Kaca Fleksibel Romawi Kuno, bagaimana bisa?

Konon manusia telah menggunakan kaca yang terbentuk secara alami sejak zaman pra sejarah. Namun legenda Romawi kuno mengatakan bahwa dulunya terdapat sebuah kaca yang fleksibel yang dapat dibengkokkan namun tidak seperti plastik. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai kaca ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, seseorang bernama Pliny, Petronius dan Cassius Dio menceritakan tentang pekerja kaca sekaligus ahli kimia berbakat yang membuat sesuatu yang saking luar biasanya sampai dibawa ke hadapan Raja Tiberius Caesar di antara tahun 14-37 setelah Masehi.

Isidore dari Seville menulis bahwa sang raja mengambil mangkok kaca fleksibel itu dan melemparnya ke lantai. Mangkok tersebut membengkok tapi gak pecah. Perajinnya memperbaiki bengkoknya dengan palu kecil dan mengaku hanya ia yang tahu cara membuat kaca fleksibel. Tiberius takut jika material tersebut dapat menurunkan harga emas dan perak, maka perajin tersebut dihukum penggal kepalanya. Dan ilmu mengenai kaca fleksibel tersebut hilang seiring dengan kematiannya… Wah sayang sekali ya…

Referensi: https://science.idntimes.com