Jim Breyer : Venture Capitalist serta CEO and Founder Breyer Capital

https://breyercapital.com/wp-content/uploads/2015/09/JimBreyer1-e1445954280859-748x450.jpg

BIOGRAFI JIM BREYER


Pekerjaan

Founder and CEO at Breyer Capital

Afiliasi lainnya

  • Blackstone Group
  • DG China Capital Partners
  • Accel-KKR
  • Facebook

Tempat dan Tanggal Lahir

New Haven, Connecticut pada tahun 1961

Kewarganegaraan

Amerika

Pendidikan

  • Bachelor of Science, Stanford University (1979-1983)
  • Master of Business Administration, Harvard Business School (1985-1987)

Total Kekayaan

US$ 2,6 Billion (2016)

Peringkat Berdasarkan Forbes

  • 246 Forbes 400 (2016)
  • 85 Richest In Tech (2016)
  • 11 Midas (2016)
  • 722 Billionaires (2016)

Riwayat Hidup


Jim Breyer yang memiliki nama asli James W. Breyer lahir pada tahun 1961 di New Haven, Connecticut. Breyer merupakan anak dari imigran asal Hungaria. Ayahnya yang bernama John P. Breyer merupakan seorang insinyur dan juga seorang eksekutif di International Data Group, ibunya yang bernama Eva adalah seorang eksekutif di perusahaan teknologi Honeywell.

Breyer mendapatkan gelar Bachelor of Science di Stanford University pada tahun 1983. Setelah itu, Breyer ditarik ke Silicon Valley dan bekerja paruh waktu di perusahaan Hewlett-Packard dan Apple Inc. Sebelum menerima gelar Master of Business Administration di tahun 1987 dari Harvard Business School, Breyer pernah bekerja sebagai konsultan manajemen untuk McKinsey and Company di New York selama dua tahun. Breyer juga diangkat menjadi Baker Scholar pada saat di HBS karena lulus atas 5% peringkat tertinggi di kelasnya.

Riwayat Karir


Di tahun 1987, ia mendapat pekerjaan di sebuah perusahaan investor Accel Partners yang bertempat di San Fransico. Ia juga mendapat mentor selama berkerja dengan Accel, mentornya adalah pendiri perusahaan tersebut yaitu Arthur Patterson dan Jim Swartz. Di tahun 1995 Breyer sudah menjadi seorang managing partner.

Di tahun 2000, Breyer membangun sebuah joint-venture antara Accel Partners dan perusahaan ekuitas swasta KKR yaitu Accel-KKR. Di tahun 2004, Breyer juga memipin manajemen dari pembelian BBN Technologies dari Verizon.

Di tahun 2005, Breyer juga membantu membangun sebuah joint-venture antara Accel Partners dan IDG Capital Partners, sebuah perusahaan investasi di China. Bersama dengan pendiri dan CEO dari IDG, Patrick Joseph McGovern mereka melakukan kerja sama investasi. Breyer juga aktif dalam komunitas investor di China dan melanjukan investasi tersebut melalui Breyer Capital dan kerja sama dengan IDG. Selain itu, Breyer juga merupakan anggota dari Advisory Board dari Tsinghua University School of Economics and Management, Beijing.

Di tahun 2006, Breyer memiliki perusahaan sendiri yaitu Breyer Capital. Breyer Capital adalah sebuah global equity investor yang berfokus untuk menyediakan modal untuk mempercepat dampak sosial yang tinggi dan laba seorang wirausaha. Lalu, Breyer melanjutkan perusahaan tersebut dengan menjadi CEO. Breyer juga berpartisipasi dalam beberapa investasi seperti Harvard’s Experiment Fund, Brightcove, Marvel Entertainment, dan Legendary Pictures.

Di tahun 2014, Breyer bergabung dengan jajaran dewan direksi Wickr. Saat ini Breyer merupakan seorang venture capitalist. Breyer telah berinvestasi di lebih dari 30 perusahaan, termasuk Facebook.

Fakta-fakta


  1. Breyer mengirim surat lamaran pekerjannya pada Apple langsung kepada Steve Jobs.
  2. Pada saat ingin memasuki dunia perkuliahan, Breyer diterima di Yale dan Stanford, tetapi ia lebih memilih Stanford University.
  3. Breyer merupakan salah satu dari anggota komite World Economic Forum.
  4. Breyer merupakan seorang investor dari lebih dari 40 perusahaan baik di bidang internet, teknologi, maupun media seperti Facebook, Etsy, Marvel Entertainment, Legendary, Datalogix.
  5. Breyer merupakan minority owner dari salah satu klub basket besar yaitu Boston Celtics.
  6. Pekerjaan pertama Breyer bertempat di Silicon Valley yaitu di perusahaan Hewlett-Packard lalu Apple Inc.
  7. Breyer menjabat juga sebagai Strategic Planning and Finance Committee and the Technology and eCommerce Committee di Walmart.
  8. Di tahun 2011 Breyer juga menjadi dewan direksi di Rupert Murdoch’s troubled News Corp di bagian Nominating and Corporate Governance Committee and the Compensation Committee.
  9. Breyer merupakan pendiri National Venture Capital Association.
  10. Di tahun 2008, Breyer memberikan donasi politik kepada Barack Obama sebesar $2.300.

Quotes


“Never grow complacent, always commit to rapid improvement in technology and learning.”

“Mark epitomizes so much of what we venture capitalists look for courage and intensity, not afraid to be wrong, innovation.”

Referensi:
https://breyercapital.com/jim-breyer/


https://www.linkedin.com/in/jim-breyer-361900b2

http://changewalmart.org/boardofdirectors/board-of-directors-jim-breyer/