Jimmy Wales : Founder Wikipedia

Biografi: Jimmy Donal “Jimbo” Wales


Pekerjaan

Internet Entrepreneur, Financial Trader, Founder Wikipedia, Presiden dari Wikia, Inc., pendiri sekaligus menjadi Kepala Emeritus dari Wikimedia Foundation, organisasi nirlaba yang mengoperasikan proyek-proyek Wikipedia.


Tempat dan Tanggal Lahir

Huntsville, Alabama, Amerika Serikat, 7 Agustus, 1966


Kewarganegaraan

Amerika Serikat


Pendidikan

Universitas Auburn
Universitas Alabama
Universitas Indiana Bloomington


Total Kekayaan

$1 juta USD


Peringkat berdasarkan Forbes

12nd on Forbes’ list of “The Web Celebs 25”


Riwayat Hidup

Bernama lengkap Jimmy Donal ‘Jimbo’ Wales yang lahir pada tanggal 7 Agustus 1966. Keluarga dari Wales dikenal sangat peduli terhadap pendidikan, walaupun keuangan keluarga tidak terlalu bagus. Ibunya dan beberapa saudaranya mengajar di sekolah private. Uniknya adalah sekolah tersebut mengajarkan apa yang disukai murid-muridnya. Jimmy Wales yang menyukai ensiklopedia menghabiskan masa-masa di sekolah dasarnya membaca ensiklopedia.

Baru setelah lulus sekolah dasar, Wales masuk ke Randolph School. Di sana dia banyak belajar teknologi, karena di sekolah tersebut dilengkapi lab komputer dan fasilitas teknologi yang lain. Wales pada suatu waktu mengatakan bahwa sekolahnya dulu sangat mahal untuk ukuran keluarganya. Tetapi karena orang tuanya ingin anaknya maju, maka Wales disekolahkan di tempat tersebut. Tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut, Wales belajar banyak tentang computer saat masih duduk di bangku sekolah.

Jimmy Wales telah menikah tiga kali. Pada usia dua puluh, ia menikahi Pamela Green, rekan kerja di sebuah toko kelontong di Alabama. Mereka bercerai pada 1993. Dia bertemu istri keduanya, Christine Rohan, melalui seorang teman di Chicago ketika ia bekerja sebagai pedagang baja untuk Mitsubishi. Pasangan ini menikah di Monroe County, Florida di bulan Maret 1997, dan memiliki seorang putri sebelum berpisah. Wales pindah ke San Diego pada tahun 1998, dan setelah menjadi kecewa dengan pasar perumahan di sana, pindah pada tahun 2002 ke St. Petersburg, Florida.

Wales memiliki hubungan singkat dengan kolumnis konservatif Kanada Rachel Marsden pada tahun 2008 yang dimulai setelah Marsden dihubungi Wales tentang biografi Wikipedia nya. Setelah tuduhan bahwa hubungan Wales ini merupakan konflik kepentingan, Wales menyatakan bahwa hubungan tersebut ada tidak dipengaruhi oleh hal-hal apapun di Wikipedia, klaim yang dibantah oleh Marsden.

Wales menikahi Kate Garvey di London pada 6 Oktober 2012. Dia adalah mantan sekretaris pribadi Tony Blair, yang Wales temui di Davos, Swiss. Wales dan Garvey memiliki dua anak perempuan.

Pada 2012, ia tinggal di London, Inggris hingga sekarang.


Riwayat Karir

Wales masuk di Auburn University pada tahun 1986 di jurusan keuangan, selanjutnya melanjutkan di PhD di jurusan yang sama di Indiana University. Setelah itu, Wales bekerja di perusahaan perdagangan di Chicago. Pada saat itu Wales sangat ketagihan dengan internet dan terinspirasi oleh kesuksesan Netscape yang mendapat keuntungan besar. Pada tahun 1995, Netscape mendapatkan keuntungan jutaan dolar ketika masuk di IPO.

Akhirnya Wales memutuskan keluar dari pekerjaan dan menjadi seorang entrepreneur. Bersama dua rekannya, dia membuat situs jual beli untuk orang dewasa. Barang-barang yang ditawarkannya pun berbau 17 tahun keatas. Toko online itu bernama Bomis, tetapi tidak sampai sukses.

