bisa mewujudkan mimpinya. Aminn.

wow sangat menarik! saat ini aku sedang menempuh pendidikan S1 Sastra Inggris, dan akhir-akhir ini memang sedang memikirkan jika melanjut jurusan apa yang akan ku pilih dan di universitas mana. Tapi jika di berikan kesempatan untuk melanjutkan study di luar negeri aku akan memilih untuk melanjut ke University Of Pisa, Faculty of Letters and Philosophy Department of Philosophy, salah satu universitas ternama yang berada di Italy. Alasan aku ingin mengambil jurusan philosophy karena menurut ku dari sastra ke philosophy masih memiliki keterikatan dan aku juga sangat tertarik dengan philosophy. Alasan lain kenapa ingin berkuliah di Italy, karena Italy adalah negara yang sangat ingin dikunjungin jadi ga kebayang jika kuliah dan menjalani kehidupan sehari-hari disana LOL.