John Collison, Co-Founder Stripe

John collison adalah seorang pengusaha muda yang bekerja sama bersama kakaknya Patrick Collison membuat sebuat situs bernama Stripe. Yaitu sebuah situs yang menawarkan jasa membayar dalam dunia bisnis online agar transaksi menjadi aman.

Biografi


Pekerjaan
Co-founder dari Stripe

Tempat dilahirkan
Irlandia pada 1990

Pendidikan

  • Castleroy College
  • Harvard University

Riwayat Hidup


Pada tahun 1990 John Collison dilahirkan di irlandia, ia memiliki satu orang kaka yang bernama Patrick Collison, John Collison bersama kakanya membuat situs bernama Stripe yang untuk saat ini situsnya sangat membantu pada jual beli online internasional, John Collison pada awalnya bersekolah di Castletroy college dan setelah ia lulus, ia melanjutkan perkuliahannya di Harvard university pada 2009, tak kalah menarik dari kisah hidupnya John Collison juga ternyata seorang pilot dan pianis yang cukup handal.
Di November 2016 John Collison menjadi “The world’s youngest self-made billionaire” yang untuk sampai saat ini pendapatan John Collison adalah 1.1 triliyun dollar.

Quote


“Help each user personally. Sure that won’t scale to a very large size, but when a startup is just starting out, it really helps you have an advantage as a small and nimble company. “ John Collison
“I think a lot of people learn to code messing around with things while in secondary school. And for me, it started up as a hobby and a plaything, and I just became more curious over time.”John collison

Referensi


https://bebo.com/Profile.jsp?MemberId=3844528164
http://www.ycombinator.com/faq/
http://www.irishtimes.com/life-and-style/people/harvard-next-on-menu-for-knowledge-hungry-dot-com-high-flyer-1.738348
http://www.bizjournals.com/sanjose/news/2011/11/28/40-under-40-john-collison.html?page=all
http://www.forbes.com/sites/ryanmac/2016/11/28/stripe-investment-makes-cofounder-the-worlds-youngest-self-made-billionaire/#1757a89941b4
https://www.brainyquote.com/quotes/authors/j/john_collison.html

John collison adalah pebisnis muda yang sukses, dia terkenal sebagai salah satu pendiri stripe bersama kakaknya pattrick collison. Lahir tahun 1990 di Tipperary, Irlandia. Sejak kecil passionya memang ada pada matematika dan sains, hal tersebut bukan tanpa alasan Ayahnya merupakan seorang insinyur listrik dan ibunya bekerja di bidang mikrobiologi. John Collison berhasil mencetak nilai tertinggi pada Irish Leaving Certificate. Ia kemudian melanjutkan studinya ke Harvard University.

Terlahir di keluarga yang menggilai teknologi membuat john sangat antusias untuk mempelajarinya, dengan bantuan kakaknya dan mencari informasi melalui internet john mempelajari coding. Collison bersaudara mulai belajar untuk membuat program dan bertekad untuk membuat karya di dunia nyata.

John mempunyai pemikiran bahwa ia berada di usia yang produktif dengan segala kemajuan teknologi yang bisa memfasilitasinya, sehingga dia berfikir untuk dapat aktif menciptakan suatu karya yang bisa
dinikmati khalayak umum, dari pada menjadi pemuda pasif yang hanya menikmati sesuatu yang ada. Pola pikir yang seperti itu membawanya memunculkan ide untuk mengatasi masalah yang ada yaitu terkait dengan sistem pembayaran online. Stripe adalah hasil karyanya bersama kakak kandungnya peter collison yang memudahkan orang lain bertransaksi secara online.

Perjalanan mendirikan stripe tidaklah muda bagi john, ia cuti dari kuliahnya untuk menyelesaikan startup
tersebut bersama kakaknya. John menghabiskan musim gugurnya untuk mengerjakan proyek stripenya. Siang malam ia menghabiskan waktunya berada di sebuah ruang belajar untuk menyelesaikan coding. Hingga john memutuskan untuk fokus pada karyanya dan meninggalakan kelas musim panasnya.

Banyak tantangan yang dihadapi john saat memutuskan menjadi seorang enterpreneur dengan stripe, salah satunya adalah mempekerjakan karyawan. Ia merasa sangat frustasi ketika melihat orang-orang yang sebenarnya bisa berkontribusi besar pada stripe namun, ia tidak bisa mempekerjakannya karena alasan visa.

Pada tahun pertamanya stripe hanya memiliki empat orang karyawan, sebagai perusahaan kecil tentu saja akan sangat susah mempekerjakan orang. Namun john ingin memastikan orang – orang yang bekerja padanya adalah yang memiliki kepedulian besar pada stripe. Collison bersaudara juga memasang tarif murah untuk stripe, mereka mencoba menantang diri mereka untuk membuat produk yang baik sehingga orang tidak akan menggunakannya karena harganya yang murah, tapi karena produknya memang layak untuk digunakan. Kegigihan usaha mereka terbayar dengan keberhasilan stripe.