Setelah selesai membuat Bomis, Wales melihat peluang dari ensiklopedia. Wales yang dulunya sangat menyukai ensiklopedia mencoba membuat ensiklopedia online yang bisa diakses gratis oleh siapa saja. Akhirnya bersama Larry Sanger, mereka membuat Nupedia, open content ensiklopedia. Open content yang dimaksud adalah para pembaca dapat mengedit dan membuat isi dari Nupedia. Dan sub topic dari Nupedia adalah Wikipedia. Setelah diluncurkan, malah Wikipedia yang lebih banyak kontennya.

Akhirnya Wikipedia secara resmi diluncurkan pada tahun 2001. Wikipedia pun hadir dengan berbagai bahasa dan volunteer diseluruh dunia. Wikipedia sekarang berada dibawah Wikimedia Foundation. Wikimedia adalah perusahaan non profit, mereka sekarang mempunyai 73 ribu editor diseluruh dunia, 22 juta akun yang terdaftar dan Wikimedia sendiri memiliki 208 karyawan. Walaupun sudah menjadi perusahaan besar, Wikimedia tetap menjadi perusahaan non profit.


Fakta-fakta

:bulb: Wales adalah seorang ateis. Dalam sebuah wawancara dengan Big Think, katanya filosofi pribadinya berakar kuat pada akal dan ia adalah lengkap non-orang percaya.

:bulb: Selama menjadi mahasiswa pasca-sarjana, ia mengajar di dua universitas yaitu Universitas Auburn dan Universitas Albama, tempat ia memperloeh gelar sarjana dan master keuangannya, tetapi ia tidak mengerjakan disertasi yang dibutuhkan untuk memperoleh gelar Ph.D.

:bulb: Ia pernah membuat situs jual beli untuk orang dewasa. Barang-barang yang ditawarkannya pun berbau 17 tahun keatas.

:bulb: Pada akhir 2005, Wales dikritik karena menyunting biografinya sendiri dengan cara yang disebut oleh beberapa orang sebagai “sejarah revisionis.”

:bulb: Jimmy Wales bukanlah seorang billionaire. Total kekayaan bersihnya hanya sebesar 1 juta Dollar Amerika Serikat.


Quotes

“Imagine a world in which every single person on the planet is given free access to the sum of all human knowledge. That’s what we’re doing” - Jimmy Wales

We should be: kind, thoughtful, passionate about getting it right, open, tolerant of different viewpoints, open to criticism, bold about changing our policies and also cautious about changing our policies.” - Jimmy Wales

Ideally, our rules should be formed in such a fashion that an ordinary helpful kind thoughtful person doesn’t really even need to know the rules.” - Jimmy Wales

The real struggle is not between the right and the left — that’s where most people assume — but it’s between the party of the thoughtful and the party of the jerks. And no side of the political spectrum has a monopoly on either of those qualities.” - Jimmy Wales

Simply having rules does not change the things that people want to do. You have to change incentives.” - Jimmy Wales

It just didn’t occur to me, sitting at my computer, that I would end up travelling all over the world.” - Jimmy Wales

If it isn’t on Google, it doesn’t exist.” - Jimmy Wales


Referensi

http://www.therichest.com/celebnetworth/celebrity-business/entrepreneurs/jimmy-wales-net-worth/

https://en.wikiquote.org/wiki/Jimmy_Wales

pbs.twimg.com

Jimmy Wales adalah seorang co-founder dari Wikipedia yang merupakan sebuah situs online non-profit. Ia juga merupakan sosok dibalik kesuksesan Wikipedia yang ditandai dengan keberhasilannya menarik minat user untuk menggunakan website tersebut. Pada tahun 2010, Wikipedia dikunjungi oleh lebih dari 365 juta user dan membuat situs tersebut menjadi website yang paling banyak dikunjungi.

Awal Mula
Jimmy Wales dilahirkan pada 7 Agustus 1966 di Huntsville, Alabama. Ayahnya merupakan seorang manajer toko dan ibunya adalah seorang guru yang mengajar pada sebuah sekolah yang hanya memiliki satu kelas saja. Di sekolah itu pula Jimmy bersama ketiga saudaranya belajar. Salah satu kebiasaan yang ia gemari mulai ia masih muda hingga saat ini adalah membaca.
Ia mendapatkan gelar Bachelor pada bidang keuangan dari Universitas Auburn. Lalu ia mengajar di Universitas Alabama dan Universitas Indiana. Namun ketika ia hendak menerima gelar PhD, ia tidak meneruskan disertasinya dengan alasan karena ia merasa bosan.

