Kakostokrasi Yang Menyebalkan. Kenali Yuk!

Kakostokrasi, kata yang tidak familiar di politik. Artinya ialah pemerintahan yang dijalankan oleh orang-orang yang beriktikad paling buruk.

Coba bayangkan, betapa banyak orang di negeri ini yang seperti halnya diatas. Jujur saja, banyak sekaoi kritikan dari masyarakat terhadap kinerja pemerintahan. Ini sudah bagus karena warga peduli terhadap aktor dalam menangani masalah kenegaraan.

Pasti ada saja orang yang bekerja seenaknya, artinya ada tikus penyelundup dalam kantor tempat bekerja. Ia seringkali didefinisikan sebagai orang yang merugikan masyarakat dan negara. Apabila hal ini tidak dibenahi, bahkan diteruskan tanpa memedulikan nasib rakyat, maka tidak heran akan terjadi dampak yang di luar dugaan semua pihak, seperti misuse dan miringnya kebijakan total.

Bagaimana menurut Youdics?

https://id.m.wiktionary.org/wiki/kakostokrasi

kakostokrasi timbul akibat demokrasi dikendalikan scr eksklusif oleh “para pemenang” yg abai pada pertimbangan dan kearifan publik. para legislator menjadi calo proyek, kepala daerah mengisi rekening mrk dgn uang rakyat. agar demokratisasi berjalan dgn baik, harus ditemukan solusi untuk keluar dari jebakan tsb.
maka dr itu, perlu untuk melakukan peningkatan demokrasi; meningkatkan kualitas seleksi, krn mekanisme seleksi biasanya masih dikuasai oleh praktek oligarki dlm partai.

Istilah yang baru bagi saya, terimakasih atas insightnya. Apakah ada bacaan terkait ini, mengingat rujukannya hanya dari Wikipedia? Lalu bagaimana bisa kita membuktikan hal itu, mengingat niat baik atau buruk itu berada di benak masing-masing individu. Indikator apa yang dijadikan acuan menentukan niat baik atau buruk seseorang atau kelompok?

Ketika demokrasi dikendalikan secara eksklusif oleh ”para pemenang” yang abai kepada pertimbangan dan kearifan publik, terbangunlah kakostokrasi. Dalam kakostokrasi, iktikad buruk mengendalikan kekuasaan, tersembunyi di balik jargon-jargon manis demokrasi.

Sumber : majalah.tempo.co