Sebelum stripe john juga mempunyai proyek bernama auctomatic, selain itu ia juga pernah menjual aplikasi iphone ke Apple’s App Store, ia merasa sangat bangga sebagai pemuda yang masih
duduk di bangku kuliah ia mampu membuat suatu karya yang bisa dipakai seluruh
orang di dunia.

Di usia yang masih menginjak 27 tahun, John Collison menjadi milliarder termuda dunia yang mampu mendapatkan kekayaannya dari usaha pribadi. Miliarder lain yang mampu masuk dalam daftar ini antara lain CEO Snapchat Evan Spiegel dan Co-founder Snapchat Bobby Murphy.

Sumber :

John Collison

Biografi

Tempat tanggal Lahir
Limerik, Irandia pada 6 Agustus 1990

Kewarganegaraan
Irlandia

Tempat tinggal
San Fransisco, California

Pendidikan
Castletroy Collage
1 tahun di Harvard university di bidang Fisika

Riwayat Pekerjaan
Founder Shuppa (Yang kemudian diakuisisi oleh Auctomatic)
Founder Stripe

Peringkat Forbes
2016 – Peringkat ke 15 dari 40 enterprenuer terkaya di Amerika
2017 – Peringkat ke 1795 Miliarder di seluruh dunia
2017 – Peringkat ke 7 orang terkaya di Irlandia

Total Kekayaan
$1.1 Miliar

Status
Single

Riwayat Hidup

John Collison lahir pada tanggal 6 Agustus tahun 1990 di Limerik, Irlandia. Orang tua dari John Collison menjalankan sebuah bisnis perhotelan di sebuah daerah di sekitar kota Limerik. John Collison memiliki seorang kakak yang bernama Patrick Collison dan satu saudara lagi bernama Tommy Collison.

John Collison menempuh pendidikan di sebuah Secondary school yang bernama Castletroy Collage dan kemudian melanjutkan kuliahnya di Harvard University. Tetapi setelah menempuh 1 tahun di Harvard University, John Collison memutuskan untuk keluar dari kuliah demi melanjutkan perusahaan Stripenya.

Riwayat Karir

John Collison memulai karirnya bersama kakaknya, Patrick Collison pada tahun 2007 dengan mendirikan sebuah perusahaan bernama Shuppa. Tak lama kemudian Shuppa bergabung dengan Y Combinator dan mengubah nama perusahaannya menjadi Auctomatic. Auctomatic sendiri kemudian menjadi sebuah perusahaan software yang membuatkan alat transaksi yang mudah untuk platform eBay. Dan pada tahun 2008 akhirnya mereka menjual Bisnis itu kepada perusahaan Canada yang bernama Live Current Media dengan harga $5 Juta.

Pada tahun 2010 kakak beradik ini kembali mendapatkan ide untuk membuat suatu perusahaan Internet business. Akhirnya John Collison memutuskan keluar dari Harvard University untuk mengembangkan perusahaan ini. Pada tahun 2016, Perusahaan Stripe mendapatkan pemasukan sebesar $9.2 Miliyar dan hal tersebut mengantarkan John Collison dan Patrick Collison menjadi “The world’s youngest self-made billionaire” dengan total kekayaan sebesar $1.1 Miliar.

Kemampuan yang dapat dipetik dari John Collison

  • Rajin dalam mengerjakan apapun

  • Selalu memiliki inovasi yang baru

  • Memiliki Kreatifitas yang tinggi

  • Bersemangat dalam mempelajari hal yang baru

Fakta-Fakta

  1. Semasa kecilnya John Collison mempelajari coding bersama kakaknya Patrick Collison

  2. Kakak beradik Collison mendapatkan ide untuk mendirikan Stripe ketika mereka berlibur ke Afrika Selatan

  3. John Collison juga menjadi seorang pilot dan pianist yang handal

  4. John Collison selalu membuka twitter di pagi hari

Quotes

  1. “Marketplaces by their nature tend to grow faster than most other companies” – John Collison

  2. “It’s easy to talk to people over the Web, but it’s not very easy to trigger transactions. That’s the thing we set out to fix with Stripe” – John Collison

Referensi

john

Riwayat

John Collison adalah anak dari Lily dan Dennis Collison, dia juga adalah adik dari Patrick Collison. Pada tahun 2007 John Collison bersama kakaknya Patrick Collison mendirikan “Shuppa” yang kemudian bergabung/bekerjasama dengan perusahaan bernama Auctomatic yang dibiayai oleh Y Combinator. Auctomatic adalah perusahaan software yang membuat tools untuk platform eBay. Pada tahun 2008 Auctomatic dijual dan memperoleh pendapatan 5 juta US dollar, saat itu John masih berusia 17 tahun.