Awal Mula Karir
Pada tahun 1994, Jimmy bekerja pada perusahaan perdagangan yang bernama Chicago Options Associates. Semasa bekerja, ia sering menghabiskan waktu untuk berselancar di dunia maya dan menulis kode-kode bahasa komputer. Walaupun ia memiliki gelar pada bidang keuangan, ia memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan berniat untuk membangun sebuah perusahaan internet yang dapat memberikan wawasan secara luas melalui internet.
Lalu ia mendirikan sebuah perusahaan internet bernama ‘Bomis’ bersama dengan dua temannya. Pada dasarnya, website ini dibuat untuk menarik minat para pria dengan konten-konten yang kurang etis di dalamnya. Hal ini dilakukan oleh Jimmy semata-mata untuk menabung modal dan mendirikan perusahaan internet seperti yang ia impikan.

Gagasan awalnya adalah, ia ingin memberikan suatu terobosan dengan membuat sebuah website yang memberikan fitur unik bagi penggunanya. Website yang dinamakan ‘Nupedia’ ini, awalnya hanya memberikan konten gratis yang kontennya dapat ditulis oleh orang dan diedit oleh para ahli. Namun karena jumlah para ahli dan pengguna tidak sebanding, maka banyak ahli yang merasa kesulitan jika harus memberikan ulasan pada setiap konten yang ditulis oleh banyak user.

Karena masalah tersebut, project ini dinyatakan gagal. Lalu Jimmy bersama dengan timnya memutuskan untuk merubah fitur yang awalnya hanya para ahli yang dapat mengedit, menjadi sebuah website yang dapat ditulis dan diedit oleh siapa saja. Tentunya dengan konten yang memiliki kualitas dan kuantitas yang baik.

“Things work well when a group of people know each other, and things break down when it’s a bunch of random people interacting” - Jimmy Wales

Lalu sebuah terobosan baru bernama ‘Wikipedia’ berhasil diluncurkan pada 15 Januari 2001 dengan banyak perubahan yang dilakukan dari project sebelumnya. Wikipedia menjadi sebuah situs yang sangat sukses dengan waktu yang singkat sejak didirikan. Dalam 10 tahun berikutnya, Wikipedia diklaim menjadi sebuah situs ensiklopedia terbesar di dunia.

Referensi

JIMMY WALES


image


Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia online yang bisa diakses secara gratis oleh seluruh dunia. Sedangkan, ensiklopedia sendiri adalah sebuah tulisan yang berisi penjelasan tentang cabang ilmu pengetahuan. Wikipedia diciptakan oleh Jimmy Donal Wales atau juga biasa dikenal sebagai Jimbo Wales. Selain sebagai wikipedia, ia juga seorang pendiri dan anggota dari yayasan Wikimedia, organisasi nirlaba yang mengoprasikan proyek-proyek Wikipedia. Jimmy Wales lahir di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat, 7 Agustus 1966. Ayahnya adalah seorang manajer toko kelontong, sementara ibunya (Doris) dan neneknya (Erma) mengurus suatu sekolah swasta kecil. Ia menerima gelar sarjana dalam bidang keuangan dari Universitas Auburn dan melanjutkan pendidikannya di bidang keuangan pada Universitas Alabama dan memperoleh gelar master dalam bidang keuanga. Setelah itu, ia mengikuti pendidikan doktoral di Universitas Indiana. Selama menjadi mahasiswa pasca-sarjana, ia mengajar di kedua universitas itu, tetapi ia tidak mengerjakan disertasi yang dibutuhkan untuk memperoleh gelar Ph.D.


  • Keberhasilan dan Kegagalan

Keberhasilannya dimulai pada pertengahan 2003, Wales mendirikan yayasan wikimedia, perusahaan nirlaba yang berpusat di St. Petersburg, untuk mendudukung Wikipedia dan proyek-proyek serupa lainnya. Ia menunjuk dirinya sendiri dan dua orang rekan bisnisnya yang bukan wikipedian aktif menjadi anggota dewan direksi yang terdiri atas lima orang, dua orang anggota lainnya adalah wakil komunitas terpilih. Wales seringkali menjelaskan tujuan-tujuannya akan Wikipedia. Dalam wawancara dengan situs web Slashdot, Ia mengatakan, "Bayangkanlah suatu dunia yang setiap orangnya bisa memperoleh akses gratis ke seluruh ilmu pengetahuan yang ada. Itulah yang kami kerjakan.

