Jika Tuhan Memang Mentakdirkanku

Tuhan tidak membuat kesalahan ketika Dia menciptakanmu. Kamu hanya harus melihat dirimu seperti Tuhan melihatmu.

– Joel Osteen –

Apa pesan moral yang dapat disimpulkan?

1 Like

Banyak diantara manusia yang terpuruk karena mereka hanya fokus pada kekurangan yang mereka rasakan. Mereka hanya melihat sesuatu dari sisi negatifnya saja. Sudah sepantasnya kita sebagai manusia yang beriman untuk senantiasa berpikir positif kepada Allah Swt. Dengan adanya segelintir manusia di sekeliling kita yang penuh dengan kekurangan, kemiskinan dan keterbatasan, namun bukan berarti Allah Swt menyuguhkan ketidak adilan di dalam kehidupan kita.

Justru, dengan keadaan yang demikian hati kita seharusnya menjadi lapang, berjiwa besar dan menumbuhkan keikhlasan di dalam lubuk hati yang paling dalam dan mengucap syukur yang mesti memang kita sampaikan. Atas perbedaan itulah kita bisa melatih hati untuk hidup saling menghargai, toleransi dan penuh dengan simpati.

Dengannya pula kita akan rela berbagi, tanpa sedikitpun fokus dalam melayani kehidupan pribadi. Yakinlah dengan meyakini bahwa seeonggok tubuh yang Allah Swt ciptakan ini adalah sempurna, tidak sedikit pun kita akan mendengar ocehan, keluhan dan penyesalan dalam hidup yang kita jalani.