Jika Kalian Berkesempatan Untuk Merasakan Kesempatan Tinggal di Luar Negeri, Kalian akan Tinggal di Mana?

Tentunya sebagian dari kita ingin merasakan bagaimana sensasi tinggal di luar negeri bukan ? Banyak negara di dunia yang dapat menjadi pilihan tempat tinggal untuk kita seperti misalnya Tokyo atau Seoul di Asia, London atau Paris di Eropa ataupun New York dan Toronto di Amerika. Alasan orang tinggal di luar negeri pun juga beragam. Ada yang karena faktor pekerjaan, Ada yang karena kebutuhan studi, Ada juga yang ingin mencoba kehidupan dan peruntungan baru di negeri orang, dan yang lain sebagainya. Nah untuk perkara tinggal di luar negeri sendiri ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti misalnya visa izin tinggal serta mengetahui dengan cermat aturan - aturan apa saja yang ada di negara yang hendak kita tinggali.

Banyak orang - orang yang sudah menceritakan pengalaman mereka tinggal di luar negeri terutama melalui channel youtube seperti misalnya aktris dan penyanyi Maudy Ayunda yang sering berbagi pengalaman kesehariannya kala menuntut ilmu di Universitas Oxford di Inggris dan Universitas Stanford di Amerika Serikat ataupun Cinta Laura yang lulus dari Universitas Columbia di Amerika Serikat. Menurut mereka keseharian yang mereka jalani di luar negeri sangat berbeda dengan keseharian yang mereka jalani di Indonesia karena perbedaan budaya yang sangat mencolok. Hal ini juga membuat penasaran sehingga membuat kita ingin merasakannya sendiri.

Saya sendiri ingin merasakan tinggal di Munich atau Vienna jika ada kesempatan suatu hari nanti karena memang saya ingin merasakan pengalaman dan kebudayaan baru yang selama ini hanya bisa saya konsumsi melalui Tv dan Internet saja.

Nah youdics sekalian jika memiliki kesempatan untuk tinggal di luar negeri, kalian akan tinggal di negara mana dan apa alasannya ?

Jika diberi kesempatan untuk bisa tinggal di luar negeri saya ingin bisa tinggal di negara yang memiliki empat musim, karena saya ingin sekali merasakan setiap musim yang terjadi disana. Bisa melihat daun berguguran di musim gugur, melihat hamparan bunga bermekaran saat musim semi, merasakan angin musim panas, dan juga bisa bermain salju saat musim dingin. Kalau harus memilih ada dua negara yang sangat ingin saya tinggali (dalam jangka waktu lama) yaitu Korea Selatan dan juga Turki.

Alasannya sendiri selain karena kedua negara tersebut merupakan negara empat musim adalah karena makanan dan budayanya. Untuk Korea Selatan saya ingin mencoba berbagai makanan khas dari sana juga buah yang hanya ada disana. Selain itu saya juga tertarik dengan budaya Korea Selatan dan ingin mengunjungi tempat-tempat bersejarah disana.

Untuk Turki alasannya adalah karena mayoritas penduduk Turki merupakan orang Islam, jadi pasti tidak perlu terlalu khawatir dengan makanan (karena pasti mudah menemukan makanan halal) dan juga mencari masjid. Sama seperti Korea Selatan, saya juga tertarik dengan budaya dan cerita sejarahnya dimana dahulu Turki memiliki kerajaan Islam yang besar dan berpengaruh dalam perdagangan internasional. Oleh karena itu pasti banyak bangunan bersejarah disana yang bisa dikunjungi, misalnya Blue Mosque.

kalau saya memiliki kesempatan itu, maka saya akan memilih Belanda. Karena telah menerapkan work life balance yang baik menurut saya. Pekerja disana bekerja selama 8 jam dan jarang sekali ada yang mau tetap bekerja diluar jam kerja.

selain itu disana sangat memegang prinsip untuk kerja cerdas, bukan kerja keras. Sehingga mereka melakukan bekerja untuk hidup bukan hidup untuk bekerja.

selain itu, di Belanda juga memiliki sistem jaminan kesehatan yang baik mulai dari pemerintah yang secara langsung mengatur regulasi tarif agar bisa terjangkau untuk semua penduduk sampai sistem pelayanan semua rumah sakit disana yang sigap melayani kapanpun.