Sejalan dengan kesuksesan yang diterima, pasti ada sebuah kerikil yang akan menghalangi langkah kita untuk lebih maju kedepannya. Begitu juga dengan Jimmy Wales yang pada akhir 2005, Wales dikritik karena menyunting biografinya sendiri dengan cara yang disebut oleh beberapa orang sebagai “sejarah revisionis”. Secara khusus, Rogers Cadenhead menarik perhatian orang kepada file log yang menunjukkan bahwa Mr. Wales telah menghapus referensi tentang Sanger sebagai co-founder Wikipedia. Ia juga diketahui mengubah referensi Bomis dengan cara yang disebut sebagai mengurangi unsur seksualitas dari beberapa produk perusahaannya yang terdahulu. Pada kedua kasus itu, Wales berpendapat bahwa pengubahan yang dilakukannya semata-mata untuk membuat isinya menjadi lebih akurat.

Sebelum Jimmy Wales sukses dengan Wikipedianya, pasti ada sebuah kegagalan atau produk tersebut tidak laku. Pada tahun 1996, Jimmy Wales mendirikan situs portal pencari yang bernama Bomis, yang juga menjual hal-hal yang bersifat erotis hingga pertengahan 2005. Wales menggambaran Bomis sebagai “situs mesin pencari untuk pria”, dengan target pasar yang serupa dengan Majalah Maxim. Dalam wawancara dengan website majalah online Wired News, ia juga menjelaskan bahwa ia menentang pengelompokkan Bomis ke dalam kelompok “pornografi soft-core”. Dia menekankan bahwa Bomis tidak porno.


  • Jimmy Wales dengan kecintaannya terhadap internet, sehingga dia selalu membuat kode pemrograman di tengah waktu senggang agar mendapatkan program yang sesuai dengan keinginannya. Hal tersebut membuat skill Jimmy Wales semakin terasah, meskipun secara dasarnya dia adalah lulusan di bidang keuangan. Dan dia juga berani mengambil resiko dari apa yang dia perbuat. Seperti keluar dari pekerjaannya di perusahaan perdagangan di Chicago, illnois untuk melanjutkan Internet enterpeneur. Sikap pantang menyerah yang dimilikinya juga harus diacungi jempol, karena membuat membuat program yang fungsional dan cocok dengan pengguna adalah hal yang sulit. Apalagi ketika ia melihat kesuksesan Netscape pada 1995 yang sahamnya ludes pada hari penjualan pertama, semangatnya semakin berkobar.
  1. I’m a big advocate of freedom: freedom of speech, freedom of expression, freedom of thought. - Jimmy Wales
  2. We have to come together, worldwide, and ‘think.’ We have a tool - the internet - to let us do that. Let’s use it wisely. - Jimmy Wales
  3. Imagine a world in which every single person on the planet is given free access to the sum of all human knowledge. That’s what we’re doing. - Jimmy Wales

Sumber :


https://www.brainyquote.com/quotes/authors/j/jimmy_wales.html
https://studentpreneur.co/blog/inilah-cerita-jenius-dibalik-sukses-wikipedia/

JIMMY WALES ( PENDIRI WIKIPEDIA)
Jimmy-Wales-Facts-Biography

MASA MUDA

Lahir dengan nama lengkap Jimmy Donal Wales, ialah sang pendiri situs referensi terbesar di dunia yaitu Wikipedia. Wales begitu sapaan akrabnya lahir pada tanggal 7 Agustus 1966 di kota Huntsville, Alabama, Amerika Serikat. Ia lahir dari keluarga yang sederhana namun sangat menghargai pendidikan. Ayahnya adalah seorang pemilik toko serba ada di Huntsville, sedangkan ibunya adalah seorang pengajar di sebuah sekolah swasta di kota yang sama.

Yang menarik adalah sekolah yang dikelola ibu dan neneknya tersebut tidak seperti sekolah pada umumnya. Disekolah yang hanya memiliki beberapa orang murid (termasuk Wales) tersebut, dirinya bersama dengan anak-anak lain diajari segala hal yang hanya diminati untuk diperlajari. Dan bagi Wales, mempelajari sebuah buku ensiklopedia dunia merupakan kesenangan yang tiada duanya pada waktu itu.

