John D. Wern : CEO of Omnicom Group Inc

gambar
JOHN D. WERN, CEO OF Omnicom Group Inc.

John D. Wern yaitu seseorang yang lahir di Kota New York, Amerika Serikat pada tahun 1952 dan sekarang beliau menjadi CEO dari perusahaan Omnicom Group Inc. yang mana sudah ia tempati sejak tahun 1997. Dan, pada tahun 2016 ini John Wern termasuk didalam daftar 100 CEO di dunia yang mempunyai performa yang baik atau bahkan terus naik terhadap perusahaan yang dinaunginya, daftar tersebut dibuat dan dirilis oleh Havard Bussiness Review tahun 2016. John Wern menempati urutan 74 pada daftar yang dirilis tersebut.

Perusahaan omnicom sendiri merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang pelayanan konsumen yaitu lebih detailnya periklanan, manajemen hubungan pelanggan, hubungan masyarakat dan layanan khusus.

John Wern sendiri pada awal karirnya tidak langsung menjadi CEO dari Omnicom Group ini, adapaun perjalanan karirnya yaitu pertama kali pada tahun 1960 dengan mempunyai mitra dari perusahaan katering yang berada di kota New York, lalu pada tahun 1970 menjadi salah satu founder perusahaan yang bergerak pada pembuatan kaos dan juga menjadi konsultan manajer dari Arthur Andersen & Co., lalu pada tahun 1975 menjadi co-founder dan manager Olympic Deck Hockey.

Pada awal tahun 1980-an bermitra dengan Norton Simon Inc. dan pada akhir tahun 1980-an mulai masuk didalam persahaan Omnicom Group Inc. dengan menjabat sebagai wakil presiden senior bidang keuangan dan administrasi untuk divisi DDB Needham Worldwide.

Lalu setelah itu karirnya terus naik dengan menjadi wakil presiden eksekutif, general manager, dan presiden dari divisi Diversified Agency Services (DAS) sampai pada akhir tahun 1995. Dan akhir pada tahun 1997 menjadi seorang CEO dari perusahaan Omnicom Group Inc. (suatu perjalanan karir yang sangat panjang sehingga mempunyai banyak pengalaman, dan tidak salah jika Omnicom Group Inc. menunjuknya sebagai CEO dan juga masuk kedalam daftar the best performance CEO tahun 2016 ini -red).

Adapun beberapa kutipan dari CEO Omnicom Group Inc. ini menggambarkan bagaimana ia mencapai kesuksesan seperti sekarang, bagaimana prinsip yang ada didalam dirinya sehingga bisa mencapai titik yang seperti sekarang ini.

“Keberhasilan kami terletak pada setiap mandat bisnis yang sudah diberikan dan dapat berkorelasi langsung dengan terampil oleh tim manajemen” - John Wren, CEO Omnicom Group

“Ada hal yang sangat indah tentang Omnicom Group ini, yaitu dimana jika kita memiliki 5 klien maka disana tidak ada yang menjadi klien utama, melainkan kami menjadikan kelimanya sebagai klien utama kami” - John Wren, CEO Omnicom Group

“Bisnis yang kami bangun merupakan kekuatan dari tim manajemen dan para professional yang ada didalamnya, mereka bekerja sangat keras dan juga kita memberikan intensif yang sesuai dengan progress yang mereka lakukan” - John Wren, CEO Omnicom Group

“Kami menantang siapapun yang ada didalam agensi kami untuk menyesuaikan biaya yang akan mereka keluarkan atau dapatkan dengan memberikan beberapa penawaran yang sesuai kebutuhan yang lebih menguntungkan untuk kedua belah pihak” - John Wren, CEO Omnicom Group

Dari beberapa kutipan diatas itulah kita dapat melihat bahwa John Wren mempunyai dasar-dasar prinsip kepemimpinan yang sangat kuat dengan mengerahkan segala sumber daya yang dimiliki semaksimal mungkin dengan pengelolaan dari tim manajemen yang tepat pula. Dan yang paling disinggung ialah pada bagian manajemen, yaitu bagian dimana mempunyai peran yang sangat penting pada setiap perusahaan.

Bahasan selanjutnya ialah tentang apa yang sudah diperoleh oleh John Wren dari perusahaan Omnicom Group Inc. Pada tahun 2014 saja CEO dari grup periklanan terbesar kedua di dunia ini menerima kompensasi sebesar $24 juta , meskipun pada tahun tersebut perusahaan Omnicom gagal terjadi penggabungan dengan perusahaan publik yang terletak di Perancis, dimana jika terjadi kemungkinan nilai kesepakatannya mencapai $35 milliar.

Satu tahun sebelumnya, kompensasi CEO ini sudah naik 33% dari tahun sebelumnya.

Pada dasarnya, gaji Wren adalah $1 juta, namun ada tambahan kompensasi berdasarkan kinerjanya sekitar 95%. Dengan perincian kurang lebih seperti ini, John Wren menerima keuntungan pribadi lainnya sebesar $82.751 untuk penggunaan pribadi pesawat terbang, uang saku otomatis sebesar $9.120, tunjangan medis sebesar $4.000, dan mendapatkan “tahun penghargaan layanan” sebesar $5.000.

Adapun perusahaan Omnicom pada tahun yang sama juga membukukan kenaikan pendapatan sebesar 5% menjadi $15,3 miliar, dengan laba bersih 11,4% menjadi $1,1 miliar.

DAFTAR RUJUKAN