Hal lainnya lagi adalah meskipun Belanda memiliki bahasa negara nya sendiri yaitu Dutch, tetapi bahasa kedua mereka bahasa inggris sehingga sangat banyak orang yang mengerti bahasa inggris dengan baik bahkan bersedia untuk diajak ngobrol dengan bahasa inggris khususnya untuk pemilik cafe, rumah makan maupun pekerja di tempat-tempat belanja. Sehingga tidak terlalu menyulitkan untuk tinggal disana dengan kemampuan bahasa belanda yang masih minim sembari terus belajar untuk memperlancarnya.

Saya memiliki keinginan untuk bisa tinggal di Kanada atau di Belanda. Menurut saya Kanada merupakan negara yang unik dengan perubahan suhu yang cukup ekstrim, selain itu banyak pemandangan alam di Kanada. Terlebih lagi saya ingin mencoba sirup maple khas Kanada.

Alasan kedua saya memilih Belanda, karena saya punya cita-cita melihat hamparan bubga tulip warna warni saat sedang bermekaran, apalagi Belanda merupakan negeri kincir angin. Pasti sangat unik bisa menyaksikan secara langsung benda tersebut. Banyak bangunan bersejarah di Belanda yang membuat saya tertarik dengan negara itu.

Singapura karena negara yang plural akan budaya dan etnis. Tertarik dengan singlish nya serta gaya hidup dan sosial yang berbeda dari Indonesia.

Saya pikir negara yang akan saya pilih adalah France. Dari buku yang saya pernah baca dan lihat perancis memiliki arsitekture kota kota yang terlihat indah. Saya rasa mereka selalu menjaga style arsitekture bangunan dari zaman dulu sampai sekarang tetap sama dengan menggunakan style Gotik. Sehingga bangunan pada perkotaan memiliki ciri khas di bandingkan pada kota di negara lain. Disana bangunan bersejarah masih terjaga dan terawat dengan baik. Saya ingin mengunjungi banyak tempat yang menarik seperti kota Albi dan Bordeaux.

Kalau saya pribadi akan memilih Jepang jika diberi kesempatan untuk tinggal di luar negeri. Faktor budaya menjadi salah satu hal penting mengapa saya ingin ke Jepang, selain karena budaya yang masih sangat melekat dan terus dijaga oleh masyarakatnya. Hal-hal seperti pakaian Kimono dan pertunjukan Kabuki yang ingin saya pelajari sejarah dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, Jepang juga memiliki empat musim dan ingin merasakan bagaimana suasana ketika musim semi dan musim dingin di negera tersebut. Di sisi lain, saya ingin juga merasakan bagaimana pelayanan moda transportasi seperti kereta api di negera tersebut dan tempat-tempat yang bisa didatangi dengan hanya berjalan kaki saja.

Banyak negara yang ingin saya kunjungi nanti, beberapa bahkan cukup menarik untuk dijadikan tempat tinggal masa depan. Seperti Jepang, Jerman, Kanada, Finlandia, Belanda, dan Selandia Baru. Alasan utamanya karena saya ingin belajar, menikmati, sekaligus merasakan secara langsung kebudayaan, alam, dan juga kuliner di negara tersebut. Selama ini saya hanya bisa menonton dari YouTube atau bacaan blog bagaimana orang-orang melanjutkan studi atau karir mereka di negara-negara tersebut.

Untuk negara Jepang sendiri memiliki lingkungan yang aman, saya terpikat untuk merasakan bagaimana hidup di Jepang dengan bebas. Kemajuan teknologi dan juga masyarakat yang cenderung bergerak cepat pun menjadi bagian dari alasan saya untuk berkeinginan tinggal di Jepang. Bonus lainnya adalah bagaimana Jepang memiliki banyak daerah dengan kondisi yang memadai untuk cuci mata setiap harinya.

Mungkin saya akan memilih tinggal di Belanda, sebab selain negara ini memiliki kebudayaan, iklim dan segala sistem tatanan yang sangat jauh berbeda dari Indonesia sendiri. Negara ini adalah sebuah negara yang selain ingin saya kunjungi, sekaligus juga pemberi mempelajaran keilmuwan hukum dengan berbagai spesifik sendiri untuk kalangan mahasiswa Indonesia maupun dunia. Sebab kita tau bahwa hukum di Indonesia sendiri menganut dari hukum Belanda. Selain itu juga, kebiasaan hidup sehat dengan menerapkan naik sepeda dan berjalan kaki untuk meminimalisir pencemaran udara sangatlah baik. Bahkan sungai-sungai yang ada di Belanda sekali pun dijadikan sebagai objek wisata berbeda dengan Indonesia yang menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan limbah pabrik maupun sampah sendiri.