Sebagai seorang anak, Wales adalah pembaca yang tajam dengan keingintahuan intelektual yang akut. Saat berumur tiga tahun, ibunya membeli Ensiklopedia Buku Dunia dari salesman dari pintu ke pintu. Saat dia dewasa dia belajar menggunakan banyak media dengan peta, ilustrasi, dan beberapa lapis selofan transparansi yang bisa diangkat untuk mengeksplorasi hal-hal seperti otot, arteri, dan sistem pencernaan katak yang membedah. Tapi Wales menemukan bahwa Buku Dunia memiliki kekurangan: tidak peduli berapa banyak yang ada di dalamnya, masih banyak lagi yang tidak. World Book mengirimkan stiker agar pemiliknya bisa menempelkan di halaman untuk memperbarui ensiklopedia tersebut, dan Wales dengan berhati-hati membuat stikernya berguna, dan merevisi enseklopedia di buku tersebut.

Selepas menuntaskan pendidikan di sekolah dasar, dirinya meneruskan ke sekolah lanjutan Randolph School. Di sana dirinya banyak mengenal aplikasi teknologi dalam dunia pendidikan. Ia pun tertarik untuk mempelajari dan berbagi dengan orang lain tentang apapun yang ia ketahui. Semangat ingin selalu berbagi itulah yang nampaknya dapat membawa Wales menjadi salah satu tokoh yang sangat disegani seperti saat ini. Pendidikan Wales berlanjut, dirinya mengambil gelar sarjana jurusan keuangan di Univesitas Auburn. Kemudian melanjutkan gelar masternya di Universitas Alabama pada jurusan yang sama. Jenjang pendidikannya ia tuntaskan setelah menyelesaikan gelar doktornya dari Universitas Indiana.


KARIR

Chicago Options Associates dan Bomis
Jenjang karir pertamanya ia mulai saat bekerja di perusahaan pialang saham Chicago Options Associates pada tahun 1994 hingga 2002. Dia biasa menghabiskan waktu luangnya untuk menjelajahi intenet atau menulis kode kompter. Meskipun berhasil dengan baik di perusahaan keuangannya dan prospeknya terlihat cerah, dia berhenti untuk memulai perusahaan internetnya sendiri. Dia bermimpi untuk membuat berbagi pengetahuan di internet menjadi kenyataan dan percaya bahwa inilah langkah pertama menuju tujuan itu. Karir yang menawarkan cukup banyak uang tersebut nampaknya bukan menjadi pilihan utama hati Wales hingga akhirnya ia putuskan berhenti.

Dia memulai sebuah perusahaan bernama ‘Bomis’ bersama dua rekannya. Ini adalah situs yang khusus dibuat untuk mempertahankan kepentingan laki-laki. Dia hanya melihat ke depan untuk memulai proyek mimpinya dan dia membutuhkan uang untuk membiayainya secara mandiri. . Jadi dia akhirnya membiarkan materi tidak etis di situs web untuk jangka waktu tertentu. Segera situs mulai menghasilkan uang dan membantu Wales membiayai proyek impiannya. Bomis nyatanya sempat booming , namun tidak sampai sukses karena lewat website pencari khusus pria tersebut, dirinya dianggap banyak menjual barang barang yang berbau erotisme dan seks. Akhirnya ia memutuskan untuk melepas Bomis dan mulai mencoba peruntungan baru yang lebih terlihat “aman” dan tak kontroversial

Nupedia
Kali ini Wales meneruskan minatnya untuk berbagi pengetahuan kepada orang lain, Wales terobsesi dengan gagasan ensiklopedia online yang bisa diakses siapa saja. Dia telah membaca koleksi ensiklopedi Buku Orangtuanya, dan di sekolah pascasarjana dia mengembangkan minat pada gerakan perangkat lunak open source yang berkembang dan memungkinkan pemrogram untuk berkolaborasi.

Dia memulai dengan gagasan untuk memiliki portal web tempat orang-orang akan mengunggah konten dan para ahli akan mengeditnya. Bersama sebuah perusahaan nirlaba, ia mendirikan website Nupedia yang bertujuan menyediakan kualitas konten gratis yang akan setara dengan ensiklopedi profesional yang ada di pasaran. Situs web tersebut dimulai dengan melihat banyak orang di seluruh dunia dengan sukarela menulis artikel, yang kemudian akan ditinjau untuk diterbitkan oleh sukarelawan ahli Nupedia. Mayoritas ahli Nupedia, bagaimanapun, tidak ingin terlibat dalam proyek ini, karena khawatir bahwa mencampur konten amatir dengan materi yang diteliti dan diedit secara profesional akan membahayakan integritas informasi Nupedia dan merusak kredibilitas ensiklopedia tersebut.