John bersekolah di Castleroy College lalu setelah lulus dia melanjutkan sekolahnya di Harvard University pada tahun 2009. John juga adalah seorang pilot dan pianis. Pada tahun 2010 John dan Patrick mendirikan Stripe. Stripe adalah semacam aplikasi yang memungkinkan untuk membayar dan menerima pembayaran melalui web. Pada tahun 2016, Perusahaan Stripe mendapatkan pemasukan sebesar $9.2 Miliar dan hal tersebut mengantarkan John Collison dan Patrick Collison menjadi “The world’s youngest self-made billionaire” dengan total kekayaan sebesar masing- masing $1.1 Miliar.

Quotes John Collison

“Coming from Ireland, its quite hard to do a startup because youre culturally so far away from what everyone else is doing. In the Bay Area, its much easier. Its the equivalent of an actor or actress moving to Hollywood.”

Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/John_Collison
https://www.forbes.com/profile/john-collison/
https://en.wikipedia.org/wiki/Stripe_(company)
http://www.azquotes.com/author/57536-John_Collison

John Collison adalah orang terkaya paling muda di dunia tahun ini menggeser bos Snapchat Evan Spiegel. John adalah salah satu pendiri dan presiden dari perusahaan Stripe. Stripe bergerak dalam bidang pembayaran berbasis online. Kekayaannya saat ini mencapai USD 1,1 miliar atau setara Rp 14,6 triliun.

Pelayanan yang diberikan perusahaannya membuat John menjadi pengusaha paling kaya termuda di dunia. John dan kakaknya, Patrick, mendapat ide untuk membangun usaha ini saat mereka tengah berlibur di Afrika Selatan. John Collison memperoleh nilai tertinggi yang pernah diterima oleh seorang siswa di Irish Leaving Certificate.

Pada saat dia membangun Stripe, John masih menjadi mahasiswa di Harvard dengan jurusan Fisika. Namun John memutuskan untuk keluar demi menjalani ide bisnis yang akhirnya berkembang menjadi perusahaan teknologi Stripe. John dan kakaknya merintis Stripe sejak 2010 silam.

John Collison merupakan pria asal Irlandia dan besar di negara tersebut. Kedua orang tuanya menjalankan bisnis hotel di pinggir danau. John dan Patrick sudah mulai belajar coding sejak kecil.

John Collison pernah bersekolah di Castletroy college dan setelah dia lulus, dia melanjutkan perkuliahannya di universitas Harvard pada 2009, John Collison ternyata juga seorang pilot dan pianis yang cukup handal.

Ketika memiliki waktu luang John bersama saudaranya mencoba untuk mengembangkan aplikasi iPhone. Salah satu hits pertama mereka adalah versi Wikipedia $8 yang bisa dicari orang secara offline. Mereka juga membantu cara untuk mengelola lelang EBay dan menjual perusahaan Auctomatic Inc. Senilai $ 5 juta di tahun 2008.

Pada tahun 2010 mereka memulai memikirkan ide untuk membuat Stripe. Mereka mendirikan dikantor Palo Alto. Stripe memulai debutnya pada tahun 2011 dengan Patrick sebagai Chief Executive Officer dan John sebagai presiden. Mereka telah menghabiskan dua tahun untuk menguji layanan mereka dan menjalin hubungan kerjasama dengan bank, perusahaan kartu kredit, dan regulator sehingga pelanggan mereka tidak perlu melakukannya kembali.

Stripe awalnya bermitra dengan perusahaan pembayaran namun setelah mereka mulai menganggapnya serius, mereka menyadari bahwa satu-satunya cara untuk mengendalikan keseluruhan pengalaman seperti yang mereka inginkan adalah mengendalikan semua aspek proses. Mereka membawa semuanya di rumah.

Saat ini, Stripe adalah mesin keuangan untuk lebih dari seratus ribu bisnis. Ini menyimpan informasi keuangan utama seperti kartu kredit, menangani penipuan, dan menambahkan dukungan untuk layanan baru seperti Apple Pay saat mereka pertama muncul. Stripe mengenakan biaya 2,9 persen untuk pembayaran kartu kredit dengan imbalan jasanya, meskipun harganya bisa lebih meningkat.

John dan saudaranya tidak sedikitpun menyianyiakan waktu mereka untuk beberapa hal yang menurut mereka tidak ada gunanya dan hanya akan menghabiskan waktu meraka saja. Karena dia tidak memiliki waktu yang laung tersebut hanya sekedar untuk menonton televisi. Menurutnya lebih baik dia membaca buku dari pada menghabiskan waktunya hanya untuk bersantai-santai.

Dengan cara bekerja keras dan selalu berusaha dalam menggapai hal yang diinginkan maka John bisa menjadi seseorang yang sukses. Dan dengan bekerjasama dengan baik dan saling percaya semua hal yang dilakukan akan lebih mudah dan bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dan luar biasa.

Sumber :