Jika diberi kesempatan untuk tinggal di luar negeri, saya pribadi memilih untuk tinggal di Swiss. Alasan saya memilih Swiss sebagai salah satu negara yang sangat ingin saya tinggali ialah karena keindahan alamnya, infrastruktur, potensi penghasilan, dan keamanan pribadi sangat terjamin. Swiss juga terkenal sebagai negara paling bahagia, damai, dan makmur di dunia. Sehingga tak mengherankan pula jika banyak orang yang ingin tinggal di Swiss.

Selain itu, Swiss adalah salah satu pusat bisnis paling kompetitif di dunia. Negara ini adalah salah satu negara dengan ekonomi paling mapan dan sukses di dunia. Menurut WEF (World Economic Forum) atau Forum Ekonomi Dunia, Swiss telah berada di puncak atau di antara 3 negara paling kompetitif di dunia. Menurut CIA World Factbook, negara ini memiliki tenaga kerja terampil, pengangguran rendah, dan pendapatan per kapita PDB tertinggi di dunia…

Kemudian Swiss juga terkenal dengan pendidikan terbaik di kelasnya dan merupakan rumah bagi salah satu sistem sekolah terbaik di dunia. Sistem pendidikan Swiss yang kuat bekerja pada sistem desentralisasi dan fokusnya adalah pendidikan multibahasa. Sistem pendidikan di Swiss terdiri dari sekolah swasta, negeri, internasional dan bilingual. Swiss menawarkan sekolah gratis mulai dari taman kanak-kanak hingga universitas. Beberapa hal tersebut yang kemudian mendorong saya untuk ingin sekali tinggal di Swiss. Apalagi akhir-akhir ini beranda di setiap sosial media saya selalu seliweran tentang pemandangan Swiss, rasanya ingin cepat-cepat kesana (kalo dikasi kesempatan)

Saya pribadi ingin sekali tinggal di singapura selama masa-masa karir saya, kemudian pindah ke prancis saat masa-masa pensiun. Singapura sebagai negara yang maju dan budaya serta etnik nya multicultural membuat saya tidak cepat bosan dengan keadaan, belum lagi disana lingkungannya sangat modern dan juga sudah masuk ke eco modern. Singapura juga dekat dengan tanah air.

Prancis sebagai negara maju lainnya merupakan negara populer dengan situs bersejarahnya, yaitu di kota Paris sebagai kota cinta. Saya sendiri jika diberi kesempatan mungkin memilih kota Paris sebagai tempat saya pensiun dari karir dan menikmati sisa masa hidup saya dengan keluarga. Bisa juga saya membuka usaha kecil kecilan seperti warung makanan minuman khas Indonesia yang bisa saya tunjukkan kepada warga disana.

Tapi kembali lagi, ini hanya rencana saya jika saya diberikan kesempatan oleh Tuhan YME.

Arab, Turki, Jepang, Pakistan, Singapura, dan Malaysia. empat tempat tersebut memiliki daya tarik tersendiri bagi saya yang tidak bisa dijelaskan sebab hanya bisa dirasakan.

Aku suka sama accent british tapi aku gabisa, dan hayalan aku mau ke UK. Alasannya karena pronunciation nya unik dan lucu, aku juga tidak banyak menonton movie dengan british accent. Ketika aku menonton movie dengan british accent, aku merasa lebih mendapat vibes nya dan berseries. Lebih tepatnya belum kenal tapi sudah jatuh cinta sejak lama.

mungkin jika diberi kesempatan untuk tinggal di luar negeri saya memilih Australia karena memberikan daya tarik tersendiri untuk saya yang membuat saya sangat ingin bisa tinggal di sana

Switzerland. Salah satu negara di Eropa. Alasannya cukup simpel dan unik, yaitu saya ingin merasakan bagaimana kehidupan di negara yang katanya segala sesuatunya bak negeri dongeng. Switzerland sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa karena berada di balik pegunungan dan diapit oleh dua danau besar. Tatanan kotanya, suasan desanya, kehijauan dan kebiruan di alamnya sangat mencuri hati saya setiap kali menonton vlog travel di Switzerland.