Kemudian Wales menyadari bahwa model ini telah gagal karena hanya satu orang yang bisa mengirimkan artikel dan hanya seorang ahli tunggal yang bisa menyuntingnya. Proses ini memakan waktu lama dan dengan demikian menghambat pertumbuhan portal web.

Wikipedia
Wales dan timnya menghasilkan gagasan untuk mengizinkan jumlah kiriman maksimum ke satu topik dan juga memungkinkan pengguna melakukan pengeditan. Tapi mereka ragu dengan kualitas konten yang akan dihasilkan. Yang mengejutkan dalam beberapa hari peluncuran, jumlah artikel di Wikipedia telah melampaui Nupedia, dan sejumlah kecil editor telah terbentuk. Jimmy Wales, bersama dengan orang lain, yang mengemukakan gagasan yang lebih luas tentang ensiklopedia kolaboratif open source yang akan menerima kontribusi dari orang biasa.

“Imagine a world in which every single person on the planet is given free access to the sum of all human knowledge. That’s what we’re doing” - Jimmy Wales

Awalnya, baik Sanger maupun Wales tidak tahu apa yang diharapkan dari inisiatif Wikipedia. Banyak kontributor bersimpati dengan gerakan open-source. Wales mengatakan bahwa dia awalnya sangat khawatir dengan konsep pengeditan terbuka, di mana setiap orang dapat mengedit ensiklopedia tersebut, dan dia akan terbangun di malam hari untuk memantau apa yang ditambahkan. Meskipun demikian, kader editor membantunya menciptakan komunitas mandiri yang mandiri yang telah terbukti kondusif bagi pertumbuhan proyek. Jadi Wikipedia diluncurkan secara resmi pada tanggal 15 Januari 2001 yang telah melalui banyak uji coba teknis dan konseptual sebelum ini. Wikipedia pun hadir dengan berbagai bahasa dan volunteer diseluruh dunia. Wikipedia sekarang berada dibawah Wikimedia Foundation. Wikimedia adalah perusahaan non profit, mereka sekarang mempunyai 73 ribu editor diseluruh dunia, 22 juta akun yang terdaftar dan Wikimedia sendiri memiliki 208 karyawan. Walaupun sudah menjadi perusahaan besar, Wikimedia tetap menjadi perusahaan non profit.

Berkat usahanya tersebut juga, Wales banyak mendapatkan apresiasi bahkan penghargaan dari berbagai pihak. Salah satu yang paling mengesankan adalah saat dirinya menjadi tokoh pertama yang masuk pada artikel “Scientists & Thinkers” tentang orang yang paling berpengaruh di dunia versi majalah TIME tahun 2006. Hingga kini semangat sang pendiri Wikipedia dalam berbagi nampaknya masih belum padam. Mimpi seorang Jimmy Wales sudah dapat dikatakan tercapai lewat Wikipedia, dan dedikasi tanpa batas yang ditunjukkan olehnya menjadi bukti nyata bahwa berbagi bukan hanya akan memperkaya orang lain, namun lebih dari itu, berbagi bisa menjadi kekayaan hati dan jiwa sang pendermanya. Jimmy Wales bukanlah seorang billionaire. Dia bukanlah seorang billionaire , total kekayaan bersihnya hanya sebesar 1 juta Dollar Amerika Serikat.

“We should be: kind, thoughtful, passionate about getting it right, open, tolerant of different viewpoints, open to criticism, bold about changing our policies and also cautious about changing our policies.” - Jimmy Wales

Sumber


(diakses pada tanggal 10 Sepetember 2017)
https://successstory.com/people/jimmy-donal-wales
(diakses pada tanggal 10 Sepetember 2017)

(diakses pada tanggal 10 Sepetember 2017)

image

Jimmy Wales adalah pendiri dan anggota dari Yayasan Wikimedia, organisasi nirlaba yang mengoperasikan proyek-proyek Wikipedia.

