John Lennon : Happiness

John Lennon adalah seorang penyanyi berkebangsaan Inggris sekaligus personil dari the Beatles. Ia pernah menyampaikan kutipan tentang kebahagiaan :

“When I was 5 years old, my mother always told me that happiness was the key to life. When I went to school, they asked me what I wanted to be when I grew up. I wrote down “happy”. They told me I did not understand the assignment, and I told them they did not understand life.”

Inti dari kutipan di atas yaitu, dalam hidup janganlah kita terlaku fokus pada tugas atau materi sehingga kita melupakan hal yang sangat penting, yaitu kebahagiaan. Karena kebahagiaan adalah poin utama dalam hidup. Tanpa kebahagiaan, akan menjadikan hidup kita sebagai beban. Namun dengan adanya kebahagiaan, hidup kita akan jauh terasa lebih menyenangkan.

source :

Sukses adalah mendapatkan yang kita inginkan. Sedangkan, bahagia adalah menginginkan apa yang kita dapatkan. Sukses itu berarti mencapai apa-apa yang kita targetkan. Ketika kita berhasil mencapainya, kita dikatakan sukses. Sedangkan, kebahagiaan itu menginginkan apa saja yang kita dapatkan. Artinya, kita menikmati hal-hal yang kita miliki. Betapapun kecil dan sederhana, kita mampu menikmatinya. Inilah yang akan menimbulkan kebahagiaan.

Kalau saja kebahagiaan hanya didapatkan dari syarat-syarat sukses definisi banyak orang tersebut, maka akan terlihat bertebaran orang-orang yang tidak bahagia di muka bumi ini. Coba perhatikan, banyak orang-orang kecil dengan berpenghasilan minim bisa asik bercengkrama dengan keluarga dan bisa tidur dengan sangat nyenyak. Malah ada sebagian orang yang kita anggap sukses dengan definisi tersebut tidur gelisah dan banyak permasalahan. Senyum saja mahal untuk dia.