Situs : blog.jimmywales.com

BIOGRAFI

Wales dilahirkan di Huntsville, Alabama. Ayahnya adalah manajer toko kelontong, sementara ibunya, (Doris) dan neneknya (Erma) mengurus suatu sekolah swasta kecil yang berupa “sekolah tradisional dengan satu ruang kelas” [1]. tempat Wales bersekolah. Karena jumlah murid yang sekelas dengannya selalu hanya empat anak, pihak sekolah menyatukan murid-murid kelas satu hingga kelas empat, dan kelas lima hingga kelas delapan.

Setelah menuntaskan pendidikan di sekolah dasarnya, dan meneruskan ke sekolah lanjutan Randolph School. Di sana ia banyak mengenal aplikasi teknologi dalam dunia pendidikan. Dan Ia pun akhirnya tertarik untuk mempelajari & berbagi dengan orang lain tentang apapun yang ia ketahui. Semangat ingin selau berbagi itulah yang nampaknya dapat membawa Wales menjadi salah satu tokoh yang sangat disegani seperti saat ini.

Pendidikannya pun berlanjut, dirinya mengambil gelar sarjana jurusan keuangan di Univesitas Auburn. Dan melanjutkan gelar masternya di Universitas Alabama Dengan jurusan yang sama. Jenjang pendidikannya pun ia tuntaskan setelah menyelesaikan gelar doktornya dari Universitas Indiana. Dan Kecintaanya pada dunia pendidikanlah yang menjadikan dirinya aktif menjadi dosen tamu serta pendidik lepas di beberapa institute.

image

KARIER

Sejak 1994 hingga 2000, Wales pun bekerja sebagai seorang direktur riset di Chicago Options Associates, merupakan suatu perusahan pelalang bursa berjangka & option di Chicago. Menurut Daniel Pink dari majalah Wired, dengan melakukan spekulasi tingkat bunga dan mata uang asing ia segera bisa mengumpulkan cukup uang untuk membiayai dirinya sendiri dan istri selama hidup.

Dan Pada 1996, ia berhasil mendirikan situs portal pencari yang bernama Bomis, yang juga menjual beberapa hal yang bersifat erotis hingga pada pertengahan 2005. Dan Pada September 2005 diwawancarai oleh stasiun televisi kabel C-SPAN tentang keterlibatannya pada masa lalu terhadap hal itu, yang disebut oleh Brian Lamb, si pewawancara, sebagai “gambar-gambar porno”. Wales menjawab pun dengan menggambarkan Bomis sebagai “situs mesin pencari untuk pria”, dengan target pasar yang serupa dengan Majalah Maxim. Dalam wawancaranya dengan website majalah online Wired News, ia pun menjelaskan bahwa ia menentang tentang pengelompokkan Bomis ke dalam kelompok “pornografi soft-core”. Akhirnya, Wales pun sudah tidak lagi terlibat secara aktif pada perusahaan tersebut.

Dan Pada Maret 2000, ia berhasil mendirikan ensiklopedia yang dapat disunting oleh khalayak ramai (umum) namun diawasi oleh orang-orang terkemuka pada bidangnya masing-masing, yaitu Nupedia.com (“ensiklopedia bebas”), & mempekerjakan Larry Sanger sebagai editor-in-chief.

Pada tanggal 15 Januari 2001 Wales secara resmi mendirikan Wikipedia yang pada awalnya ia kelola dengan swadaya. Dalam sebuah liputan media luar menyebutkan selama masa pengembangan Wikipedia yang telah menelan biaya hingga $ 500.000 dolar yang merupakan hasil peras keringat Wales sendiri semasa bekerja di perusahaan pialang saham. Baru pada tahun 2006, ia pun mulai mendapatkan pendanaan modal dari gabungan beberapa perusahaan yang peduli & menaruh simpati yang besar atas usaha Wales yang ingin membagikan banyak ilmu dengan mudah & gratis ke semua orang di seluruh dunia.

image

QUOTES

We have to come together, worldwide, and ‘think.’ We have a tool - the internet - to let us do that. Let’s use it wisely.

I’m very much an Enlightenment kind of guy.

The goal is to give people a free encyclopedia to every person in the world, in their own language. Not just in a ‘free beer’ kind of way, but also in the free speech kind of way.

Hal yang diteladani dari Jimmy Wales

  1. Tekunilah sesuatu yang kau senangi

  2. Jangan pernah malu untuk mengemukakan pendapat

  3. Segala kemungkinan bisa saja terjadi, bagaimana cara kita menyikapinya

SUMBER